Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Seorang Ibu Memakai “Pojok Penenang” untuk Putranya, yang Jauh Lebih Efektif Dibanding Waktu Hukuman

Memberlakukan waktu hukuman pada anak adalah topik kontroversial di kalangan para psikolog anak. Sementara sebagian orang berkata cara pendisiplinan anak ini tidak efektif, yang lain mengklaim bahwa cara ini sangat berhasil mengatur perilaku baik anak, bahkan membantu mereka yang menderita ADHD jika diterapkan dengan benar. Namun, Nikki Mullen Cruz, seorang ibu kreatif di TikTok, mungkin telah membuat alternatif sempurna yang dikenal dengan “Calming Corner” atau Pojok Penenang.

Sisi Terang ingin membagikan ide cerdas wanita ini kepada ayah-bunda lain di luar sana, dan semoga ini bisa menginspirasi kita untuk menerapkannya di rumah.

Metode waktu hukuman biasa tidak berhasil.

Memang benar, menghukum anak hanya akan berhasil jika orang tua tahu benar caranyahukuman tidak berhasil jika hanya didasarkan pada rasa takut. Terkadang, orang tua harus merombaknya total, dan itulah yang dilakukan Nikki. Dengan nama pengguna “Maartemami”, dia mengaku bahwa metode waktu hukuman biasa tidak efektif bagi putranya. Nikki merasa tidak nyaman membiarkan putranya “sendirian saat merasakan emosi negatif yang menakutkan.”

“Pojok Penenang”.

Yang sangat dia butuhkan adalah tempat aman untuk mendisiplinkan anaknya dan bukan hanya area kosong. Itu sebabnya, dia membuat tempat kecil menyenangkan di samping sofanya, yang disebut “Pojok Penenang”. Di tempat ini, putranya bisa menenangkan diri dan “mengatur perasaannya dengan sehat.” Dengan warna cerah dan karpet empuk, alih-alih “menderita”, tempat ini menjadi lokasi untuk merenung dan menenangkan diri.

Konsekuensi baru.

Pendekatan Nikki mengubah hasil ketidakdisiplinan anak karena metode waktu hukuman bukan lagi konsekuensi dari perilaku buruk. Anak bisa mengatur napas, merenung, dan berpikir selagi berubah dari yang tadinya marah dan mengamuk menjadi relaks dan tidak gelisah. Lalu, setelah anak siap dan tenang, konsekuensi pun datang. Contohnya, Nikki berkata, dia mengurangi waktu layar, meminta putranya melakukan pekerjaan tambahan, atau membatasi akses menuju mainan tertentu yang dia sukai.

Peralatan untuk seluruh panca indra.

Salah satu hal terbaik dari Pojok Penenang ini adalah keranjang peralatan. Dengan itu, putranya bisa melatih semua panca indranya. Isinya meliputi: squishy (untuk indra peraba), bola plasma (untuk peraba dan penglihatan), tanaman (penciuman, penglihatan, dan peraba), permen karet (pengecap), minyak esensial dan balsem (peraba dan penciuman), mesin bunyi nirkabel dan mainan berbunyi (pendengaran), serta poster pengingat agar ruangan dipakai dengan tenang dan efektif.

Pendekatan antihukuman.

Idenya sudah cukup populer. Terlihat jelas dari komentar bahwa dia telah menginspirasi banyak orang yang menonton videonya untuk menggunakan metode yang sama di rumah mereka. Ini jelas alternatif yang lebih baik dibanding jika anak kita harus memandangi dinding kosong di sudut gelap, dan semoga lebih banyak lagi orang tua yang termotivasi olehnya.

Apa teknik ini akan berhasil jika diterapkan pada anak-anakmu? Atau jika kamu belum punya anak, akankah metode ini berhasil jika diterapkan pada dirimu di masa lalu?

Kredit foto pratinjau maartemami / TikTok
Bagikan Artikel Ini