Sisi Terang
Sisi Terang

Inilah 15+ Trik yang Dipakai Semua Salon Kecantikan, tapi Tidak Pernah Diungkapkan Kepadamu

Halo, namaku Natalia. Aku manajer salon kecantikan biasa: kami memiliki harga rata-rata dan tenaga profesional bersertifikat. Mungkin kamu pernah menggunakan jasa seperti yang kami sediakan suatu saat dalam hidupmu. Semua perusahaan memiliki rahasia tersendiri dan kamu harus mengetahuinya sebelum pergi ke penata rambut.

Khusus untuk Sisi Terang, akan kusampaikan apa yang terjadi di balik layar salon kecantikan dan apakah prosedur perawatan rambut mahal benar-benar layak dilakukan.

Sebagian prosedur perawatan tidak sepadan dengan uang yang dibayarkan

  • Botox rambut luar biasa populer: setelah dilapisi dengan produk khusus, rambut menjadi halus, berkilau, dan elastis, serta tidak begitu sering patah. Pertama, produk ini akan membuat rambutmu lebih terang 1-2 tingkat warna. Dan kedua, 2-3 bulan kemudian, efek Botox akan memudar dan rambut akan tampak sama persis seperti sebelum menjalani prosedur, atau bahkan lebih parah. Agar rambut halus dan bercahaya lagi, kamu harus membayar setidaknya Rp1 juta kepada salon kecantikan, beberapa kali setahun (makin panjang rambut, makin mahal biayanya). Jika kamu belum siap untuk mengeluarkan uang sebanyak ini, lebih baik jangan coba-coba memulai.
  • Perawatan populer lain di antara tawaran salon adalah potong rambut dengan gunting panas. Biayanya dua kali lebih mahal dibanding potong rambut biasa, karena menggunakan gunting panas khusus. Dan gunting itu memanaskan ujung-ujung rambut, yang mencegah ujung rambut bercabang. Tapi, jika kamu memotong rambut secara teratur, penata rambutmu juga akan memotong ujung bercabang. Kebanyakan orang menggunakan jasa ini sekali dan tidak melihat manfaat membayarnya lagi.
  • Sangat sering, klien kecewa setelah rambut mereka dilaminasi: ya, rambut menjadi lebih barcahaya dan halus, tapi produk perawatan itu terbilas dalam waktu beberapa minggu. Salah satu klien kami datang kepada kami sambil menangis: rambutnya dilaminasi di salon lain. Dia keramas dua kali dan kelihatan seperti tidak pernah menjalani prosedur itu.
  • Hal yang sama berlaku pada pemulihan keratin dan pelurusan: ini bukan prosedur perawatan, tapi bersifat kosmetik. Nutrisi yang berguna tidak bisa masuk ke dalam rambut, produk itu cuma melapisi rambut dari luar dan membuatnya tampak lebih tebal dan halus secara visual. Dan seperti pewarna rambut lainnya, ini juga akan hilang terbilas dalam hitungan beberapa minggu dan rambut akan tampak seperti sebelumnya.
  • Dari pengalamanku berkomunikasi dengan klien dan mengamati pekerjaan para profesional, menjaga kondisi kesehatan rambut tanpa prosedur salon yang sangat mahal adalah mungkin. Cukup lakukan pemotongan ujung rambut secara teratur, jangan terlalu sering memakai catok pengeriting rambut, gunakan produk pelindung panas sebelum memakai pengering rambut, dan memakai krim khusus untuk ujung rambut. Dan tentu, jangan siksa rambut dengan prosedur mencerahkan warna rambut.
  • Fakta menarik tentang pewarnaan rambut: sekitar 95% klien kami mewarnai rambut mereka dengan gaya balayage dan ombre. Bahkan sulit membedakan antara yang satu dengan yang lain. Dan gadis yang hasilnya menonjol adalah mereka yang memakai warna yang lebih alami atau warna kuat. Menyemir rambut dengan satu warna lebih murah dan kerusakannya minimal.

Terkadang, kamu terang-terangan ditipu.

  • Sebagian salon kecantikan “canggih” mengajari karyawan mereka untuk menipu klien: mereka memakai produk murah yang tampak seperti mahal dan mereka memakaikan masker rambut mahal tanpa meminta pesetujuan klien, kemudian memasukkannya ke dalam tagihan. Penata rambut yang jujur mencampur pewarna rambut langsung di depan klien mereka dan selalu bertanya apakah klien menginginkan prosedur tambahan. Kamu berhak tidak membayar prosedur yang tidak kamu minta.
  • Beberapa penata rambut yang tidak jujur menyembunyikan pewarnaan yang buruk memakai tonik. Kamu baru akan melihat warna aslinya setelah keramas di rumah. Jika ini terjadi, pergilah ke salon itu dan ceritakan apa yang terjadi—mereka harus memperbaiki semua kesalahan itu. Dan kalau tidak mungkin mencapai warna yang diminta dari upaya pertama, mereka harus memberitahukan hal ini kepadamu di awal.
  • Selalu perhatikan sertifikat penata rambut: profesonal yang baik mengikuti kursus-kursus untuk meningkatkan level mereka. Ini sangat penting ketika mereka harus melakukan pewarnaan yang sulit. Sekarang ada banyak teknik, dan tidak mungkin mempelajari semuanya hanya dengan menonton video tutorialnya saja. Jika kamu tidak yakin dengan seorang penata rambut, tanyakan sertifikatnya, jangan percaya kepada kata-katanya.
  • Bahkan salon kecantikan paling mahal pun bisa mencoba menipumu. Salah satu karyawan kami bercerita bahwa bosnya yang sebelumnya menyuruh mereka mencuci sarung tangan sekali pakai, dan mengisi botol produk mahal dengan produk yang murah karena dia mencoba menghemat uang.

Tentang harapan yang gagal dipenuhi

“Bagaimana mungkin meluruskan rambutku seperti yang dilakukan salon itu?” "

  • Ada pendapat umum bahwa potongan rambut tertentu tampak bagus pada siapa saja. Di satu sisi, beberapa potongan klasik tampak bagus hampir pada tipe wajah apa pun. Tapi sebelum potong rambut, selalu dengarkan pendapat tenaga profesional. Jika dia yakin bahwa jenis rambutmu tidak akan cocok dengan potongan tertentu, mungkin hal itu benar: setelah dipotong dan ditata, rambutmu tampak bagus, tapi apa yang akan kamu lakukan esok paginya? Kamu terpaksa akan memakai catok rambut dan peralatan lain.
  • Jika kamu putuskan untuk mengganti warna rambut secara dramatis, dan sebelumnya kamu memakai henna, pastikan penata rambutmu tahu tentang hal itu. Henna alami memiliki pigmen kuat dan tangguh, tidak seperti produk pewarna buatan. Hasil pewarnaan rambut yang sebelumnya diwarnai dengan henna mungkin tak terduga.
  • Berita buruk bagi mereka yang ingin menyemir rambut dengan warna yang tidak biasa, misalnya hijau atau ungu. Warna-warna ini tidak bertahan lama. Dan untuk memperlama kecerahannya, kamu harus mengulangi prosedurnya tiap bulan.
  • Salah satu klien reguler kami telah lama menyemir rambutnya dengan warna merah lalu dia putuskan untuk mengubah warnanya menjadi ungu. Kami harus mencucinya sampai 3 kali, lalu kami warnai rambutnya. Rambutnya sangat panjang, jadi prosedur itu memakan waktu 6 jam. Selama setahun, gadis itu berjuang untuk mempertahankan warna dan gaya rambutnya—wananya agak pink dan kotor, dan rambutnya sulit ditata, serta menjadi sangat rapuh.
  • Omong-omong, untuk rambut warna cerah, ada trik kecil: agar rambutmu tidak rusak, kamu bisa memakai ekstensi rambut (beberapa berkas saja). Kamu bisa menyemirnya dengan warna apa saja dan menggantinya 5 tahun kemudian.

Tentang keunikan klien

  • Kami bukan salon termahal di kota dan harga-harga kami sangat menarik. Tapi sebagian klien masih berusaha agar kami memberikan diskon cukup besar. Kadang salon mengambil jalan tengah, tapi kamu harus mengerti bahwa biaya potong rambut juga mencakup cuci rambut dengan sampo profesional, memakai kondisioner, dan tata rambut. Klien yang ingin membayar lebih murah cuma memperoleh potong rambut saja. Dan yang paling lucu adalah beberapa klien akhirnya masih kecewa—mereka menginginkan semua layanan dengan setengah harga.
  • Suatu ketika, seorang klien minta kami menata rambutnya—dia ingin rambut ikal. Penata rambut melaksanakan tugasnya, dan klien pergi ke pesta perusahaannya. Dua hari kemudian, dia kembali dan meminta uangnya dikembalikan. Dia kira ikal itu akan bertahan selama 2 minggu!

Apa kamu pernah menggunakan jasa perawatan rambut mahal? Layanan mana yang menurutmu tidak sepadan dengan uang yang kamu keluarkan dan mana yang cuma bisa dilakukan oleh tenaga profesional?

Kredit foto pratinjau Depositphotos
Sisi Terang/Khusus cewek/Inilah 15+ Trik yang Dipakai Semua Salon Kecantikan, tapi Tidak Pernah Diungkapkan Kepadamu
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya