Sisi Terang
Sisi Terang

Alasan Wanita India Tidur Mengepang Rambut dan Bagaimana Hal Ini Bisa Mengubah Rambutmu

Para wanita India memiliki rambut panjang berkilau yang sangat indah, dan merawat rambut sudah mengakar dalam budaya mereka. Banyak rahasia kecantikan yang diwariskan oleh para ibu dan nenek di India dari generasi ke generasi, dan salah satunya adalah mengepang rambutmu tiap malam sebelum tidur.
Dipercaya dalam budaya India bahwa jika para wanita tidur dengan rambut terurai, mereka akan lebih terpapar energi negatif. Kenyataannya, mengepang sebelum tidur bisa membuat rambut tampak lebih berkilau dan bervolume, dan bahkan mencegah rambut acak-acakan.

Di Sisi Terang, kami tak sabar untuk mencari tahu rahasia di balik rambut indah wanita India. Dari kerusakan sampai pertumbuhan rambut, baca terus untuk menemukan bagaimana tidur dengan rambut dikepang bisa membantumu mendapatkan rambut impian.

1. Membantu mencegah rambut bercabang.

Memotong rambut beberapa sentimeter akan membantumu mengatasi rambut bercabang untuk sementara, tapi kalau kamu tidak melakukan perubahan terhadap rutinitas perawatan rambut, kerusakan yang menyebalkan itu akan muncul lagi. Rambut menjadi bercabang ketika kamu memakai produk kimia yang keras atau terlalu sering mem-blow-dry rambutmu, dan cara tidur juga bisa berdampak terhadap kesehatan dan kecantikan rambutmu.

Ketika kamu membolak-balikkan badan saat tidur, rambutmu mengalami friksi (gesekan) dengan sarung bantal, yang akhirnya menyebabkan rambut patah. Mengepang rambut mengurang friksi ini serta melindunginya dari kerusakan.

2. Rambutmu akan tampak lebih berkilau.

Untuk tampilan terbaik, rambutmu butuh kelembapan, dan tidak mengejutkan kalau banyak produk perawatan rambut menjanjikan akan melembapkan dan menghidrasi kembali rambutmu. Ada banyak alasan kenapa rambutmu tidak bisa mempertahankan kelembapan alaminya, faktanya, rambut bisa kering dalam semalam. Mengepang rambut sebelum tidur membantu mengunci kelembapan yang sangat dibutuhkan karena struktur kepang yang tumpang tindih menjaga rambutmu tetap terhidrasi.

3. Tidak ada lagi rambut kusut.

Jika kamu mengepang rambut secara teratur sebelum tidur, ini akan membantu mencegah kekusutan di pagi hari. Di samping menghemat waktu yang kamu habiskan untuk mengurai rambut kusut, mengepang bisa memastikan berkurangnya rambut rontok saat disisir.

4. Mengepang adalah cara alami mengatasi rambut berantakan.

Produk anti-frizz bisa membantumu menjinakkan rambut yang suka berantakan dan sulit diatur untuk sementara waktu, tapi produk ini penuh bahan kimia, dan bahkan bisa menyebabkan masalah jerawat. Mengepang rambut sebelum tidur adalah cara mudah dan terjangkau untuk menyingkirkan rambut susah diatur. Karena rambut berantakan timbul ketika kelembapannya berkurang, mengepangnya dapat membantu menghindari dehidrasi dan membuat rambutmu halus alami.

5. Bisa membantu rambutmu tumbuh lebih cepat.

Jika rambutmu rusak, maka tampilannya tidak keren dan terasa tidak enak, dan kerusakan itu bahkan bisa berdampak terhadap pertumbuhan rambut. Jika menjadi terlalu lemah dan rapuh, rambut bisa patah, sehingga menghalangimu dari memperoleh rambut impian. Di samping mengatasi rambut berantakan, mengepangnya bisa membantumu menghindari penataan rambut dengan panas buatan dan pemakaian bahan kimia, yang dapat membuat rambut tumbuh lebih kuat.

6. Menghemat waktumu di pagi hari.

Jika kamu bukan orang yang biasa bangun pagi, mengepang rambut di malam hari bisa memberikan waktu tidur tambahan yang sangat dibutuhkan di pagi hari. Meluangkan waktu beberapa menit saja untuk mengepang rambut di malam hari adalah cara mudah memperoleh rambut ikal sehat dan tanpa susah payah menata esok paginya.

Apa kamu pernah mencoba tidur dengan rambut dikepang? Apa kamu tahu rahasia lain yang digunakan wanita India dalam merawat rambut mereka?

Kredit foto pratinjau Shutterstock.com, Pexels.com
Sisi Terang/Khusus cewek/Alasan Wanita India Tidur Mengepang Rambut dan Bagaimana Hal Ini Bisa Mengubah Rambutmu
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya