Inilah 13 Kebiasaan Sehari-hari yang Diam-Diam Membuat Berat Badanmu Naik

Kombinasi dari makanan bernutrisi, olahraga teratur, dan rencana penurunan berat badan yang dipikirkan matang-matang mungkin tidak cukup untuk membantumu menghilangkan kelebihan berat badan. Dalam hal ini, kemungkinan masih ada rutinitas kecil sehari-hari yang luput dari perhatian, dan perlu diperiksa. Hal-hal seperti lebih suka alternatif berbahan dasar nabati, obsesi terhadap olahraga atau senam, atau bahkan pilihan pakaian santaimu bisa cukup menghambat progresmu.

Jangan khawatir. Sisi Terang siap membantu. Kita cari tahu bersama yuk, kebiasaan apa saja yang perlu dihindari agar penurunan berat badan berjalan efektif.

1. Terlalu terobsesi dengan alpukat.

Alpukat memang sarat dengan berbagai lemak tak jenuh sehat serta nutrisi, mineral, dan antioksidan lain yang bermanfaat. Karena reputasi yang baik ini, orang cenderung menambahkannya ke roti bakar, telur, saus, dan bahkan smoothie mereka tanpa memperhatikan jumlahnya. Namun, alpukat agak tinggi kalori, artinya terlalu banyak alpukat tidak akan menguntungkan. Dianjurkan untuk tetap mengonsumsi setengah buah alpukat sehari untuk penurunan berat badan yang sehat.

2. Mengabaikan waktu makan siang.

Sebagian orang melewatkan makan siang karena percaya bahwa mengonsumsi makanan ringan bagus bagi mereka, sedangkan yang lain terlalu sibuk sepanjang hari sampai lupa makan. Tidak mengonsumsi cukup makanan akan membuat kamu merasa lelah dan tertekan, yang justru mengakibatkan meningkatnya nafsu makan dan pesta makanan tidak sehat nantinya. Selain itu, ini bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormonal yang menghentikan pembakaran lemak.

3. Lebih menyukai jins ketat.

Celana jins ketat membantumu tampil lebih ramping dengan menciptakan ilusi, tapi sering memakainya bisa mendatangkan beberapa masalah. Celana model ini menekan paha, bokong, dan otot-otot inti, mencegahnya melakukan fungsinya sebagai penyangga. Setelah lama dalam keadaan tertekan, berbagai organ itu menjadi tenang dan mulai tampak lunak. Untuk mencegah ini, kamu bisa secara teratur berganti gaya dengan yang lebih santai atau memijat mata kaki dan otot intimu setelah memakai celana jins model itu.

4. Beralih ke susu almon.

Kalau kamu bukan orang yang alergi laktosa atau vegan, beralih ke pengganti susu berbahan dasar nabati mungkin bukan ide terbaik bila kamu sedang berusaha menurunkan berat badan. Mereka yang mengonsumsi berbagai produk susu punya metabolisme tubuh yang baik dan peluang untuk mengalami kenaikan berat badan lebih rendah, berkat kalsium. Tapi hal ini hanya berlaku kalau dipadukan dengan diet sehat yang seimbang.

5. Menghindari karbo dan lemak.

Mengorbankan nutrisi lain demi lebih banyak protein bisa menimbulkan masalah jantung, sistem imun lemah, kekurangan vitamin, dan lebih banyak lagi. Selain itu, makanan yang tidak cukup mengandung karbo dan lemak baik akan membuat diet kamu tidak seimbang, sehingga menyebabkan kenaikan berat badan. Untuk mendapat manfaat kesehatan terbaik, pastikan yang kamu konsumsi sebagian besar adalah karbo kompleks dan lemak tak jenuh.

6. Terlalu keras terhadap tubuhmu.

Olahraga teratur bukan hanya membantumu memperoleh tubuh ramping, tapi juga merupakan cara keren untuk mengurangi stres. Namun, terlalu banyak olahraga bisa berakibat sebaliknya dan menaikkan kadar kortisolmu. Ini menyebabkan tubuhmu menimbun lebih banyak lemak dan lebih menginginkan makanan. Disarankan untuk melakukan sekitar 150 menit aerobik sedang dalam seminggu. Kelompok otot utamamu butuh latihan 2 kali seminggu.

