Sisi Terang
Sisi Terang

11 Trik untuk Menghilangkan Berbagai Jenis Rasa Sakit jika Kamu Tidak Memiliki Obat

Ini bisa terjadi pada siapa saja: rasa sakit yang muncul tiba-tiba seperti menusuk, berdenyut, atau terbakar dan kamu tidak memiliki obat yang tepat untuk mengatasinya. Hal ini mungkin terdengar menakutkan, tetapi tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Mulai dari memakan sepotong cokelat untuk meredakan sakit tenggorokan hingga minum teh pepermin untuk mengurangi sakit gigi, ada beberapa cara alami untuk menghentikan rasa sakit yang mengganggu tanpa harus meminum obat pereda nyeri.

Di Sisi Terang, kami telah menemukan 11 trik yang dapat membantumu menghilangkan rasa sakit jika kamu tidak ingin mengonsumsi obat atau jika kamu tidak memiliki obat yang tepat.

1. Makan sepotong cokelat hitam untuk meredakan sakit tenggorokan.

  • Yang harus dilakukan: Jika kamu batuk dan merasa tenggorakanmu sakit, makanlah sepotong cokelat hitam. Pilih cokelat batangan yang mengandung banyak kakao di dalamnya.
  • Kenapa berhasil: Menurut ilmuwan, cokelat dapat menekan batuk dan menyembuhkan sakit tenggorokan berkat kandungan kakao di dalamnya.

2. Minum lebih banyak air untuk mengurangi gejala migrain.

  • Yang harus dilakukan: Para ahli merekomendasikan untuk minum tidak kurang dari segelas air setiap 2 jam.
  • Kenapa berhasil: Sakit kepala ringan dan migrain parah sering kali dipicu oleh dehidrasi. Jumlah cairan dan elektrolit yang tidak seimbang dalam tubuh akan membuat sistem dalam tubuh kita tidak berfungsi dengan baik. Minum cukup air akan membantumu melawan dehidrasi dan meringankan gejala migrain.

3. Konsumsi kunyit untuk menghentikan rasa sakit akibat peradangan.

  • Yang harus dilakukan: Tambahkan kunyit atau ekstraknya, kurkumin, sebagai suplemen makanan jika kamu mengalami peradangan.
  • Kenapa berhasil: Kunyit banyak digunakan dalam pengobatan alternatif berkat zat antiinflamasi yang dikandungnya, yaitu kurkumin. Dokter biasanya menyarankan untuk mengonsumsi kunyit atau kurkumin dalam bentuk kapsul bagi pasien yang persendiannya nyeri dan sakit.

4. Peregangan untuk meredakan nyeri punggung.

  • Yang harus dilakukan: Kenakan pakaian yang nyaman dan siapkan matras yoga. Ada berbagai latihan pemanasan yang bisa kamu lakukan seperti menggerakkan kaki dari lutut ke dada, menggerakkan kedua lutut sambil berbaring, peregangan sambil duduk, gerakan yoga asana, dan lain-lain.
  • Kenapa berhasil: Peregangan meredakan ketegangan pada otot-otot yang menopang tulang belakang dan meningkatkan jangkauan pergerakan dan mobilitas fisikmu.

5. Hirup minyak asiri untuk menghilangkan sakit kepala.

  • Yang harus dilakukan: Tambahkan beberapa tetes minyak asiri ke tisu dan hirup aromanya, tambahkan beberapa tetes ke bak mandi, atau oleskan sedikit ke pelipis atau dahimu. Tetapi hati-hati! Minyak asiri dapat menyebabkan rasa panas sehingga harus diencerkan dengan minyak lain (seperti minyak kelapa, misalnya) sebelum dioleskan ke kulit. Ada berbagai minyak asiri yang bisa kamu gunakan: lavender, pepermin, rosemary, kamomil, dan lainnya.
  • Kenapa berhasil: Minyak asiri dipercaya memiliki efek menenangkan dan membuat kita relaks. Itu sebabnya minyak ini dapat membantu untuk mengobati sakit kepala yang disebabkan oleh kecemasan dan stres.

