Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

Berapa Lama Berbagai Bahan Makanan Dicerna dan Kenapa Ini Penting Diketahui

1---
105

Dampak pencernaan terhadap penurunan berat badan sangat signifikan. Seperti banyak orang bilang, kita adalah cerminan apa yang kita makan. Tentu lamanya pencernaan yang tepat tergantung pada kesehatan fisik, metabolisme, umur, dan bahkan jenis kelamin seseorang. Tapi pada umumnya, sebagian makanan hanya ’mampir’ ke tubuhmu dalam sekejap, sedang yang lain akan bertahan dalam sistem percernaanmu untuk sementara waktu.

Kami di Sisi Terang menyiapkan artikel ini untuk membantumu menjaga pola makan yang seimbang.

Secara sederhana, lama pencernaan adalah suatu prosedur ketika makanan yang kamu makan diuraikan menjadi partikel-partikel kecil yang diangkut melalui sistem ususmu ke dalam aliran darah. Penting untuk mengetahui lama pencernaan guna menurunkan atau mempertahankan berat badan.

Makanan yang cepat dicerna

Jika makan banyak makanan yang cepat dicerna, kamu bisa mendapati dirimu makan jauh lebih banyak daripada yang seharusnya, karena segera setelah memakannya, semuanya habis dan kamu merasa lapar lagi. Jenis makanan ini memberikan peningkatan energi yang cepat—dengan kata lain, kadar glukosa melonjak. Meskipun peningkatan energi terdengar bagus, tubuhmu akan dibanjiri glukosa dan tidak menggunakannya, sehingga kelebihan glukosa ini diubah menjadi lemak.

Makanan yang lambat dicerna

Makanan yang dicerna lebih lambat meningkatkan kadar gula darahmu, sehingga memberikan energi yang lebih mantap dan seimbang. Tapi jika kamu hanya makan makanan yang lambat dicerna, kamu membuat sistem pencernaanmu bekerja maksimal sepanjang waktu dan ini membebani tubuhmu.

Para spesialis menganjurkan untuk tidak mencampur tipe makanan yang cepat dan lambat dicerna dalam satu kali makan dan menghindari makan makanan yang cepat dicerna segera setelah mengonsumsi makanan yang lambat dicerna, sebab proses pencernaan belum selesai, dan agar perutmu tidak terlalu penuh.

Waktu terbaik untuk memproses makanan yang terdiri dari berbagai komponen yang memiliki waktu pencernaan beragam adalah saat waktu makan siang, ketika sistem pencernaanmu paling aktif. Makanan untuk sarapan dan makan malam harus lebih sederhana, dengan produk-produk yang bisa dicerna dengan cepat, sehingga kamu mendapatkan peningkatan energi segera setelah sarapan dan membiarkan perutmu beristirahat di malam hari.

1. Air

Langsung memasuki usus.

2. Jus buah atau sayuran

15-20 menit

3. Sayuran mentah

30-40 menit

4.Sayuran yang sudah dimasak

40 menit

5. Ikan

45-60 menit

6. Racikan selada dengan minyak

1 jam

7. Sayuran yang mengandung pati (amilum)

1,5-2 jam

8. Biji-bijian (beras, gandum kuda, kinoa)

2 jam

9. Produk susu

2 jam

10. Kacang-kacangan

3 jam

11. Ayam

1,5-2 jam

12. Daging sapi

3 jam

13. Daging domba

4 jam

Apa kamu makan lebih banyak makanan yang lambat atau yang cepat dicerna? Bagikan pemikiranmu di kolom komentar di bawah!

1---
105
Bagikan Artikel Ini