11 Makanan yang Harus Dihindari, kalau Ingin Punya Kulit Mulus Bebas Kerutan

Sebagian makanan dan camilan sehat kesayangan kita, seperti smoothies dan buah kering, sebenarnya malah bisa merusak kulit dan membuat kita menua lebih cepat. Ini disebabkan kandungan beberapa bahan yang tidak terlalu baik untuk tubuh, seperti jumlah gula yang berlebih, sodium, dan sulfat. Bahan-bahan ini bisa memberi dampak buruk bagi tubuh kita dengan membuat dehidrasi atau melemahkan kolagen kulit.

Sisi Terang telah membuat sederet daftar makanan yang bisa mengagalkan niatmu untuk menjaga kulit tetap terlihat muda dan sebisa mungkin terbebas dari racun.

1. Sup kalengan

Sup kalengan dipenuhi dengan sodium, yang menyerap air dalam tubuh kita. Efeknya, tubuh kita jadi lebih sering dehidrasi dibanding sebelumnya. Bahkan, rata-rata sup kaleng mengandung lebih banyak sodium dari yang direkomendasikan setiap harinya. Semakin tinggi kadar sodium, semakin sering kamu dehidrasi. Walhasil, kulitmu semakin kering dan lebih rentan keriput.

2. Smoothies buah

Meskipun disebut-sebut sebagai camilan sehat, smoothies buah sebenarnya memiliki kandungan gula! Mengonsumsi terlalu banyak gula sering dikaitkan dengan kesehatan kulit, karena ini memengaruhi kolagen dan struktur kulit. Kolagen penting untuk melindungi kulit kita dan menjaganya tetap elastis dan muda.

Terlalu banyak makan smoothies lama kelamaan membuat kulitmu semakin kaku dan kurang lembut, karena kandungan gula dalam buah.

3. Minuman energi

Meskipun berguna bagi mereka yang memerlukan dorongan energi ekstra, minuman ini bisa saja malah merusak kulitmu. Ini disebabkan oleh banyaknya zat yang buruk bagi kulit yaitu gula dan kafein, yang terkandung dalam minuman ini.

Kadar gula yang tinggi bisa memengaruhi kesehatan kolagenmu, sementara kafeinnya akan membuat kamu dan kulitmu dehidrasi. Efeknya, kulitmu rentan rusak dan mudah keriput.

4. Makanan yang digoreng

Bukan saja buruk bagi kesehatan, gorengan juga membuat kita terlihat tua. Ini karena makanan yang telah digoreng meningkatkan senyawa inflamasi dalam tubuh kita. Artinya, gorengan ini mengiritasi tubuh kita dan dapat menimbulkan inflamasi (bengkak), sehingga kulit kita lebih rentan terhadap kerusakan dari sinar matahari, yang dapat menyebabkan timbulnya keriput.

5. Minyak sayur

Mengurangi jumlah minyak sayur yang kita konsumsi bisa membantu kulit kita. Karena minyak ini penuh dengan lemak trans. Lemak ini sebenarnya menyebabkan inflamasi, yang artinya kulit kita menjadi lebih lemah terhadap sinar UV yang merusak. Karenanya, kulit kita tidak bisa melindungi dirinya dengan benar sehingga bisa menimbulkan kerutan dan bintik hitam.

6. Buah kering

Camilan lezat ini sebenarnya bisa menyebabkan kulit kita terlihat lebih tua karena kandungannya yang kaya akan sulfat. Sulfat penting untuk mengawetkan buah, tapi zat ini juga meningkatkan kadar radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas ini merusak sel, DNA, dan protein dalam tubuh kita, yang menyebabkan penuaan dini dalam bentuk kerutan dengan menyerang kolagen.

7. Rice cakes

Dikenal sebagai kudapan yang dirasa sebagai pilihan lebih sehat, camilan ini sebenarnya punya indeks glikemik yang tinggi, dan pada dasarnya merusak tubuh kita dengan cara yang sama seperti gula. Kadar gula berlebih di dalam tubuh dapat mengurangi produksi kolagen dan dapat meningkatkan tanda-tanda penuaan.

8. Margarin

Pada awalnya, margarin dianggap lebih sehat dibandingkan mentega. Tapi kenyataannya, margarin mengandung lemak tak jenuh ganda yang berbahaya. Mengonsumsi terlalu banyak margarin bisa merusak kulitmu karena lemak ini membuat kulit terasa kering dan terlihat lebih berkeriput. Sebenarnya, boleh saja mengonsumsi margarin dengan kandungan lemak jenuh yang rendah dan tidak memiliki lemak trans selama porsinya sangat sedikit.

9. Pasta

Karbohidrat olahan, seperti pasta, nasi putih, dan roti bisa merusak kulitmu karena dapat merusak kolagen di kulit. Semua olahan ini punya efek besar pada kadar gula dalam tubuh. Ini artinya kulitmu bisa terasa kurang kenyal dan elastis, serta lebih kusam dan berkeriput.

10. Sirop agave

Pengganti madu ini sebenarnya mengandung fruktosa yang sangat tinggi, yang menyebabkan terbentuknya AGEs (Produk Akhir Glikasi Lanjutan). AGEs berkaitan dengan kerusakan sel dan inflamasi, yang bisa menyebabkan kulitmu lebih berkerut dan memunculkan tanda-tanda penuaan lain pada kulitmu, seperti bintik hitam.

11. Yogurt berperisa

Camilan kecil nan lezat ini sebetulnya tidak memberi manfaat sebesar yang digembar-gemborkan. Ini disebabkan karena besarnya jumlah gula yang tersembunyi di dalam wadahnya yang mungil. Saat kita memakannya, gula ini langsung menempel ke kolagen dan elastin serta menghancurkan asam amino dalam kolagen dan elastin. Kerusakan ini bisa menyebabkan kulit kita terlihat keriput dan peyot akibat penuaan dini.

Apa kamu pernah melihat efek salah satu makanan yang ada di dalam daftar ini pada kulitmu? Apa kudapan sehat favoritmu?

Bagikan Artikel Ini