Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

7 Perawatan di Rumah yang Bisa Membantu Menghilangkan Bau Badan

-1--
531

Tidak ada dua orang di dunia ini yang punya aroma tubuh sama, dan aroma tubuh tiap orang itu unik. Meski normal bagi tubuh kita untuk menghasilkan aroma yang berbeda-beda, hal ini harus menjadi perhatian jika aroma itu menjadi menyengat dan tidak sedap. Tapi tenang! Kami punya solusi sederhana untukmu, yang terbuat dari bahan yang mungkin sudah tersedia di rumahmu.

Kami di Sisi Terang senang sekali dengan produk kecantikan dan perawatan diri alternatif buatan rumah yang alami. Kami tidak sabar membagikan penemuan kami kepadamu!

1. Larutan cuka untuk kaki.

Cuka adalah bahan penyembuh antibakteri yang ampuh melawan berbagai jenis bakteri, jamur, dan mikrob karena kandungan asam asetatnya. Asam asetat telah terbukti mengurangi bau kaki dan kutu air.

Untuk membuat rendaman cuka untuk kaki, campurkan:

  • 1 porsi cuka
  • 2 porsi air
  • beberapa tetes minyak esensial kesukaanmu (opsional)

Aduk di dalam baskom dan rendam kakimu selama 10 hingga 20 menit. Lakukan sehari sekali dan bau kakimu akan hilang!

2. Scrub badan dari kopi.

Kopi terkenal dengan sifatnya yang menyerap bau. Karena aromanya yang kuat, kamu bisa menggosok tanganmu dengan kopi untuk menghilangkan bau dapur menyengat seperti ikan, bawang putih, dan bawang bombai. Sebagai alternatif, kamu juga bisa menggunakan kopi untuk mengurangi bau badan, dengan menggunakannya sebagai scrub badan untuk mengangkat kulit mati dan membuat kulitmu tampak cerah dan bersih.

Untuk membuat scrub badan dari kopi, campurkan:

  • 1 porsi ampas kopi
  • 1 porsi minyak kelapa atau zaitun
  • beberapa tetes minyak esensial kesukaanmu

Campurkan semua bahan dalam satu mangkuk kecil atau botol.

Untuk menggunakannya, basahi kulitmu dan gosokkan ke badanmu secara perlahan. Pijat dengan lembut untuk mengeksfoliasi kulitmu. Bilas dengan sabun berbahan ringan dan air. Gunakan sekali seminggu atau setelah kamu memasak bahan yang berbau menyengat.

3. Pembersih dari air lemon.

Lemon kaya akan vitamin C dan asam sitrat, yang membantu melindungi tubuhmu dari bakteri penyebab bau tak sedap. Meminum air lemon dan menggunakan perasan lemon pada ketiak dapat mengubah level pH tubuh, yang juga dapat memperbaiki aroma tubuhmu. Catatan: para ahli medis menemukan bahwa asam yang terkandung dalam lemon dapat berbahaya saat terpapar sinar matahari, jadi, lebih baik memakai pembersih ini di malam hari atau saat kamu tidak ada rencana keluar rumah.

Untuk membuat pembersih air lemon, campurkan:

  • perasan setengah buah lemon
  • 1 cangkir air

Kamu bisa meminum campuran ini atau dijadikan sebagai pembersih dengan mencelupkan kapas dan mengoleskannya di kulitmu.

4. Penetral aroma tubuh dari alkohol.

Karena bau tidak sedap biasanya disebabkan oleh bakteri, sifat alkohol sebagai pembunuh bakteri dapat membantu mencegah bau tubuh yang menyengat. Jika kamu memerlukan deodoran praktis, semprotkan alkohol ke ketiakmu yang berkeringat. Hindari menggunakan alkohol pada kulit yang baru dicukur atau di-wax agar tidak perih.

5. Obat kumur minyak kelapa.

Minyak kelapa kaya akan sifat antibakteri yang telah terbukti membantu menjaga mulut tetap higienis. Minyak serbaguna ini dapat mengurangi plak, radang gusi, dan bau mulut.

Untuk menggunakan minyak kelapa sebagai obat kumur, atau yang juga disebut oil pulling, berkumurlah dengan:

  • 1 atau 2 sendok makan minyak kelapa ekstra murni

Berkumurlah secara merata hingga ke kerongkongan setidaknya selama 5 menit, atau lakukan hingga 20 menit. Keluarkan minyak dari mulut lalu minumlah air hangat.

6. Deodoran soda kue.

Soda kue sudah digunakan banyak industri sebagai penetral aroma karena sifatnya yang menyerap bau tidak sedap. Mungkin kamu juga pernah melihat banyak deodoran komersial mengandung soda kue untuk membantu mencegah bau badan. Namun, menggunakan soda kue langsung ke kulitmu dapat menyebabkan iritasi, jadi, sebaiknya dicampurkan dengan bahan lain sebelum memakainya.

Untuk membuat deodoran soda kue yang kering, campurkan:

  • 1 porsi soda kue
  • 6 porsi tepung jagung

Masukkan ke dalam botol kocok atau botol bubuk, dan kocok perlahan sebelum digunakan.

Untuk membuat deodoran soda kue yang basah, campurkan:

  • 1 porsi soda kue
  • 2 porsi minyak kelapa

Campurkan bahan di mangkuk kecil dan oleskan perlahan di kulitmu. Untuk deodoran tanpa minyak, buat campuran kental satu sendok teh soda kue dan air. Gunakan di ketiak dan biarkan campuran mengering sebelum kamu berpakaian.

7. Tonik bawang putih penghilang bau.

Meskipun banyak yang berpikir baunya menyengat dan tidak enak, bawang putih mampu melawan bau badan kita karena sifat antibakteri yang terkandung di dalamnya. Cukup dengan mengonsumsi lebih banyak bawang putih, bau badan yang menyengat akan berkurang.

Untuk membuat tonik bawang putih penghilang bau, campurkan:

  • 3 siung bawang putih yang sudah dikupas
  • 2 cangkir air

Rebus air dan bawang selama 10 hingga 15 menit. Biarkan hingga mendingin dan saring. Oleskan di tubuhmu dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas. Lakukan setiap hari dan lihat hasilnya!

Pernah menghadapi masalah bau badan? Bagaimana cara kamu mengatasinya?

-1--
531
Bagikan Artikel Ini