Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Alasan Terbentuknya Mata Panda dan Cara Menghilangkannya

Ketika kita melihat orang dengan lingkaran hitam di bawah matanya, hal pertama yang kita pikirkan mungkin, “Oh, dia kurang tidur!”. Tapi para ahli medis telah menemukan bahwa ada banyak faktor yang menyebabkan mata panda selain karena kelelahan.

Kali ini di Sisi Terang, kami mengulas alasan kenapa kamu memiliki mata panda dan akan membagikan beberapa kiat cara menghilangkannya agar wajahmu tetap tampak segar.

Alasan terbentuknya mata panda.

Ada beragam alasan di balik terbentuknya mata panda, tergantung pada diri kita. Tapi satu penyebab pastinya adalah bayangan hitam di bawah mata ini disebabkan oleh kurangnya oksigen yang mengalir dengan baik di pembuluh darah dan menyebabkan hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi terbentuk dari asam amino yang disebut melanin. Kondisi yang biasa dikenal sebagai kantong mata ini bisa terbentuk karena kamu melakukan hal seperti mengucek mata, terpapar matahari terlalu sering, atau kurang tidur; sedangkan faktor lain adalah gen dan penuaan. Meski begitu, mata panda juga bisa disebabkan oleh kondisi medis seperti alergi, eksim, dermatitis, dan anemia.

Cara menghilangkannya.

Melanin adalah pigmen alami berwarna cokelat atau hitam pada tubuh kita yang bertugas untuk memberi warna pada kulit, rambut, mata, dan beberapa bagian tubuh lainnya. Berikut beberapa kiat mencegah kelebihan melanin di bagian bawah matamu yang menyebabkan terbentuknya kantong mata.

1. Terapkan postur tidur yang tepat.

Tidur pada posisi yang tegak lurus dapat mencegah mata bengkak. Selagi kamu tidur, cairan dapat terkumpul di bawah matamu, khususnya saat kamu berbaring pada posisi yang datar. Menjaga kepalamu agar tetap lebih tinggi bisa membantu mencegah pengumpulan cairan tersebut dan membuat wajahmu tampak segar di pagi hari.

2. Hindari paparan sinar matahari langsung.

Tanyakan pada semua ahli dermatologi dan mereka akan menyarankan agar wajahmu tidak terpapar sinar matahari langsung. Sinar matahari tidak hanya mempercepat penuaan, tapi sinar UV-nya yang jahat juga bisa menyebabkan kerusakan pada kulit kita. Penuaan kulit ini dapat menyebabkan pembengkakan dan lingkaran hitam di bawah mata. Jadi, jika kamu akan berada di tempat yang terkena sinar matahari langsung, pakailah tabir surya dan kenakan kacamata hitam serta topi!

3. Cobalah bahan-bahan alami.

Bahan umum yang bisa kamu temukan di rumah, seperti mentimun dan kantong teh bekas, bisa bermanfaat dalam melawan kantong mata. Mentimun memiliki khasiat mendinginkan dan antiradang yang dapat membantu mengurangi mata bengkak, sementara kafein dan tanin dalam kantong teh juga membantu mengurangi inflamasi dan mengencangkan kulit. Untuk hasil terbaik, pakai mentimun atau kantong teh selama 5 menit sebagai kompres dingin pada lingkaran hitam di bawah matamu, lalu bilas wajah.

4. Lakukan perawatan wajah yang dingin.

Seperti mentimun dingin dan kantong teh yang dapat mengurangi inflamasi pada kantong mata, menggunakan es batu atau kompres dingin (atau kantong es) juga dapat mengurangi bengkak yang disebabkan kantong mata. Menempelkan es juga mempercepat penyembuhan kulit dan membuat kulitmu tampak segar dan sehat.

5. Tidur yang cukup.

Saat tubuh kurang tidur, kulit kita cenderung terlihat lebih pucat, yang membuat bagian bawah mata kita tampak lebih gelap. Karena tipis, kulit di bawah mata kita dapat dengan mudah menjadi gelap karena kelelahan, yang disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah secara terus menerus. Bagi orang dewasa, penting untuk tidur minimal 7 sampai 9 jam setiap hari agar wajah kita tetap segar dan awet muda.

6. Pakai pelembap dan minyak penyembuh.

Menghidrasi dengan minyak dan pelembap yang tepat akan melindungi wajahmu dari garis halus dan kerutan. Pilih produk wajah yang mengandung antioksidan tinggi, yang dapat berdampak positif pada mata pandamu. Gerakan memijat ketika mengoleskannnya di wajah juga membantu memperlancar sirkulasi darah, sehingga kamu terhindar dari penumpukan atau penyempitan pembuluh darah. Beberapa pilihan pelembap harian yang populer adalah krim Vitamin E atau C, minyak almon, dan minyak kelapa.

Apa saja upaya yang kamu lakukan untuk menghilangkan mata panda?

Kredit foto pratinjau Shutterstock.com
Bagikan Artikel Ini