Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

7 Kebiasaan Tak Terduga yang Bisa Membuat Kulitmu Kering

2-1-
513

Sepertinya menemukan jenis pelembap yang tepat bisa menjadi jawaban bagi semua masalah kulit. Tapi kenyataannya, mungkin kulitmu masih terasa kering dan gatal, semahal apa pun krim dan lotionmu. Meskipun menemukan produk kecantikan yang paling cocok bagimu adalah langkah penting dalam perawatan kulit, mengakhiri kebiasaan yang membuat kulitmu mengalami dehidrasi juga tak kalah penting.

Kami di Sisi Terang memutuskan untuk lebih mencermati berbagai kebiasaan yang sepertinya aman, tapi ternyata bisa menghambat tercapainya kulit impianmu.

1. Kamu terlalu banyak minum air.

Meskipun terdengar kontradiktif, minum kebanyakan air sebenarnya bisa merusak kulitmu. Meskipun tetap terhidrasi sangat penting bagi kesehatan menyeluruh, kelebihan jumlah air bisa menyebabkan tubuh kehilangan berbagai mineral penting. Pada akhirnya, ini bisa berdampak terhadap kulitmu dan membuatnya tampak mati serta kusam. Lebih baik merawat kulit kering dari luar, dengan menggunakan produk-produk yang tepat dan mengubah beberapa gaya hidup yang akan membuat kulit berterima kasih kepadamu.

2. Durasi mandimu terlalu lama.

Mandi air hangat yang lama mungkin cocok untuk melepas penat setelah hari yang panjang, tapi sebenarnya hal itu bisa membuat kulitmu stres. Air panas menghilangkan minyak dan kelembapan yang dibutuhkan kulit untuk tetap kencang dan cerah, dan makin lama durasi mandi, kulitmu bisa makin kering. Lebih baik mandi singkat dengan air hangat-hangat kuku dan sabun yang lebih lembut yang tidak akan merusak lapisan pelindung kulit.

3. Kamu memakai pelembap di waktu yang salah.

Memakai pelembap di waktu yang optimal bisa membantumu memetik semua manfaatnya. Alih-alih mengeringkan wajah, lalu memakai krim, oleskan krim saat kulitmu masih lembap. Ini akan membantu mengunci kelembapan dan menghidrasi kulitmu lebih baik daripada kalau kamu memakai produk itu pada kulit yang sama sekali kering. Para wanita Korea, yang terkenal akan kulit halus sempurna mereka, memakai pelembap hanya 3 detik setelah mencuci muka.

4. Kamu tidur tanpa kaus kaki.

Memakai kaus kaki saat tidur memungkinkan tidurmu lebih berkualitas, mencegah kepanasan, dan menjauhkan tumit pecah-pecah yang menyebalkan itu. Memakai krim dan kaus kaki bisa mengurangi peluang terbangun dengan tumit yang kering.

5. Kamu menggosok wajah dengan handuk.

Menggosok kulitmu dengan kain handuk yang kasar bisa membuat kering dan mengiritasi kulit sensitif, membuatnya tampak merah dan terasa gatal. Untuk menghindari iritasi lebih lanjut, cukup angin-anginkan kulitmu hingga kering.

6. Kamu terlalu sering makan telur.

Meskipun merupakan sumber protein yang bagus, telur bisa menyebabkan kekeringan kulit jika dimakan berlebihan. Telur kaya akan vitamin A, dan makan telur terlalu banyak bisa berdampak negatif terhadap kulitmu. Berita bagusnya adalah kamu tidak perlu berhenti makan omelet pagi favoritmu demi kulitmu, cukup pastikan kamu tidak makan lebih dari 3 butir telur sehari.

7. Kamu memakai pelembap yang salah.

Jika kamu merasa sepertinya pelembapmu tidak berpengaruh apa pun terhadap kulitmu, mungkin jenisnya terlalu ringan bagi kulitmu. Jika kulitmu berminyak, pelembap berbahan dasar air paling cocok untukmu dan kulit sensitif akan mendapat manfaat dari krim yang mengandung bahan menenangkan. Memakai produk yang tepat bagi jenis kulitmu bisa membantu mencegah penguapan air terlalu cepat dari kulit dan membuatnya tetap terhidrasi lebih lama.

Sudahkah kamu menyadari dampak salah satu kebiasaan ini terhadap kulitmu? Apa lagi yang bisa membuat kulitmu terasa kering?

Kredit foto pratinjau Depositphotos.com, Shutterstock.com
2-1-
513
Bagikan Artikel Ini