8 Kiat untuk Orang Tua Agar Si Kecil Mau Makan Makanan Sehat

Jumlah anak yang obesitas diperkirakan mencapai 250 juta pada tahun 2030, dan kita semua tahu betapa sulitnya membuat anak kita memakan makanan sehat, khususnya jika mereka suka pilih-pilih makanan. Oleh sebab itu, trik sederhana dalam artikel ini bisa sangat berguna.

Tim Sisi Terang menyarankanmu untuk mencoba kiat-kiat berikut ini, dan jangan lupa beri tahu kami apakah kiat-kiat pilihan kami bisa bermanfaat untukmu.

1. Buat versi yang lebih sehat dari makanan kesukaan mereka.

Memakan makanan cepat saji setiap hari mungkin menggiurkan. Tetapi asupan makanan yang tidak sehat disebut-sebut sebagai penyebab rendahnya performa akademik seorang anak. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa memodifikasi makanan kurang bergizi favorit si kecil dengan menambahkan atau mengganti bahan tertentu.

2. Sajikan dalam bentuk dan ukuran yang menarik.

Tidak ada yang membuat anak lebih bersemangat untuk makan daripada ketika makanannya memiliki bentuk yang menarik. Bentuk hewan, kartun, angka, huruf, atau bahkan dinosaurus bisa menambah nafsu makan anak-anak. Makanan yang tampak lucu bisa menarik perhatian anak ke makanan cukup lama hingga mereka mau memakannya.

3. Dapatkan inspirasi dari acara TV dan karakter film favorit mereka.

Banyak orang tua yang khawatir bagaimana TV, film, dan game video bisa memberi dampak negatif bagi anak. Namun, sebuah studi menemukan bahwa ketika menonton kartun yang menampilkan pola makan sehat, si kecil akan mengambil keputusan yang lebih baik dalam hal makanan. Jadi, sebaiknya awasi apa yang ditonton anakmu di TV.

4. Libatkan mereka saat memasak dan berbelanja bahan makanan.

Banyak yang telah membuktikan bahwa ketika anak-anak terlibat dalam proses membuat makanan, mereka akan cenderung mencoba makanan tersebut. Melibatkan mereka dalam proses memasak bisa mendorong mereka untuk makan lebih sehat dan mencoba makanan baru. Selain itu, membawa balita ke toko swalayan bisa sangat berguna dan mendidik (bahkan menyenangkan bagi mereka).

5. Sediakan selalu camilan sehat.

Sering kali, ketika anak pulang sekolah atau dari kegiatan olahraga, mereka merasa lapar dan ingin memakan sesuatu. Ini bisa menjadi peluang yang bagus untuk membuat mereka makan makanan sehat, jadi sediakanlah. Camilannya bisa sesimpel buah segar atau wortel potong yang siap mereka santap.

6. Sisipkan sayuran ke dalam makanan mereka.

Kamu dapat menambahkan sayuran ke dalam minuman yang diblender atau potong kecil-kecil untuk ditambahkan ke dalam makanan favorit mereka. Meskipun trik ini sangat berguna, akan lebih baik untuk memberi tahu buah hati kita bahwa sayuran penting bagi tubuh dan kita harus memakannya setiap hari.

7. Bicarakan tentang bahan makanan sehat dengan cara yang positif.

Anak banyak meniru dari orang tua, guru, saudara, dan bahkan tontonan di TV. Kamu bisa memanfaatkan kebiasaan ini dalam hal memilih makanan. Biasanya, mereka juga lebih mendengarmu jika didekati dengan kalimat seperti, “Ini enak”, dibandingkan dengan pendekatan “makan ini karena menyehatkan tubuhmu”.

8. Sandingkan makanan yang mereka suka dengan yang tidak mereka suka.

Kiat ini cukup mudah—sajikan makanan yang tidak disukai anak dengan yang mereka sukai. Penelitian menunjukkan bahwa menyandingkan makanan favorit anak dengan sayur adalah cara bagus untuk memperkenalkan anak pada sayuran, khususnya jika anakmu suka pilih-pilih makanan.

Pernah mencoba trik-trik dalam artikel ini? Kiat lain apa yang ingin kamu tambahkan ke dalam daftar di atas?

Bagikan Artikel Ini