8 Cara Menyembuhkan Lepuh Dingin atau Herpes Mulut dalam Sekejap

Sekitar dua pertiga dari populasi orang dewasa di dunia membawa virus yang menyebabkan lepuh dingin alias herpes mulut. Sayangnya, begitu masuk ke tubuh, virus ini tidak hilang begitu saja, dan malah tinggal di sel sarafmu. Tapi untungnya, kebanyakan orang-orang yang terjangkit virus ini takkan menunjukkan gejala apa pun. Namun, mereka yang kurang beruntung, tahu betul betapa perih dan menyebalkannya penyakit ini.

Sisi Terang sudah melakukan sejumlah riset dan menemukan beberapa produk alami yang efektif, ampuh, dan mudah digunakan untuk menyembuhkan lepuh dingin.

1. Bawang putih.

Bawang putih memiliki potensi antimikroba alami yang kuat dan mampu membantu mengempiskan pembengkakan serta mempersingkat waktu penyembuhan. Kamu bisa mengoleskan bawang putih langsung ke area lepuh dingin. Kalau kamu menggunakannya pada tahap awal, ketika masih terasa akan muncul, kamu bisa mencegahnya berubah menjadi lepuh dingin.

2. Minyak esensial.

Minyak esensial tea tree atau pepermin dikenal karena fungsi antivirus, antibakteri, dan antiseptiknya dan sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa minyak ini bisa menghentikan berkembangnya lepuh dingin jika digunakan pada tahap awal.

Larutkan satu atau dua tetes salah satu minyak pilihanmu dengan satu sendok teh minyak kelapa atau minyak zaitun dan oleskan ke area lepuh dingin menggunakan kapas. Gunakanlah minyak ini selama tahap awal untuk menghindari iritasi.

3. Vitamin C.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, memperkuat sistem kekebalan adalah kunci mencegah penyakit ini dan vitamin C adalah antioksidan dan penguat kekebalan tubuh yang sudah sangat populer. Cara terbaik untuk menyuplai sistem kekebalan tubuhmu dengan vitamin C adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C.

4. Pelembap bibir lemon.

Pelembap bibir lemon adalah krim atau pelembap pekat yang merupakan obat herbal efektif untuk herpes. Pelembap bibir seperti ini mengandung ekstrak herbal yang dikenal mampu menyembuhkan iritasi dan bersifat antibakteri. Jika dioleskan secara teratur, pelembap bibir lemon bisa mengurangi proses penyembuhan dua kali lebih cepat.

Oleskan langsung ke area yang terinfeksi beberapa kali dalam sehari.

5. Lidah buaya.

Lidah buaya sangatlah efektif sebagai bahan antibakteri. Selain itu, meski lepuh dingin tidak disebabkan oleh bakteri, mengoleskan lidah buaya akan mencegah potensi infeksi. Tanaman ini juga sangat efektif untuk meredakan rasa sakit dan rasa perih mengganggu serta mempercepat proses penyembuhan.

Kalau kamu punya lidah buaya di rumah, cobalah ambil sepotong dengan ketebalan sekitar 2 cm, kupas kulitnya, lalu kamu akan melihat gel transparan yang agak lengket. Oleskan gel ini ke bagian yang terinfeksi dan biarkan selama kurang lebih 20 menit. Tapi ingat, gelnya sangat pahit, jadi, sebaiknya usahakan agar bibirmu tidak terjilat setelah dioleskan gel lidah buaya. Ulangi perawatan ini beberapa kali dalam sehari.

Kalau kamu tidak punya tanaman ini di rumah, cukup beli gel lidah buaya dalam kemasan, karena manfaatnya tidak jauh berbeda.

6. Licorice atau akar manis.

Licorice atau akar manis sudah dimanfaatkan sebagai bahan produk penyembuhan selama bertahun-tahun karena mengandung asam glycyrrhizic yang dikategorikan sebagai antivirus. Kamu bisa mengoleskan ekstrak akar manis langsung ke area yang terinfeksi sebagai salep atau meminumnya dalam bentuk kapsul untuk penyembuhan dari dalam tubuh.

7. Echinacea atau cone flower.

Echinacea adalah salah satu stimulator sistem kekebalan tubuh yang kuat, dan inilah yang kamu butuhkan untuk mencegah lepuh dingin. Kamu bisa menggunakannya secara teratur dalam berbagai bentuk, seperti cairan, tingtur, atau pil.

8. Vitamin E.

Vitamin E mempercepat penyembuhan sel kulit rusak dengan membantu memperbaikinya dan membentuk sel kulit baru. Ada dua cara untuk melakukannya: Kamu bisa mengoleskan minyak vitamin E langsung ke kulit yang rusak atau memakan banyak makanan tinggi vitamin E, seperti sayuran hijau dan buah-buahan.

Apa kamu punya ramuan rahasia racikanmu sendiri untuk mengatasi lepuh dingin? Beri tahu kami lewat kolom komentar dan bagikan artikel ini ke teman-teman dan keluargamu, ya!

Bagikan Artikel Ini