Sisi Terang
Sisi Terang

Air Kelapa dan 7 Rahasia Kecantikan Lainnya dari Brasil yang Akan Membuatmu Awet Muda

Wanita Brasil terkenal karena kecantikannya. Mereka menyukai rambut yang lembut dan sehat, sangat peduli dengan kuku, dan yang terpenting—mereka percaya akan kekuatan kecantikan alami. Karena tidak terlalu banyak memakai riasan maupun perhiasan, mereka kebanyakan mengandalkan rahasia kecantikan milik mereka sendiri yang telah diturunkan secara turun-temurun. Rahasia kecantikan seperti ini telah diajarkan sejak usia dini, dan sering kali menjadi tren dalam industri kecantikan yang didasarkan pada rutinitas yang sudah mereka praktikkan sehari-hari.

Kami di Sisi Terang sangat suka menggali segala jenis rahasia dari budaya yang ada, dan para wanita Brasil ini benar-benar membuat kami terpesona oleh tren kecantikan mereka.

1. Minum air kelapa.

Air kelapa terkenal mampu mencerahkan dan melembapkan kulit karena mengandung banyak vitamin dan mineral. Jika kamu memiliki jenis kulit kering, berjerawat, atau menginginkan sesuatu untuk membantu mencegah penuaan kulit, mengoleskan air kelapa langsung pada kulit bisa menjadi solusi yang tepat. Meski begitu, para ahli menyarankan bahwa mengonsumsi air kelapa sebenarnya lebih efisien dalam hal mengurangi kerutan, melembapkan, dan mencerahkan kulit. Disarankan untuk meminumnya tanpa adanya tambahan gula atau bahan pengawet.

“Kita semua tahu air kelapa bisa merawat kulit dari luar maupun dalam dengan luar biasa. Rasanya juga sangat enak, jadi air kelapa juga bisa jadi camilan yang enak.” — Adriana Lima

2. Gosokkan pasir pada kulitmu.

Untuk mencegah pori-pori tersumbat dan berjerawat, penting untuk mengangkat sel kulit mati pada kulitmu. Pasir basah bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mengangkat semua sel kulit mati dari kaki maupun tanganmu. Pasir bisa melakukan eksfoliasi dengan cukup ampuh, walau tidak begitu lembut, sehingga menggosok pasir pada kulit secara perlahan akan memberi manfaat bagi kulitmu. Hindari menggosok pasir pada area wajah, karena sebagian orang memiliki kulit yang sensitif.

3. Minum jus wortel.

Jus wortel memiliki banyak manfaat kesehatan, mulai dari meningkatkan kesehatan mata hingga meningkatkan imunitas, sehingga mengonsumsi jus wortel sangatlah baik bagi kulitmu—wortel mengandung banyak vitamin C yang baik untuk produksi kolagen. Tidak hanya memperkuat dan menambah elastisitas kulit, tetapi kandungan jus wortel juga dapat melindungimu dari kerusakan kulit akibat sinar matahari.

4. Mencoba pijat limfatik.

Pijat limfatik adalah versi pijat yang agak lembut yang membantu untuk menghilangkan rasa sakit akibat pembengkakan di bagian lengan dan kaki. Jenis pijat ini bisa menghilangkan hasil pembuangan dari tubuh dan secara alami membersihkan sistem limfatik. Namun, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter dahulu sebelum melakukan pijatan semacam ini.

“Rahasiaku adalah pijat limfatik. Pijat ini merupakan pijatan khusus (yang meningkatkan) sirkulasi dan (mengurangi) retensi air. Pijat ini benar-benar perawatan yang tidak dilewatkan oleh kebanyakan orang Brasil.” — Amanda Wellsh

5. Oleskan air laut pada rambut dan kulitmu.

Jika kamu biasa merawat rambut dan menghidrasinya, cobalah tata rambutmu tanpa hawa panas dengan mengoleskan air laut sesekali. Air laut mengandung kristal garam yang membuat tampilan rambutmu layaknya gelombang pantai, sehingga menambah volume dan membuatnya lebih lebat.

Bukan hanya baik untuk rambut, air laut juga bagus untuk kulit. Air jenis ini dapat membantu mengobati eksem, mengurangi reaksi alergi pada kulit, dan mengeksfoliasi kulit. Tidak heran jika para model Brasil terlihat sempurna.

6. Tambahkan rumput laut ke dalam makananmu.

Secara umum, rumput laut dikenal sangat menyehatkan bagi tubuh, seperti membantu menurunkan berat badan dan melindungi jantung—tetapi ternyata rumput laut juga sangat bermanfaat untuk kulit.

Rumput laut memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan. Tidak hanya itu, rumput laut juga mengandung sifat melembapkan yang bisa mencegah munculnya jerawat. Selain itu, rumput laut juga bisa membantu meratakan warna kulitmu dan menjadi sumber nutrisi untuk melambatkan proses penuaan. Kamu cukup menambahkannya ke dalam makananmu sebagai topping atau ke dalam sup sayuran favoritmu.

7. Pakailah produk perawatan kulit yang mengandung minyak açaí.

Açaí berry dikenal sebagai “buah super” Brasil dan bahkan mengandung lebih banyak antioksidan dibanding stroberi, bluberi, dan rasberi. Açaí berry terkenal sebagai elemen bernutrisi untuk memperlambat proses penuaan kulit. Mengonsumsi buah ini juga dikenal sebagai cara yang menyegarkan guna meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Memakai produk perawatan kulit yang mengandung minyak açaí juga bisa membantu kulitmu terlihat kencang, menghilangkan bekas luka, stretch mark, dan kulit kering.

“Menurutku, setiap pengunjung atau atlet di Brasil harus mencoba açaí. Açaí merupakan buah beri super yang nyaris dihidangkan semua orang dalam mangkuk buah maupun smoothie. Rasanya lezat, sehat, dan bagian terbaiknya adalah kamu sangat mudah menemukannya.” — Lais Ribeiro

8. Manfaatkan brown sugar sebagai scrub wajah dan tubuh.

Kamu juga bisa memanfaatkan bahan rumahan untuk mengeksfoliasi kulitmu, misalnya brown sugar (gula cokelat). Gula jenis ini tidaklah sekeras garam Epsom saat digosokkan pada kulit—jadi, meskipun kamu punya kulit sensitif, kamu tetap bisa memanfaatkan brown sugar. Mungkin tubuhmu terasa sedikit lengket saat awal-awal menggosoknya, maka bilaslah dengan hati-hati setelah proses eksfoliasi.

“Bibiku mengajariku cara membuat scrub yang sangat bagus di rumah: brown sugar ditambah kelapa lumat dan sedikit air, hasilnya setara dengan scrub wajah dan tubuh terbaik sekalipun. Gula jenis ini ampuh menghilangkan seluruh kulit mati, membuat kulitmu terasa sangat lembut.” — Emanuela de Paula

Manakah dari rahasia kecantikan asal Brasil di atas yang pernah kamu coba? Apa khasiat yang kamu rasakan?

Sisi Terang/Khusus cewek/Air Kelapa dan 7 Rahasia Kecantikan Lainnya dari Brasil yang Akan Membuatmu Awet Muda
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya