7 Kebiasaan Ini Bisa Menyebabkan Sakit Punggung Bawah, Ikutilah Solusi yang Kami Punya

Kalau punggungmu sering kali menyiksamu, tenang, kamu tidak sendirian. Setengah warga Amerika Serikat dan pastinya banyak orang Indonesia yang masih aktif bekerja akrab dengan gangguan menjengkelkan di bagian bawah tulang belakang ini. Dan meski banyak orang memilih obat untuk menghilangkan rasa sakit, masih ada cara lain yang lebih efektif untuk menghadapinya. Bahkan, mengubah sejumlah kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari dapat membantu kita memangkas masalah ini sampai ke akarnya.

Sisi Terang mencoba melihat lebih dekat kebiasaan sehari-hari yang tampaknya tidak berbahaya, tapi pada akhirnya dapat membuat tulang punggungmu nyeri.

1. Kamu mengenakan rok ketat dan sepatu hak tinggi.

Meski sangat menarik, rok pensil juga bisa membuatmu sakit punggung. Rok ketat yang membatasi gerakan di pinggul menimbulkan tekanan di tulang belakangmu. Hal yang sama terjadi saat kamu mengenakan sepatu hak tinggi: sepatu ini mengatur posisi kakimu ke ketinggian yang tidak alami, yang nantinya menyebabkan otot di bagian bawah tubuh bergeser. Agar bisa menikmati kemajuan tren mode tanpa mengorbankan kesehatan, pilihlah rok yang memungkinkan kakimu bergerak bebas, serta pilih sepatu dengan hak di bawah 5 cm.

2. Kamu sering minum soda.

Minum minuman manis bukanlah cara yang tepat untuk menjaga energi. Selain ada banyak risiko kesehatan yang mengikuti, minuman manis juga dapat memperburuk sakit punggungmu. Kebiasaan minum soda manis dapat menyebabkan batu ginjal yang dapat menyebabkan rasa sakit parah di punggungmu. Minuman berkarbonasi juga menahan gas di dalam sistem pencernaanmu dan memberi tekanan ke tulang belakang. Kalau punggungmu sakit setelah minum sekaleng soda, mungkin sudah waktunya kamu mengukur kembali tingkat asupan airmu.

3. Kamu terlalu stres.

Saat tubuhmu melepaskan hormon stres, ototmu mengencang dengan sendirinya. Ketegangan di otot ini mungkin berujung pada sensasi yang menyakitkan di leher, bahu, dan punggungmu. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa memasukkan jadwal relaksasi dalam rutinitas harianmu secara efektif dapat meringankan sakit punggung.

4. Kamu salah bantal.

Saat tidur di bantal yang terlalu besar, rasanya mungkin memang nyaman, tapi kamu akan kesal ketika punggungmu sakit keesokan paginya. Sebagian besar bantal menempatkan kepalamu ke posisi yang tidak natural, sehingga menimbulkan tekanan di leher dan tulang belakang serta menyebabkan rasa sakit dan kualitas tidur yang buruk. Kalau kamu tidak bisa tidur tanpa bantal, carilah bantal yang dapat disesuaikan menurut keinginanmu, dan letakkan satu bantal lagi di antara atau di bawah lutut. Posisi tidur ini telah terbukti meringankan tekanan di tulang belakang.

5. Kamu mencuci piring dengan cara yang salah.

Membungkuk di wastafel saat mencuci piring memberikan tekanan ke punggung bagian bawahmu, menyebabkan otot di area ini mengejang. Jika posisi ini dibiarkan beberapa menit, punggungmu bisa sakit seharian. Untuk menghindari otot punggung bagian bawah terkilir atau nyeri, taruhlah satu kaki di atas dingklik atau bangku kecil. Posturmu pun akan lebih baik dan punggungmu tidak tertekan.

6. Kamu sering naik tangga.

Naik dan turun tangga biasanya dianggap sebagai kebiasaan yang sehat, tapi ini bukanlah cara terbaik untuk tetap bugar jika kamu sudah punya rasa sakit di punggung bagian bawah. Kalau lutut atau punggungmu sakit, sebaiknya segera konsultasikan masalahmu ke dokter sebelum menggunakan tangga sebagai sarana olahraga.

7. Kamu sering membaca di kasur.

Kebiasaan membaca beberapa halaman buku favorit sebelum tidur dapat menyebabkan pundak dan punggungmu kaku. Saat kita rebahan sambil membaca di kasur, tulang belakang dan otot di punggung bawahmu menegang, sehingga menimbulkan rasa sakit. Jika membaca buku sebelum tidur membantumu bersantai setelah hari yang sibuk, belilah kursi dengan sandaran tulang belakang yang baik.

Apa kamu punya kebiasaan seperti ini juga? Dan apa kamu punya cara lain untuk menghilangkan sakit di punggung?

Bagikan Artikel Ini