Sisi Terang
Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

7 Cara Mendetoks Tubuh Secara Alami dengan Makanan

----
966

Sebanyak 80% sistem imun terkonsentrasi di dalam perut kita. Jika tubuh kita didetoks dengan benar dan jumlah bakteri baik dalam perut seimbang, menurut para ilmuwan, kita akan memiliki kekuatan super alami yang dapat mencegah demam dan flu tanpa antibiotik. Selain itu, ada juga makanan yang dapat membantu membersihkan darah dari logam berat dan mencegah penyumbatan darah, serta menghilangkan napas tak sedap.

Kami di Sisi Terang menyukai cara detoksifikasi tubuh secara alami, jadi kami memutuskan untuk mencari tips ampuh untuk menghilangkan racun dari tubuh. Yuk, kita bahas bersama!

1. Alpukat membersihkan bahan kimia dari hati.

Makanan sehat bernutrisi ini menurunkan tingkat kolesterol dan memperlebar pembuluh darah, juga menahan racun yang merusak arteri. Alpukat mengandung nutrien bernama glutathione, yang menahan setidaknya 30 macam karsinogen selagi membantu hati mendetoks bahan kimia sintetis. Bagi penderita tekanan darah tinggi, buah ini sangat berguna untuk membantu menurunkan tekanan darah secara alami serta membantu mencegah risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Nanas memecah kolesterol.

Nanas adalah buah yang mengandung pembakar lemak alami bromelain, yang membantu tubuh kita memecah protein dan mencernanya. Nanas sendiri efektif dalam memecah dan menghilangkan kolesterol dari tubuh. Nanas juga dapat mencairkan dan memecah gumpalan darah. Disarankan untuk memakan nanas yang segar, bukan nanas kalengan, karena enzim bromelainnya sudah hancur saat diproses.

3. Sauerkraut (fermentasi kol) menghilangkan racun dan membersihkan kulit.

Makanan fermentasi ini dapat diproses dengan mudah oleh sistem pencernaan kita karena “sudah dicerna” selama proses fermentasi. Campuran ini memiliki probiotik dan kaya akan serat, yang mengurangi kembung, membuat perut menjadi rata, dan membersihkan kulit karena dapat membantu mengobati jerawat. Sauerkraut membantu tubuh menyerap vitamin dan mineral lebih efisien. Selain itu juga memberikan lebih banyak energi karena sedikitnya energi yang digunakan untuk mencernanya.

4. Aprikot segar dan kering menghilangkan sembelit.

Aprikot kering terkenal dengan efek pencahar alaminya. Jika kamu sering sembelit, makanan ini akan memberikan efek detoksifikasi, berlaku sebagai “sikat” alami bagi pencernaanmu. Aprikot segar memiliki banyak serat, yang membantu kamu tetap kenyang dalam jangka waktu yang lama dan dalam waktu bersamaan memberi makan kepada bakteri baik di dalam pencernaan. Buah ini tinggi antioksidan dan tidak hanya mendetoks secara alami, tetapi juga menjaga kesehatan mata.

5. Spirulina membantu melawan bau tidak sedap.

Spirulina adalah alga yang tumbuh di air tawar dan air laut. Bahan makanan ini dianggap sebagai salah satu pembersih logam berat dalam darah yang paling kuat. Namun, bagian paling menarik dari bubuk hijau ini adalah kemampuan bahan utamanya, klorofil, untuk menetralkan aroma tubuhmu. Klorofil disebut para dokter sebagai “deodoran internal” dan dengan mengonsumsinya, tubuh memperoleh aroma seperti sehabis mandi.

6. Grapefruit memberikan energi tambahan dan membentuk pinggang.

Grapefruit mengandung nootkatone, yaitu senyawa kimia yang dapat meningkatkan metabolisme dan membantu menurunkan berat badan. Senyawa ini juga tinggi serat, yang membuatmu tetap kenyang dan dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah. Cara detoks dengan jeruk bali merah adalah dengan menambahkan setengah jeruk bali merah dalam menu makan pagi, siang, dan malam selama satu minggu untuk mendapatkan nutrisi tambahan seperti serat, serta vitamin A dan C.

7. Mentimun menyegarkan bau napas secara alami.

Air dari mentimun mencegah mulut kering dan juga membersihkan sisa makanan yang mungkin tertinggal setelah makan. Mirip dengan apel, kerenyahannya juga membantu menstimulasi produksi air liur yang menghidrasi mulutmu. Malah, mengemut sepotong mentimun di antara lidah dan langit-langit mulut membantu mengurangi bau napas. Sayur renyah ini juga membantu menghilangkan plak pada gigi dan gusi, yang merupakan sumber makanan bakteri.

Apakah kamu tahu cara lain untuk menyegarkan bau mulut? Makanan apa yang kamu pilih sebagai bagian dari program detoksifikasi tubuh?

Kredit foto pratinjau Depositphotos.com, Shutterstock.com
----
966
Bagikan Artikel Ini