Sisi Terang
Sisi Terang

7 Kebiasaan Ini Bisa Dilakukan Wanita Indonesia kalau Mau Awet Muda

Meski sering terpapar sinar matahari, kulit wanita Indonesia tetap bisa terlihat cantik. Seperti yang dilakukan banyak budaya lain, wanita Indonesia bisa menggunakan beragam sumber daya alam yang ada dari negara kita sendiri. Beberapa rahasia ini kuno, namun tetap efektif, dan bisa membawa manfaat besar bagi seluruh tubuh.

Sisi Terang yakin bahwa perawatan kecantikan kuno sangat bermanfaat bagi jiwa dan raga, dan kami akan berbagi beberapa rahasia kuno ini sekarang.

1. Minum minuman khas Indonesia

Jamu adalah minuman tradisional Indonesia yang terbuat dari bahan-bahan alami. Jamu sudah dipakai selama berabad-abad untuk menjaga kesehatan, dan sekarang, kamu bisa memesannya di restoran dan kafe-kafe Indonesia.

Kamu bisa mencoba resep ini:

  • Kunyit — 125 gram
  • Jahe — 20 gram
  • Lada hitam — sejumput
  • Lemon — 2 sendok makan
  • Madu — 2 sendok makan
  • Air kelapa — 4 gelas

2. Menggunakan teknik lulur kuno

Kita punya ritual khusus untuk membersihkan, melembutkan, dan menjernihkan kulit. Ini disebut perawatan lulur dan awalnya merupakan ritual pernikahan. Prosedur ini punya 4 langkah:

  1. Pembersih kaki dan lulur terbuat dari tepung beras, daun pandan, kayu manis, dan kunyit.
  2. Selanjutnya, pijat seluruh tubuh dengan minyak kelapa murni dan tekanan telapak tangan.
  3. Gunakan dalam keadaan segar untuk menyeimbangkan PH.
  4. Lalu berendam di dalam bak penuh kelopak bunga harum.

Tentu saja, kamu tak bisa melakukan pijatan seluruh tubuh sendiri, tapi setidaknya kamu bisa mencoba lulur ini di rumah. Resepnya tidak rumit dan sudah terbukti efektif selama berabad-abad.

3. Menerapkan boreh tradisional Bali

Satu lagi ritual tradisional dan kuno asal Indonesia adalah Boreh dari Bali. Boreh adalah masker atau lulur tubuh yang menghangatkan dan bisa meredakan nyeri otot sekaligus merangsang sirkulasi darah.

Selain itu, boreh digunakan untuk membersihkan pori-pori dan melepaskan racun. Kamu bisa melumurinya di seluruh tubuh atau mencobanya hanya pada area tertentu, misalnya tangan. Untuk membuat masker ini, warga Bali mencampurkan jahe, kayu manis, kopi, cengkih, kunyit, beras, tepung beras, dan lada hitam.

4. Menggunakan masker perut

Ada satu ritual populer yang dilakukan kalangan ibu-ibu hamil Indonesia. Kamu perlu mengoleskan masker khusus ini ke perut. Masker ini terbuat dari beras giling dan kencur. Masker ini meningkatkan elastisitas kulit dan membantu mencegah stretch mark.

Setelah seorang wanita melahirkan, bidan memberikan pijatan pascapersalinan secara teratur dan kemudian mengaplikasikan lulur herbal ini di perut.

5. Menerapkan perawatan ala Indonesia sehari-hari

Selain ritual kecantikan khusus, masyarakat Indonesia juga punya perawatan rutin sehari-hari. Salah satunya adalah bedak dingin. Bedak dingin adalah masker wajah yang bahkan digunakan bangsawan di masa lalu.

Bahan utamanya adalah tepung beras, yang mengandung vitamin B dan tiamin. Berkat bahan-bahan tersebut, masker ini menjaga kelembapan dan melindungi wajah dari sengatan matahari. Saat ini, kamu bisa membeli masker siap pakai di toko kosmetik atau membuatnya sendiri.

Selain itu, untuk toner, kamu bisa menggunakan air beras. Ambil setengah cangkir beras dan tambahkan air. Biarkan terendam selama beberapa menit sampai airnya berubah menjadi keruh. Tuang airnya ke gelas lain. Kamu bisa menyimpan toner ini di kulkas.

6. Minum air kelapa setiap hari

Wanita Indonesia dianjurkan minum air kelapa setiap hari. Kelapa penuh dengan vitamin dan mineral, bebas lemak, bisa meningkatkan metabolisme, dan mencegah kulit kering. Saat ini, kita tidak perlu memotong kelapa asli untuk mendapatkan airnya. Kamu bisa menemukan yang sudah siap konsumsi di sebagian besar pasar atau toko.

7. Menambahkan alpukat segar ke kondisioner rambut

Kita juga biasa menggunakan kondisioner rambut dengan creambath tradisional. Kalau rambutmu kering, kamu bisa menambahkan alpukat segar ke kondisionermu. Kemudian, pijat dan panaskan selama beberapa menit sebelum dibilas.

Cara tradisional apa yang sering kamu pakai untuk menjaga kecantikanmu? Apa kamu pernah mencoba jus dengan kunyit? Apa kamu menyukainya?

Kredit foto pratinjau puspadewihc / Instagram
Sisi Terang/Khusus cewek/7 Kebiasaan Ini Bisa Dilakukan Wanita Indonesia kalau Mau Awet Muda
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya