Beginilah Perubahan Tubuhmu Jika Makan 6 Buah Prune Sehari

Buah prune ampuh untuk membantu menurunkan berat badan, melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan tulang serta darah, dan masih banyak lagi. Buah kering ini penuh dengan nutrien sehat yang dibutuhkan tubuh. Kamu hanya perlu makan enam prune sehari untuk mendapatkan semua manfaatnya. Jadi, prune adalah camilan sempurna yang bisa kamu bawa ke mana-mana.

Sisi Terang terkesan dengan manfaat prune dan kami ingin memberitahumu semua yang kami temukan tentang buah lezat tapi jarang dilirik ini. Kami yakin kamu pasti ingin langsung mencobanya.

1. Buah prune mendukung banyak fungsi tubuh.

100 gram buah prune mengandung 732 mg kalium. Makromineral ini penting untuk tubuh karena membantu tubuh berfungsi baik dan mencegah banyak penyakit. Kalium mengurangi risiko terkena stroke, menjaga kesehatan tulang, membantu pertumbuhan otot sehat, dan bisa meningkatkan fungsi saraf. Rekomendasi konsumsi kalium adalah sekitar 4.700 mg sehari. Untuk ini, kamu bisa menggabungkan prem kering dengan makanan lain, seperti sayuran berdaun hijau, pisang, atau apel.

2. Buah ini bagus untuk darah.

Tidak memiliki cukup zat besi dalam tubuh bisa menyebabkan anemia, yang bisa menimbulkan komplikasi serius. Di antaranya adalah kelelahan parah, masalah hati atau paru-paru, dan masalah kehamilan. Prem kering adalah sumber zat besi yang bagus sehingga menjadikannya produk terbaik untuk membantu mencegah masalah-masalah itu.

3. Prune dapat melancarkan pencernaan.

Prune kaya serat, elemen kunci yang mendukung pencernaan sehat. Misalnya, satu cangkir prune tanpa biji mengandung 12 gram serat larut. Selain itu, prune mengandung sorbitol, laksatif alami yang membantu merangsang gerakan perut. Direkomendasikan makan tidak lebih dari enam prem kering per hari.

4. Buah prune membantu mengendalikan keinginan untuk buang air.

Jika kamu mengalami konstipasi, hal itu bisa memengaruhi kandung kemih karena konstipasi memberikan tekanan tambahan dan menyebabkan kamu lebih sering kencing. Agar lebih ampuh mengobati konstipasi, kamu bisa membuat campuran spesial. Campurkan 1 cangkir saus apel, 1 cangkir dedak oat atau dedak gandum bukan olahan, dan 3/4 cangkir jus prune. Aduk 1-2 sendok makan produk ini dengan sekitar 240 ml air, lalu minum pada malam hari.

5. Buah ini dapat membantu menurunkan berat badan.

Berkat serat yang dikandungnya, makan prune bisa membantumu kenyang lebih lama dan membantu mengatur berat badanmu. Ada dua kelompok perempuan obesitas mengikuti suatu penelitian. Satu kelompok makan prem kering sebagai bagian dari diet sehat dan turun 1,9 kg selama 12 minggu dibandingkan kelompok yang hanya diberikan saran tentang jenis-jenis camilan sehat untuk dimakan.

6. Prune menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

Orang yang berisiko terkena osteoporosis, terutama perempuan dan orang tua, mungkin akan mengalami penurunan kepadatan mineral tulang. Para peneliti dari satu penelitian mencari tahu efek makan prune pada perempuan pascamenopause yang mengalami osteopenik. Hasilnya menunjukkan bahwa prune membantu mencegah masalah ini.

7. Buah prune dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Tekanan darah tinggi terkadang tidak memiliki gejala yang tampak, tapi bisa meningkatkan risiko terkena masalah jantung, penyakit ginjal, dan masalah lainnya dalam tubuh. Itu bisa dikendalikan dengan berbagai makanan, dan prem kering adalah salah satunya! Kamu bahkan bisa menggabungkannya dengan buah kering lain seperti kismis dan kurma, lalu konsumsi sekitar delapan porsi per minggu.

8. Prune dapat memberi tambahan vitamin.

Prune juga bisa membantumu meningkatkan keseimbangan vitamin secara alami. Pertama, prune kaya vitamin A yang dibutuhkan untuk melindungi penglihatan dan meningkatkan pertumbuhan kesehatan. Kedua, buah ini mengandung vitamin C, K, dan B6 yang sangat penting untuk sistem imun, kesehatan tubuh, dan kondisi tubuh secara keseluruhan. Selain itu, prune kaya dengan nutrien penting lain, seperti tembaga dan mangan.

Buah kering apa lagi yang kamu suka? Tuliskan camilan sehat favoritmu di kolom komentar!

Kredit foto pratinjau depositphotos.com, shutterstock.com
Bagikan Artikel Ini