7. Memilih produk “tanpa gula.”

Dalam jangka pendek, pemanis buatan mungkin membantu mengurangi sedikit kalori, tapi dalam jangka panjang, ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius. Pengganti gula bukan hanya memulai penurunan berat badan, tapi ada kaitannya dengan diabetes dan obesitas. Terlebih lagi, bahan-bahan ini bisa memengaruhi nafsu makan dan membuatmu ingin mengonsumsi lebih banyak makanan manis.

8. Lebih suka tinggal di rumah.

Jika tubuhmu tidak terkena sinar matahari setiap hari, kamu akan menimbun makin banyak lemak. Menurut sebuah penelitian, saat menembus kulit kita, sinar matahari juga mencapai sel-sel lemak. Setelah ini terjadi, timbunan lemak akan berkurang karena butir-butir lipid mengecil dan dilepaskan ke luar sel. Maka, cobalah keluar dan dapatkan dosis sehat sinar alami setidaknya setengah jam sehari.

9. Etikamu terlalu baik.

Makan bersama teman-teman atau keluarga bisa membuat kita mengonsumsi lebih banyak makanan daripada yang direncanakan. Kita mungkin juga merasa bersalah sebab tidak menghabiskan makanan di piring, terutama saat seseorang sudah menyiapkan makanan lezat buat kita. Tapi perasaan ini lebih membawa bahaya dibanding kebaikan, membuat kita kebanyakan makan, dan akibatnya berat badan naik.

10. Lebih menyukai kopi susu.

Kopi itu sendiri tidak mengganggu penurunan berat badan, tapi apa yang kamu tambahkan ke dalamnya jelas bisa. Alih-alih kopi hitam sederhana yang kamu minum setiap pagi, banyak orang memilih kopi manis dengan susu atau krim. Gula dan lemak dalam minuman ini bisa menambah kalori, dan meminumnya secara teratur akan cepat menaikkan berat badan. Sebagai pembanding, secangkir kopi seduh hitam hanya mengandung 4 kalori, sedang secangkir kapucino susu mengandung 110 kalori.

11. Persediaan magnesium tidak cukup.

Mineral ini bukan hanya penting bagi kesehatan impuls saraf, otot-otot, dan jantung, tapi kekurangan magnesium bisa menghambat penurunan berat badanmu. Magnesium membantu memperbaiki kepekaan insulin dan pengendalian glukosa. Meningkatkan magnesium berdampak positif dalam memperbaiki dan mempertahankan berat badan yang sehat. Cokelat hitam, kacang-kacangan, polong-polongan, dan ikan berlemak bisa membantu menaikkan kadar magnesium.

12. Terlalu berlebihan dengan pemanis alami.

Pengganti gula alami, seperti sirup mapel atau madu, adalah alternatif bagus, tapi jangan lupa, bahan-bahan ini juga mengandung gula. Misalnya sesendok makan sirup mengandung 12 gram gula, sedang sesendok makan madu mengandung 17 gram gula. Ini tidak berarti kamu harus meniadakan total kedua produk ini, tapi harus berhati-hati dengan jumlahnya saat menambahkannya ke dalam makananmu.

13. Mengonsumsi vitamin gummy.

Jika kamu sudah berusaha menerapkan gaya hidup sehat tapi tidak juga terjadi penurunan berat badan, maka mungkin kamu perlu mengecek suplemenmu. Kalau mengonsumsi vitamin gummy alih-alih pil biasa, kamu harus tahu biasanya vitamin kenyal itu mengandung tambahan gula. Tentu ini tidak akan langsung membuatmu gemuk, tapi bisa cukup memperlambat penurunan berat badan.

Kebiasaan mana yang kamu lakukan?

Bagikan Artikel Ini