8 Alasan Psikologis Kenapa Orang Lain Tampak Lebih Menarik Dibandingkan Kita

Kita cenderung berpikir bahwa cantik dan tampan itu relatif. Namun, seperti yang dibuktikan penelitian, ini tidak sepenuhnya benar. Malah, kenyataannya masih abu-abu. Standar ketertarikan tentunya sangat luas. Namun, preferensi pribadi kita memainkan peran yang lumayan besar juga.

Kami di Sisi Terang memutuskan untuk mendalami topik ini dan mencari tahu fitur apa yang kita anggap lebih menarik tanpa kita sadari.

1. Pupil

Pupil berubah ukuran sebagai respons perasaan kita, ia semakin besar saat kita senang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kita secara tidak sadar menganggap orang dengan pupil yang besar lebih menarik karena mengindikasikan bahwa mereka juga tertarik kepada kita. Dahulu, wanita Italia dengan sengaja memperbesar pupil mereka menggunakan sari beracun tanaman belladonna agar menarik di mata para pelamar pria.

2. Proporsi pinggang

Proporsi bagian pinggang hingga panggul selalu dianggap salah satu fitur yang paling penting pada penampilan wanita. Dan seperti yang ditunjukkan beberapa penelitian, lebih rendah rasio bagian pinggang-panggul, wanita akan tampak lebih menarik bagi pria.

3. Keseimbangan wajah

Para peneliti telah menetapkan bahwa kita menganggap orang dengan wajah simetris lebih menarik dibandingkan wajah orang yang kurang simetris karena reseptor visual kita dapat memprosesnya jauh lebih mudah. Alasan lainnya adalah secara biologis, kita mengasosiasikan wajah simetris dengan gen bagus.

4. Penampilan rata-rata

Berdasarkan penelitian, kita lebih memilih penampilan yang tampak lebih umum bagi kita. Hal ini didukung dengan beberapa penjelasan: kita mengaitkannya dengan kelebihan biologis seperti gen bagus, atau otak kita lebih memilih wajah yang tipikal.

5. Makanan

Ada penelitian kecil yang menunjukkan bahwa preferensi makanan dapat membuat pria lebih menarik bagi wanita. Aroma tubuh pria yang baru memakan buah dan sayuran dianggap jauh lebih disukai daripada pria yang banyak memakan makanan seperti roti dan pasta.

6. Suara

Menurut penelitian, wanita mengasosiasikan pria yang bersuara lebih rendah dengan kedewasaan. Dengan begitu, mereka dianggap lebih menarik.

7. Aroma

Aroma wanita dapat menambah ketertarikannya terhadap pria. Namun ini hanya berlaku pada aroma tertentu saja, yakni yang terkait dengan hormon reproduksi wanita. Seperti yang dijelaskan sebuah penelitian, wanita jauh lebih menarik bagi pria saat dalam masa ovulasi karena tingkat hormon pada masa itu lebih tinggi dalam satu siklus, dan itu menunjukkan mereka dalam masa subur.

8. Rasa

Saat berciuman, kita bertukar banyak bakteri. Hal ini, menurut penelitian, juga memiliki makna tersendiri, yaitu membantu kita mencari tahu apakah kamu dan dia adalah pasangan yang tepat. Jadi, rasa seseorang dapat menentukan apakah mereka menarik bagi kita atau tidak.

Fitur apa yang menjadi perhatianmu saat bertemu seseorang? Ceritakan jawabanmu kepada kami!

Bagikan Artikel Ini