7 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Merusak Rambutmu

Jika kamu sudah membeli sampo paling mahal tapi rambutmu belum juga menunjukkan kondisi terbaiknya, kamu mungkin ingin mengevaluasi rutinitas perawatan rambutmu. Hal sesederhana menggunakan karet rambut yang salah atau membungkus rambutmu dengan handuk bisa merusak rambut panjangmu dan menyebabkan kerusakan serius di masa depan. Meskipun kesalahan tersebut sulit dihindari, dan awalnya tampak tidak berbahaya, hal ini dapat berakibat fatal dengan efek jangka panjang pada rambutmu.

Kami di Sisi Terang juga pernah melakukan kesalahan di atas, dan kami memutuskan untuk mencari tahu kebiasaan lainnya yang harus dihindari.

1. Mengenakan pakaian berbahan wol

Mantel wol membuat tubuhmu tetap hangat saat cuaca dingin, namun bahan ini bisa merusak rambutmu. Wol menciptakan listrik statis dan menarik rambutmu, yang pada akhirnya bisa menyebabkan kerusakan rambut. Ketika basah karena hujan, rambutmu akan menjadi lebih rapuh dan lebih mudah patah.

2. Makan ikan tuna

Meskipun sangat bernutrisi dan memberikan trace element (yaitu unsur yang dibutuhkan dalam jumlah sangat kecil), ikan tuna juga kaya merkuri. Logam berat yang beracun ini bisa menyebabkan masalah kesehatan serius, dan banyak ahli kesehatan yang menyarankan agar tidak makan tuna secara berlebihan. Mengonsumsi merkuri juga bisa menyebabkan penipisan rambut secara tiba-tiba, menurut sebuah studi.

3. Menggunakan handuk atau hairdryer untuk mengeringkan rambut

Sebagian besar dari kita terbiasa membungkus rambut dengan handuk setelah mandi, namun handuk katun bisa membuat rambut berantakan dan menyebabkan kerusakan. Karena handuk memiliki tekstur yang lebih kasar dan lebih kering dari rambut, kebiasaan ini menyebabkan kutikula terangkat yang akan menyebabkan rambut bercabang. Menggunakan pengering rambut secara rutin juga dapat membuat rambut rapuh dan kusam. Cara mengeringkan rambut yang benar adalah dengan memberi jarak sekitar 15 cm antara rambut dan pengering rambut.

4. Memakai karet rambut

Kucir rambut yang terlalu ketat, seperti ekor kuda atau konde, dapat merusak rambutmu khususnya ketika diikat ke atas. Ikatan dari karet rambut menyebabkan tekanan pada rambut, yang nantinya akan menyebabkan rambut rusak. Jika kamu suka mengikat rambutmu, pilihlah ikat rambut yang dibungkus kain atau yang berbentuk spiral.

5. Memakai kondisioner dari akar rambut

Kondisioner adalah produk wajib untuk menjaga kelembutan dan nutrisi rambut, namun produk ini juga bisa membuat rambutmu berantakan jika salah menggunakannya. Jika digunakan pada akar rambut, kondisioner akan memberatkan rambutmu dan bahkan membuat akar rambut tampak berminyak. Agar rambutmu tetap lembut dan berkilau, pakai kondisioner pada batang rambut hingga ujungnya.

6. Terlalu sering memakai sampo kering

Sampo kering adalah penyelamat rambut terbaik, dan membuat rambutmu tampak segar walau tidak sempat mencucinya. Tetapi, menggunakannya terlalu sering bisa membuat kulit kepala menjadi gatal, kering, dan muncul ketombe. Selain itu, kulit kepala yang tidak sehat bisa menyebabkan kerontokan dan mencegah pertumbuhan rambut baru. Karena tidak benar-benar membersihkan rambut, sampo kering malah akan memicu ketombe.

7. Meletakkan kacamata hitam di kepala

Menaruh kacamata hitam di atas kepala tentunya mencegah kacamatamu hilang, namun lambat laun kebiasaan ini akan membuat rambutmu menjadi tipis. Tekanan dari kacamata bisa menghambat sirkulasi darah ke kulit kepala dan memperlambat pertumbuhan rambut. Rambutmu juga bisa jadi tipis jika kamu alergi dengan logam pada bingkai kacamata.

Pernah melakukan kesalahan di atas? Kira-kira hal apa lagi yang ingin kamu tambahkan dalam daftar?

Kredit foto pratinjau Depositphotos.com, Shutterstock.com
Bagikan Artikel Ini