Sisi Terang
Sisi Terang

8 Prosedur Kecantikan yang Mungkin Sebaiknya Kamu Hindari

Ada banyak tips kecantikan di internet, tapi terkadang itu malah merusak kulit daripada memberi manfaat, terutama kalau kamu punya kulit sensitif. Dan mengaplikasikan masker kunyit pada wajah bisa menjadi mimpi buruk. Karena kulit tidak suka eksperimen dan butuh perawatan yang layak.

Kami di Sisi Terang mencoba menghindari bahaya yang bisa disebabkan oleh prosedur kecantikan tertentu dan ingin membagikan apa yang bisa membahayakan kulitmu.

1. Menggunakan masker buatan sendiri yang bisa mengubah warna kulit

Masker alami bisa membantu kulit kita, tapi hati-hati dengan bahan-bahan yang kamu gunakan. Beberapa bahan bisa mengubah warna kulitmu, seperti wortel atau kunyit. Situasi ini terjadi pada penulis blog yang kulitnya menjadi kuning setelah percobaan itu.

2. Menggunakan minyak kelapa pada wajah

Menurut ahli, minyak kelapa menyebabkan kulit berkomedo. Akibatnya, minyak itu menyumbat pori-pori sehingga kemungkinan besar menimbulkan beruntus dan blackhead. Hal yang sama berlaku pada kulit tubuhmu. Jika kamu ingin merawat kulitmu, lebih baik gunakan krim yang dibuat khusus untuk itu.

3. Menggunakan lemon untuk mencerahkan kulit

Lemon memiliki pH 2-3 dan bisa merusak lapisan pelindung kulit. Sebagai perbandingan, pH kulit kita antara 4-5. Meskipun menggunakan lemon bisa sedikit mencerahkan wajah, tapi jika terpapar matahari, kulit bisa melepuh dan iritasi.

4. Menggunakan cuka apel untuk menutup bau tubuh

Kamu bisa menemukan beberapa tips tentang cara menggunakan cuka apel untuk menyembunyikan bau badan di internet, tapi itu tidak disarankan karena bisa menyebabkan luka bakar dari kandungan asamnya yang kuat. Setelah mengaplikasikannya, kulitmu bisa iritasi, terutama jika cukanya tidak ditambah air.

5. Melakukan eksfoliasi dengan soda kue dan kopi

Soda kue bisa berfungsi sebagai eksfolian kulit dan meluruhkan sel kulit mati serta bakteri. Tapi di sisi lain, kulit bisa rentan kehilangan kelembapan dan menjadi kering. Kehilangan lapisan pelembap juga menyebabkan pertumbuhan bakteri asing.

6. Mengaplikasikan pasta gigi untuk mengempeskan jerawat

Sebaiknya hindari mengaplikasikan pasta gigi pada jerawat untuk membuatnya kering karena kemungkinan itu akan membuat kulit melepuh dan iritasi, terutama wajah. Selain itu, pasta gigi bisa menyebabkan kemerahan yang disebut dermatitis kontak.

7. Menggunakan uap untuk menenangkan kulit

Uap berlebihan bisa membuat kulit iritasi dan kering. Pastikan kamu tidak sering-sering melakukan prosedur ini dan atur suhu uapnya. Panas bisa memecah kolagen, membuat keriput lebih cepat muncul.

8. Menggunakan losion tubuh untuk wajah

Losion dibuat hanya untuk tubuh dan bisa membuat kulit wajah yang sensitif kering dan/atau iritasi. Kulit di tubuh lebih tebal dan bisa lebih tahan terhadap aroma kuat dan bahan yang lebih murah.

Apa prosedur atau produk kecantikan favoritmu? Kamu suka melakukan prosedur DIY? Ceritakan di kolom komentar!

Kredit foto pratinjau Depositphotos.com
Sisi Terang/Khusus cewek/8 Prosedur Kecantikan yang Mungkin Sebaiknya Kamu Hindari
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya