Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

8 Tanda Peringatan Saat Jantungmu Tidak Bekerja Sebagaimana Mestinya

Menurut Pusat Pencegahan dan Kontrol Penyakit Amerika Serikat (Centers for Disease Control and Prevention), sekitar 610.000 orang meninggal akibat penyakit terkait jantung setiap tahunnya di Negeri Paman Sam ini. Baik pria maupun wanita menderita penyakit jantung karena berbagai alasan yang berhubungan dengan gaya hidup tertentu. Namun, ada banyak sekali pertanda dan peringatan yang memberi tahu kita tentang jantung yang bermasalah dan harus kita perhatikan.

Sisi Terang telah mengumpulkan 8 tanda umum penyakit jantung yang harus kamu perhatikan jika kamu merasakannya. Kamu juga bisa mengeklik di sini jika kamu ingin melihat 8 tanda umum lainnya.

1. Rasa sakit yang menyebar di lengan.

Banyak pria merasakan sakit di lengan kiri, sementara wanita merasakan sakit yang sama baik di salah satu atau di kedua lengan. Sebagian wanita juga mengatakan kalau mereka merasakan sakit yang tidak biasa pada siku sebelum mengalami serangan jantung. Ini terjadi karena sakit dari jantung menjalar ke sumsum tulang belakang, yang menjadi tempat terhubungnya banyak saraf di tubuhmu. Otakmu menjadi bingung dan berpikir kalau lenganmu yang benar-benar sakit, padahal bukan itu masalahnya.

2. Batuk yang tak kunjung berhenti.

Batuk memang bisa disebabkan oleh berbagai hal dan salah satunya adalah tanda penyakit kardiovaskular. Batuk berulang yang menghasilkan cairan berwarna kemerahan dan mengandung darah sangat umum terjadi seiring dengan gagal jantung. Namun, batuk adalah subgejala dari gejala yang jauh lebih serius, yakni sesak napas dan kehabisan napas secara tiba-tiba.

3. Tingkat kecemasan yang tinggi dan tidak biasa.

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa orang yang mengalami kecemasan tinggi sejak kecil cenderung mengidap penyakit jantung. Kecemasan dapat disebabkan oleh gaya hidup yang penuh tekanan atau berbagai gangguan lainnya, termasuk serangan panik dan fobia kecemasan. Beberapa efek kecemasan terhadap jantungmu termasuk takikardia, tekanan darah meningkat, dan penurunan detak jantung.

4. Bengkak pada tungkai, pergelangan kaki, dan kaki.

Saat jantungmu tidak memompa dengan baik, cairan dari pembuluh darah bocor ke jaringan di sekitarnya. Tungkai dan kakimu adalah tempat yang paling sering mengalaminya akibat tarikan gravitasi. Hal ini disebut peripheral edema, tapi banyak orang yang mengalami kaki bengkak tidak menderita penyakit jantung. Namun, hal ini tetap menjadi gejala yang sering terjadi pada pasien penyakit jantung dan kamu harus memperhatikan hal ini dengan saksama.

5. Nafsu makan berkurang dan merasa mual.

Banyak pasien yang mengalami penyakit jantung memperlihatkan kurangnya nafsu makan dan/atau mual, meski mereka makan dalam porsi kecil. Penyebabnya adalah penumpukan cairan di sekitar hati dan usus yang mengganggu proses pencernaan. Gejala ini biasanya diikuti oleh nyeri perut dan jika kamu mengalami semuanya, kamu harus segera berkonsultasi dengan dokter.

6. Ruam kulit atau bintik-bintik tak biasa.

Dua proyek penelitian terpisah yang dilaksanakan oleh The Journal of Allergy and Clinical Immunology dan Journal of the American College of Cardiology menunjukkan bahwa eczema atau eksim dan herpes merupakan faktor risiko tinggi penyakit jantung. Orang yang mengalami eksim memiliki potensi sebayak 48% menderita tekanan darah tinggi dan kemungkinan sebanyak 29% memiliki kolesterol tinggi. Selain itu, orang yang mengalami herpes berpotensi sebanyak 59% mengalami serangan jantung dibandingkan orang yang tidak memiliki penyakit ini.

7. Kehilangan kesadaran atau pingsan.

Merasa pusing dan kehilangan kesadaran sangat sering terjadi di antara pasien penyakit jantung. Jantung tidak memompa darah dengan baik karena aliran darah terhalang oleh arteri yang tersumbat atau pembuluh darah yang menyempit. Kalau kamu merasa napasmu pendek dan kamu pingsan selama beberapa saat, segera hubungi dokter dan periksakan jantungmu.

9. Kulitmu semakin pucat atau berwarna kebiruan.

Ini bukanlah gejala paling umum, tapi jika terjadi, ini disebabkan aliran darah yang melambat, berkurangnya jumlah sel darah merah, dan dapat menjadi tanda kalau jantungmu tidak memompa darah seperti seharusnya. Syok adalah alasan utama untuk gejala ini dan kulit pucat dapat muncul di seluruh tubuh atau bagian tubuh tertentu, misalnya tangan dan kaki. Namun, jika kamu melihat kulitmu pucat, jangan panik. Pastikan apakah kamu mengalami syok atau ada alasan lain, misalnya anemia.

Bonus:

Jangan lupa, pencegahan adalah kunci utama untuk menghindari munculnya masalah yang akan datang. Cobalah untuk menjaga gaya hidup sehat dengan sering berolahraga, inilah kunci yang utama. Menghindari rokok dan minuman beralkohol berlebihan akan membuat jantungmu sehat.

Semua gejala ini tentunya tidak muncul pada setiap pasien penyakit jantung. Tapi semua yang disebutkan di atas merupakan tanda peringatan paling umum dari penyakit ini. Beri tahu kami di kolom komentar kalau artikel ini sangat berguna bagimu.

Bagikan Artikel Ini