6. Minum teh pepermin untuk meredakan sakit gigi.

  • Yang harus dilakukan: Masukkan 1 sendok teh daun pepermin kering ke dalam secangkir air mendidih dan biarkan selama 20 menit. Setelah dingin, bersihkan mulutmu (berkumur) dengan teh tersebut. Kamu juga bisa menempelkan kantong teh pepermin yang hangat dan basah ke gigi yang sakit dan tahan sampai rasa sakitnya berkurang.
  • Kenapa berhasil: Pepermin memiliki sifat kebas yang berefek menenangkan dan mengurangi rasa sakit. Selain itu, kandungan mentol yang terdapat dalam pepermin diketahui memiliki zat antibakteri.

7. Mandi dengan garam Epsom untuk menyembuhkan nyeri tulang dan sendi.

  • Yang harus dilakukan: Tambahkan 2 cangkir garam Epsom ke dalam bak mandi dan berendamlah di dalamnya selama 15 menit. Kamu juga bisa merendam sendi yang sakit di dalam semangkuk air hangat yang sudah dicampur dengan secangkir garam Epsom.
  • Kenapa berhasil: Garam Epsom kaya akan magnesium yang mengatur lebih dari 300 enzim dalam tubuh dan membuat sistem tubuh bekerja dengan baik. Garam Epsom juga menghilangkan racun serta mengurangi stres dan peradangan.

8. Jalan kaki untuk melepaskan endorfin dan melawan rasa sakit.

  • Yang harus dilakukan: Berolahraga adalah hal terbaik untukmu, tapi jika rasa sakit menghalangimu untuk berolahraga, cobalah untuk jalan kaki.
  • Kenapa berhasil: Kegiatan fisik, seperti berolahraga atau berjalan, melepaskan hormon endorfin atau senyawa kimia di otak yang mengurangi rasa sakit. Selain itu, endorfin juga meningkatkan reaksi imun dan menimbulkan rasa euforia.

9. Makan pisang untuk meredakan nyeri haid.

  • Yang harus dilakukan: Jika kamu merasakan kram karena menstruasi, tinggalkan kue dan cokelat yang kamu idamkan dan makanlah pisang sebagai gantinya. Buat segelas smoothie dari pisang dan buah lainnya atau langsung dimakan saja jika kamu sedang bepergian.
  • Kenapa berhasil: Pisang kaya akan potasium dan vitamin B6 yang membantu mengurangi kram otot dan mencegahmu menahan air dan dari rasa kembung.

10. Panas untuk menghilangkan kram

  • Yang harus dilakukan: Gunakan kantong air panas untuk mengurangi kejang atau kram otot. Jika tidak ada, buatlah kantong air panas dari botol plastik. Isi botol dengan air panas, bungkus dengan handuk, dan tempelkan ke area yang sakit. Hati-hati! Jangan pernah menempelkan botol panas langsung ke luka atau area yang terinfeksi, dan jangan gunakan air yang terlalu panas.
  • Kenapa berhasil: Rasa panas membantu otot untuk relaks, meringankan rasa sakit, dan mengurangi rasa tidak nyaman.

11. Rendam kakimu dalam air panas untuk menurunkan tekanan darah.

  • Yang harus dilakukan: Ambil ember atau baskom dan isi dengan air yang benar-benar panas, tapi masih bisa ditoleransi. Masukkan tangan dan kakimu ke dalam baskom dan rendam selama 10-15 menit. Agar lebih efektif, kamu juga bisa menempelkan kompres dingin di belakang leher.
  • Kenapa berhasil: Air panas menarik darah ke kaki dan menjauhi kepala sehingga tekanan darahmu secara perlahan akan kembali normal.

Semua trik di atas telah terbukti efektif dalam menyembuhkan berbagai jenis rasa sakit pada banyak orang. Namun, jika kamu mengalami sakit parah atau jika gejala yang kamu rasakan tidak membaik, kamu harus membuat janji dengan dokter dan menjalani pemeriksaaan medis yang layak.

Apakah kamu mengetahui cara efektif lainnya untuk mengurangi rasa sakit? Bagikan pengalamanmu di kolom komentar.

Sisi Terang/Kesehatan/11 Trik untuk Menghilangkan Berbagai Jenis Rasa Sakit jika Kamu Tidak Memiliki Obat
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya