Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

11 Kebiasaan Tak Terduga yang Sebenarnya Baik Untuk Kesehatanmu

1---
655

Bermalas-malasan sebentar, bermain video game, atau mengunyah permen karet, menurut orang tua yang disiplin sangat tidak sehat dan tidak bertanggung jawab. Yah, begitulah menurut mereka. Rupanya, kegiatan “tidak sehat” ini dan beberapa kebiasaan unik lain mungkin saja punya efek positif pada suasana hati, otak, dan kesehatan kita. Coba saja lakukan, dan kamu takkan butuh waktu lama untuk melihat hasil menariknya.

Tim Sisi Terang selalu berusaha melihat dunia dari perspektif yang berbeda. Itulah sebabnya kami mencoba untuk membuat daftar kebiasaan tak terduga yang sebenarnya bermanfaat bagi kesehatanmu. Ayo kita mulai!

1. Mengunyah permen karet: mengurangi tingkat stres dan mempertajam ingatan

Rupanya, mengunyah permen karet sambil membaca punya sederet efek positif pada tubuh kita. Di antaranya meningkatkan daya ingat, perhatian, keawasan, dan pembuatan keputusan.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengunyah permen karet memiliki performa 24% lebih baik pada tes ingatan jangka pendek dan 36% pada tes ingatan jangka panjang. Penelitian lain membuktikan bahwa mengunyah permen karet juga menurunkan perasaan stres karena hal ini mengurangi level hormon kortisol, yang berperan dalam pembentukan reaksi stres.

2. Memainkan video game: meningkatkan kemampuanmu dalam belajar dan membuat keputusan

Video game bertempo cepat dengan citra periferal dan banyak kejadian yang bermunculan membantu orang untuk menyerap data sensorik dan mengubahnya menjadi pengambilan keputusan yang tepat dan peningkatan reaksi, sebagaimana yang dibuktikan dalam penelitian. Selain itu, video game strategi waktu nyata yang bertempo cepat meningkatkan kemampuan otak dan kemampuan kita untuk belajar. Sayangnya, trik ini hanya berlaku pada game bertempo cepat, bukan permainan bertempo lambat seperti The Sims.

3. Mengumpat: mengurangi stres dan meningkatkan toleransi terhadap rasa sakit

Mengumpat dapat mengurangi stres dan membantu menghilangkan frustrasi. Selain itu, menurut penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Psikologi Universitas Keele, mengumpat bisa meningkatkan toleransi terhadap rasa sakit. Ini merupakan bentuk pelampiasan emosi, tapi kalau kamu terlalu sering melakukannya, mengumpat akan kehilangan kaitan emosionalnya dan berubah menjadi kebiasaan yang buruk dan tak perlu.

4. Berantakan: membantu meningkatkan kreativitas

Kamu ingat, ’kan, bagaimana ibumu selalu bilang kalau berantakan itu tanda sikap yang buruk, tidak teratur, dan tidak disiplin? Sebenarnya, kebiasaan buruk kita itu menunjukkan kreativitas yang tersembunyi dalam diri kita.

Ada sebuah eksperimen yang dilakukan oleh Kathleen Vohs dan koleganya di University of Minnesota Carlson School of Management. Dua kelompok orang ditempatkan dalam ruangan yang rapi dan berantakan, lalu diminta untuk menyebutkan sebanyak mungkin kegunaan bola ping pong sebisa mereka dan diminta untuk menuliskannya. Hasilnya menunjukkan bahwa peserta di ruangan berantakan menghasilkan lebih banyak ide kreatif.

5. Bangun siang: mengurangi risiko serangan jantung dan strok

Orang yang bangun pagi senang menuduh orang yang tidur lebih lama pemalas dan tidak memiliki motivasi. Namun ini tidak benar. Bangun lebih pagi bisa jadi buruk untuk kesehatanmu.

Menurut penelitian ini, orang yang bangun terlalu pagi dapat memperbesar risiko tekanan darah tinggi dan mungkin mengalami pengerasan arteri, serangan jantung, strok, dan hipertensi. Jadi, jangan ragu untuk mengikuti keinginan tubuhmu dan tidur lebih lama!

6. Bergosip: mempererat persahabatan dan melepaskan stres

Meskipun bergosip dianggap tabiat buruk dan tidak bisa dipercaya, kegiatan ini juga punya pengaruh positif bagi kita. Penelitian Psikologi menunjukkan kalau bergosip meningkatkan ikatan kita dengan orang lain dan membantu mempererat persahabatan. Selain itu, bergosip mengurangi tingkat stres dan kegelisahan. Orang-orang yang bergosip bisa bekerja sama, mencegah perilaku egois, dan bertukar informasi sosial dengan jauh lebih baik.

7. Serdawa: Membantu melegakan sakit perut

Bagi sebagian orang, serdawa mungkin hal yang menjijikkan, tapi ini adalah hal normal dalam proses pencernaan kita. Serdawa membantu mengeluarkan gas tak perlu yang terkumpul di dalam perut dan membantu kita menjaga kesehatan lambung. Kamu harus beserdawa agar gas tidak menetap di dalam perutmu dan membebaskanmu dari heartburn. Seperti kata orang, “Lebih baik keluar, daripada jadi penyakit.”

8. Tidak mandi: melembutkan kulit dan menjaga bakteria baik

Bukannya kami ingin mengatakan kalau sering tidak mandi baik untukmu, tapi sesekali, tidak mandi bisa punya pengaruh baik bagi kesehatanmu. Mandi setiap hari, khususnya dengan air panas, dapat membuat kulitmu kering dan menimbulkan keriput. Kalau mandi setiap dua hari sekali, kamu akan memberi waktu bagi kulitmu untuk menghasilkan minyak alaminya, yang menjadikannya lembut dan lebih bercahaya.

Selain itu, mandi setiap hari dengan sabun membunuh bakteri baik yang dihasilkan oleh tubuhmu sebagai antibiotik alami. Lebih jarang mandi akan membantu bakteri ini ada di kulitmu lebih lama, sehingga membuatmu sehat.

9. Menggunakan media sosial: memberikan dukungan emosional dan membuatmu merasa terhubung ke masyarakat

Media sosial dianggap membuang-buang waktu dan menurunkan produktivitas. Hal ini benar kalau kamu mengakses media sosial terlalu sering. Tapi di saat bersamaan, kegiatan ini juga punya pengaruh positif bagi hidupmu dan kesehatan psikologismu.

Media sosial membantu kita merasa tidak terlalu terisolasi dan lebih terhubung pada masyarakat, membuatmu lebih mudah menemukan dukungan emosional dari teman-teman, dan menginspirasi untuk menggapai cita-cita lain dengan membagikan cita-cita kita kepada dunia.

10. Mandi air dingin: meningkatkan sirkulasi darah dan menurunkan berat badan

Apa kamu adalah salah satu orang yang menganggap mandi air dingin akan membuatmu langsung sakit? Ternyata, bisa jadi kamu salah. Air dingin sebenarnya memperbaiki sirkulasi darah, yang kemudian menurunkan kadar asam urat dan meningkatkan kadar glutathione, sebuah antioksidan yang menjaga antioksidan lainnya berfungsi secara optimal.

Mandi air dingin juga menurunkan tekanan darah, melancarkan pembuluh darah tersumbat, dan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Selain itu, mandi air dingin juga dapat memicu penurunan berat badan dan mengaktifkan pembakaran lemak.

11. Tidur memakai sarung tangan: meningkatkan kualitas tidurmu

Agar kualitas tidurmu baik dan kamu bisa tidur nyenyak sepanjang malam, suhu inti tubuhmu harus turun beberapa derajat. Menariknya, menghangatkan tangan dan kaki dengan sarung tangan, kaus kaki, atau bantalan pemanas bisa menurunkan suhu inti tubuhmu dan membantumu tidur lebih cepat.

Apa kamu tahu kebiasaan unik lain yang sebenarnya baik untuk kesehatanmu? Ayo kita teruskan daftarnya bersama-sama di kolom komentar!

1---
655
Bagikan Artikel Ini