Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

9 Tanda Pada Lidah yang Menunjukkan Kondisi Kesehatanmu

Tubuh kita mengirimkan sinyal masalah kesehatan dan penyakit yang seringnya tidak kita ketahui. Tidak terkecuali lidah. Banyak hal yang bisa kamu ketahui tentang kesehatanmu dari lidah.

Sisi Terang memutuskan untuk berbagi pengamatan penting ini denganmu.

Warna merah seperti stroberi.

Ini dapat menjadi indikator bahwa kamu kurang vitamin. Jika lidah tampak berkilau atau berwarna merah seperti stroberi, artinya tubuhmu kekurangan zat besi atau vitamin B12. Nantinya, lidah akan semakin halus karena sebagian besar kuncup rasa semakin rata. Dalam kasus yang lebih parah, lidah akan terasa sakit saat minum minuman panas dan makan makanan pedas. Sebaiknya, pergilah ke dokter dan atur ulang pola makanmu.

Plak berwarna hitam atau cokelat.

Plak berwarna hitam atau cokelat pada lidah mungkin terlihat menyeramkan, tapi biasanya ini hanya pertanda kurang higienis, rokok, atau terlalu banyak minum kopi atau teh hitam. Akibatnya, akan timbul bau tidak sedap dari mulut dan anomali rasa (kesulitan mengenali rasa). Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menghentikan kebiasaan buruk yang menimbulkan plak dan sikat juga lidahmu saat menggosok gigi setiap hari.

Banyak plak berwarna putih.

Plak putih yang hampir mirip keju cottage merupakan pertanda infeksi jamur atau kandidiasis. Plak ini muncul ketika Candida albicans tumbuh subur. Ini adalah jamur penyebab infeksi di berbagai bagian tubuh, termasuk di dalam mulut. Penyebabnya bermacam-macam: konsumsi antibiotik, diabetes, sistem imun yang lemah, atau tekanan darah tinggi. Disarankan agar kamu menemui dokter.

Lidah beralur.

Lidah beralur dapat menjadi tanda penuaan (ya, lidah juga bisa menua). Biasanya, alur-alur ini tidak berbahaya, tapi jika gigi tidak disikat dengan baik, infeksi bisa terjadi. Infeksi jamur dapat tumbuh di alur-alur tersebut dan dapat mengakibatkan rasa sakit dan sensasi terbakar yang parah. Masalah ini dapat disembuhkan dengan obat khusus. Selain itu, jika posisi implan gigimu salah, lidah beralur juga bisa terjadi.

Bercak putih kecil pada lidah.

Bercak-bercak ini dapat menjadi pertanda bahwa ada iritasi pada lidah. Misalnya, ini bisa disebabkan oleh gigi yang terus bergesekan dengan lidah. Namun biasanya, bercak-bercak ini disebabkan oleh produksi sel yang meningkat dalam tubuh orang yang merokok. Sebanyak 5%-17% sel ini dapat menjadi sel prakanker. Jika bercak ini tidak hilang dalam beberapa minggu, segera temui dokter dan jalani pemeriksaan yang diperlukan.

Bercak merah dan lepuh.

Bercak merah dan lepuh yang lama tidak menghilang bisa menjadi pertanda gejala penyakit serius. Biasanya berhubungan dengan kanker lidah. Kamu harus segera menghubungi dokter.

Sensasi terbakar.

Hal ini umum terjadi pada wanita yang mengalami menopause dan disebabkan oleh perubahan hormon substansial, khususnya pada awal-awal masa menopause dimulai. Jika mengalaminya, kamu harus menemui dokter. Alasan lain mungkin saja menggunakan pasta gigi yang salah: beberapa orang alergi terhadap bahan tertentu.

Benjolan dan lesung.

Ini keadaan yang jarang terjadi dan sama sekali tidak berbahaya. Jika tidak terasa sakit, kamu tidak perlu khawatir. Namun tetap saja, akan berbeda pada setiap orang.

Rasa sakit yang mengganggu.

Jika kamu mengalami rasa sakit yang mengganggu, ini adalah pertanda oral thrush atau kandidiasis mulut. Ini penyakit yang paling umum diderita anak-anak, tapi 20% orang dewasa juga mengalaminya. Rasa sakit ini merupakan sinyal dari sistem imun yang tertekan dan lemah. Biasanya akan menghilang dalam waktu 2 minggu. Jika tidak, kami menyarankan agar kamu menemui dokter. Kamu juga perlu beristirahat dan merawat kesehatan mulutmu dengan lebih baik.

Apa kamu pernah melihat tanda-tanda ini di lidahmu? Lantas, apa tindakan yang kamu ambil? Ceritakan kepada kami di kolom komentar.

Kredit foto pratinjau wikimedia, depositphotos.com
Berdasarkan materi dari rd.com
Bagikan Artikel Ini