Hindari Mengeringkan Wajahmu Menggunakan Handuk, Ini Sebabnya

Kamu mungkin mengira dudukan toiletmu adalah barang yang paling penuh kuman di rumahmu, tapi kenyataannya tidak. Bahkan, handuk yang biasa kamu pakailah yang paling dikuasai bakteri, dan jika menggunakannya untuk menyeka wajah, mungkin kulitmu akan terkena dampak negatifnya. Meski mengeringkan wajahmu dengan handuk tampaknya adalah hal yang lumrah, pada kenyataannya, kebiasaan ini bisa membawa lebih banyak kerugian dibanding manfaat.

Sisi Terang sudah mulai menimbang-nimbang untuk menjauhkan semua handuk di rumah dari wajah setelah mengumpulkan bahan untuk membuat artikel ini. Dan kalau kamu bertanya-tanya apa alternatif handuk yang bisa kamu pakai, silakan baca terus artikel ini sampai bagian bonus yang telah kami siapkan khusus untukmu di akhir artikel.

1. Handuk mungkin membuatmu jerawatan.

Mengeringkan wajah menggunakan handuk yang sama untuk mengeringkan badan bisa merusak kulit wajahmu, bahkan lebih parah dibanding yang kamu bayangkan. Handuk adalah penampung bakteri berukuran besar, dan karena kita sering menyimpannya di kamar mandi, yang udaranya lembap, lingkungan yang tercipta sangat sempurna sebagai tempat bakteri berkembang biak. Saat menggosokkan handuk di wajah, kamu memindahkan semua bakteri ini langsung ke kulitmu, yang akhirnya dapat menyebabkan timbulnya jerawat dan pori-pori tersumbat. Meski kamu menggunakan handuk terpisah untuk wajah dan bukan handuk yang kamu pakai untuk mengeringkan badan, kamu mungkin tidak mencucinya setiap hari, dan bakteri yang tidak diinginkan masih dapat menemukan jalannya ke kulitmu.

2. Kulitmu mungkin menua lebih cepat.

Saat handuk mandi yang kainnya terlalu kasar mendarat di wajahmu, kulitmu berpotensi terluka dan rusak, sehingga rentan mengalami infeksi dan timbulnya keriput. Makin sering kamu mencuci handuk, makin kasar kainmu, dan gesekannya malah akan mengelupas kulit lumayan parah.

3. Handuk mengurangi efektivitas produk perawatan kulit.

Meski mengeringkan wajah setelah mencuci tampak seperti hal yang lumrah, pada kenyataannya, kulitmu malah takkan sempat mendapatkan hasil maksimal dari produk kecantikan yang kamu pakai. Pelembapmu sebaiknya menembus kulit sebelum semua air yang ada menguap dari permukaan. Tidak memakai handuk untuk mengeringkan wajah juga akan memungkinkan produk perawatan kulitmu mengunci kelembapan kulit yang dibutuhkan agar tampak awet muda dan bercahaya.

4. Handuk bisa mengiritasi kulitmu.

Kalau kamu punya kulit sensitif, menggunakan handuk bukanlah pilihan terbaik untuk mengeringkan wajah. Sebagian besar kain handuk terlalu keras dan kasar bagi kulit, sehingga ketika digunakan untuk menyeka wajah, handukmu akan menyebabkan kulit kemerahan dan iritasi.

5. Handuk bisa membuat kulitmu berminyak.

Mungkin kedengarannya agak aneh dan malah sebaliknya, tapi mengeringkan kulit sebenarnya malah membuatnya lebih berminyak. Hal ini disebabkan oleh handuk kasar yang dapat menyapu minyak alami yang dibutuhkan kulitmu agar tetap sehat, kelenjar sebasea atau kelenjar minyak di bawah permukaan kulit harus menghasilkan lebih banyak minyak demi menyeimbangkan kulitmu yang kering, sehingga kulitmu malah terlalu berminyak.

Bonus: Cara mengeringkan wajah tanpa handuk.

Alih-alih menepuk wajahmu sampai kering menggunakan handuk, biarkan udara alami yang melakukannya. Pengeringan lewat udara alami lebih higienis dan lembut bagi kulit, dan meski butuh waktu lebih lama dibanding menyeka wajah menggunakan handuk, kulitmu akan lebih sehat dalam jangka panjang.

  • Cuci muka seperti biasa.
  • Biarkan kulitmu kering secara alami.
  • Oleskan pelembap favoritmu.

Apa kamu sering menggunakan handuk mandi untuk menyeka wajah? Kamu tahu cara alternatif untuk mengeringkan kulit selain menggunakan handuk?

Kredit foto pratinjau Shutterstock.com
Bagikan Artikel Ini