8 Bahan Alami untuk Merangsang Pertumbuhan dan Ketebalan Rambut

Rambut memainkan peranan yang sangat penting dalam hidup banyak orang. Bahkan karena berbagai alasan, kesehatan rambut bisa memengaruhi kehidupan pria maupun wanita.

Dua persen populasi dunia akan mengalami kerontokan atau alopecia pada suatu titik dalam hidup mereka. Mengingat bahwa bahan alami mengandung manfaat yang baik untuk kesehatan dan bisa dipakai sebagai kosmetik, kami di Sisi Terang memberikan daftar herba dan minyak yang bisa membantumu mendapatkan rambut cantik berkilau yang kamu idamkan.

1. Ekstrak teh hijau

Selain memiliki banyak manfaat kesehatan, teh hijau juga bisa membantu menumbuhkan rambut. Sebuah penelitian dengan tikus menunjukkan bahwa minum ekstrak teh hijau meningkatkan pertumbuhan rambut secara signifikan setelah enam bulan. Jika kamu berencana memanjangkan rambut, minum teh secara teratur bisa meningkatkan kesempatanmu memiliki rambut indah.

2. Randa tapak atau dandelion

Randa tapak atau dandelion adalah tumbuhan yang mengandung mineral, vitamin, dan zat antiinflamasi yang memainkan peran penting dalam pertumbuhan rambut. Jika kamu ingin memiliki rambut sehat, kami punya resepnya:

  1. Rendam satu kantong teh akar dandelion dalam air panas selama 10 menit.
  2. Rebus dua sendok makan flaxseed (biji rami) selama 5 menit.
  3. Setelah mendidih, keluarkan flaxseed dan tambahkan satu sendok makan madu ke air rebusannya. Lalu, dinginkan.
  4. Campur teh dandelion, air rebusan flaxseed, dan satu sendok makan air lemon.
  5. Kocok sampai rata.

Setelah selesai keramas dan memakai kondisioner, tuangkan campuran ini pada kulit kepala dan diamkan selama 10 menit dengan penutup kepala, lalu bilas.

3. Lidah buaya

Lidah buaya adalah tanaman tradisional yang menjadi populer karena banyak manfaatnya untuk kulit dan untuk penyembuhan. Lidah buaya bisa mengangkat sisa produk yang menempel dan minyak berlebih dari rambut. Tanaman ini lembut dan mengandung vitamin yang bisa memengaruhi pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan.

Kamu juga bisa membuat pelembap rambut dari lidah buaya. Tuangkan secangkir air dan setengah cangkir air lidah buaya ke dalam botol. Kocok sampai rata, lalu semprotkan pada rambut sebelum menatanya.

4. Minyak peppermint

Peppermint adalah herba yang bagus untuk teh, dan aromanya enak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak peppermint juga bisa menjadi alternatif untuk membantu pertumbuhan rambut dengan mendorong peredaran darah di kulit kepala. Namun, hanya sedikit orang yang tahu bahwa minyak ini harus dicampur dengan minyak jojoba atau minyak biji anggur yang berkualitas. Rasionya adalah enam tetes minyak peppermint dengan satu sendok teh minyak jojoba. Campur, lalu aplikasikan pada akar rambut.

5. Minyak rosemary

Rosemary, selain digunakan untuk masakan, juga memiliki manfaat menarik untuk mendorong pertumbuhan rambut. Setelah menggunakan minyak rosemary selama enam bulan, kamu akan mendapatkan hasil yang sama dengan perawatan standar untuk rambut rontok. Campurkan juga 10 sampai 12 tetes minyak rosemary sebagai minyak esensial dengan sampo. Gunakan setiap hari untuk mendapatkan rambut tebal dan tampak sehat.

6. Sari bawang bombai

Apa sari bawang bombai terdengar aneh bagimu? Memang terdengar aneh sih, tapi sebenarnya efektif untuk mencegah kerontokan. Dalam sebuah penelitian, peserta eksperimen menggunakan sari bawang bombai mentah, tak lama mereka mengungkapkan bahwa rambut mereka terlihat mulai tumbuh kembali.

Untuk membuat sari bawang bombai, ikuti petunjuk berikut ini:

  1. Kupas bawang bombai dan potong kecil-kecil.
  2. Dengan juicer atau blender, keluarkan ekstrak bawang bombai. Gunakan kain jika perlu.
  3. Oleskan sari bawang bombai ini pada kulit kepala.

Jika kamu penasaran, mengaplikasikan sari bawang bombai dua kali sehari pada rambutmu selama sekitar enam minggu bisa memberikanmu hasil maksimal.

7. Minyak kelapa

Minyak kelapa juga merupakan bahan alami dengan fungsi serbaguna. Dari memasak sampai melembapkan, minyak kelapa juga bagus untuk rambutmu. Saat dibandingkan dengan minyak mineral dan minyak bunga matahari, hanya minyak kelapa yang dapat mengurangi kerusakan rambut jika digunakan sebagai produk perawatan sebelum dan sesudah keramas.

Kamu bisa mencoba mengoleskan minyak kelapa sebelum atau setelah keramas, seperti kondisioner. Jika kamu ingin memiliki rambut panjang yang sehat, minyak kelapa adalah jawabannya!

8. Minyak lavender

Minyak lavender tidak hanya bagus untuk menciptakan suasana yang menenangkan, tapi juga bagus saat dipakai untuk menumbuhkan rambut. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengencerkan minyak lavender, untuk diaplikasikan pada rambut sekali sehari selama empat minggu, bisa menghasilkan rambut yang lebih tebal dan meningkatkan jumlah folikel rambut.

Sekali lagi, karena ini minyak esensial, kamu harus mencampurnya dengan minyak pembawa atau carrier oil seperti jojoba, atau bahkan sampo, sebelum mengaplikasikannya pada akar rambutmu.

Dari bahan-bahan alami di atas, mana yang pernah kamu coba untuk memiliki rambut tebal dan panjang? Yang mana favoritmu? Kamu tahu bahan alami lainnya yang bagus untuk pertumbuhan rambut?

Bagikan Artikel Ini