Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Apa Penyebab Kaki Stroberi dan Cara Menghilangkannya

----
750

Banyak orang bergumul dengan komedo dan pori-pori besar. Tidak hanya di bagian T-zone, tapi juga di kaki mereka. Kondisi umum ini disebut kaki stroberi, karena kulitnya yang kemerahan dan berbintik-bintik kecil berwarna gelap yang menyerupai biji stroberi. Bintik tersebut merupakan folikel rambut atau pori-pori besar yang mengandung campuran minyak, bakteri, dan kulit mati. Saat pori-pori terbuka setelah bercukur, udara bersentuhan dengan minyak, teroksidasi, dan menjadi gelap.

Kaki stroberi biasanya tidak gatal atau nyeri, tapi pasti bisa menyebabkan seseorang merasa malu. Sisi Terang telah melakukan penelitian untuk mengetahui apa yang mungkin menyebabkan kaki stroberi dan apa yang dapat dilakukan untuk menghilangkannya.

Bercukur

Meskipun “kaki stroberi” dianggap sebagai kondisi genetik dan paling sering terjadi pada mereka yang memiliki rambut tubuh yang tebal, mencukur adalah salah satu penyebab utama kondisi yang mengganggu ini. Jika kamu bercukur dengan pisau cukur lama atau tanpa krim cukur, gesekan pisau cukur dapat menyebabkan kulit teriritasi. Karena iritasi, kulit di sekitar folikel rambut menjadi gelap dan titik-titik hitam muncul di kakimu.

Folikulitis

Folikulitis adalah kondisi kulit yang umum di mana folikel rambut meradang. Bentuknya bermacam-macam dan bisa memunculkan kulit stroberi. Bentuk folikulitis ringan disebabkan oleh benjolan akibat iritasi pisau cukur. Hal ini menyebabkan rambut tumbuh ke dalam dan mungkin menjadi penyebab munculnya kaki stroberi.

Kulit kering

Meskipun kulit yang terlalu kering tidak menyebabkan pori-pori menjadi gelap, hal ini membuatmu lebih rentan terhadap iritasi dan luka gesekan akibat pisau cukur. Kekeringan pada kulit juga membuat bintik gelap menyerupai biji lebih terlihat. Penampakan kaki stroberi lebih mudah terlihat saat kulitmu kekurangan kelembapan.

Keratosis pilaris

Keratosis pilaris adalah kondisi kulit umum yang menimbulkan munculnya bercak kering dan benjolan kecil yang biasanya terdapat di lengan atas, paha, pipi, atau bokong. Ini disebabkan oleh penumpukan keratin yang membentuk penyumbatan di celah folikel rambut, yang bisa menyebabkan kulit tampak seperti stroberi. Keratosis pilaris muncul saat kulit terlalu kering dan lebih sering terjadi pada mereka yang tinggal di iklim dengan kelembapan rendah atau sering berenang di kolam renang yang banyak mengandung bahan kimia.

Cara menghilangkan kaki stroberi

Mencukur dengan cara tepat

Sebelum bercukur, basahi kulit dan bulumu untuk melembutkannya dan oleskan krim atau gel cukur. Jangan lupa untuk membilas setelah setiap sapuan pisau cukur dan pastikan kamu mengganti pisau secara teratur untuk meminimalkan iritasi. Cukurlah sesuai arah pertumbuhan rambut untuk mencegah benjolan dan luka gesekan akibat pisau cukur yang dapat menyebabkan munculnya “kaki stroberi”.

Eksfoliasi secara teratur

Eksfoliasi membantu mengangkat sel kulit mati dan memudahkan pertumbuhan rambut baru. Hal ini membantu mencegah rambut tumbuh ke dalam dan dapat mengurangi tampilan kaki stroberi. Eksfoliasi secara teratur juga membantu mencegah kaki stroberi terus terjadi.

Perawatan profesional

Jika pengobatan di rumah tidak efektif, kamu dapat mencoba perawatan medis untuk kaki stroberi yang mencakup elektrolisis dan terapi laser. Elektrolisis menggunakan listrik untuk menargetkan folikel rambut yang teriritasi dan menghentikan pertumbuhan rambut. Ini mencegah rambut tumbuh ke dalam dan dapat mengurangi kemungkinan munculnya kaki stroberi. Terapi laser adalah metode penghilang rambut yang aman yang menargetkan beberapa folikel rambut secara bersamaan.

Pernahkah kamu mengalami kaki stroberi? Kamu tahu cara lain untuk mengurangi masalah ini?

Kredit foto pratinjau avereon / Reddit
----
750
Bagikan Artikel Ini