Sisi Terang
Sisi Terang

10 Aturan agar Rambut Sehat dan Berkilau Tanpa Menghabiskan Banyak Waktu di Salon

Rambut sehat bukan saja dipengaruhi gen yang bagus, tapi juga perawatan setiap hari. Meskipun kamu tidak akan melihat hasilnya dalam sehari setelah memulai perawatannya, ada peluang hasilnya akan terlihat dalam satu atau dua bulan. Namun, merawat rambut harus dilakukan dengan hati-hati dan ada aturan tertentu yang harus kamu ikuti.

Kami di Sisi Terang memutuskan untuk mencari tahu apa saja yang dapat membantu rambut terlihat cantik bahkan setelah seharian bermain di pantai.

Minyak rambut

Ini mungkin terdengar seperti sesuatu yang pasti akan membuat rambutmu terlihat lebih menawan, tapi minyak rambut terbaik pun harus dioleskan dengan benar. Jangan mengoleskan langsung di akarnya karena akan membuat rambut lebih berat, cukup oleskan di ujungnya. Selain itu, gunakan minyak rambut sebelum keramas, lalu ikat rambut, dan jangan membasahinya selama beberapa saat. Uap panas yang bercampur dengan minyak akan membuat rambutmu lebih sehat dan lembut.

Kondisioner

Banyak dari kita memakai kondisioner dengan mengoleskannya ke seluruh rambut dan menggosoknya secara menyeluruh sampai ke kulit kepala. Langkah ini tidak tepat. Sama seperti minyak rambut, kondisioner tidak dimaksudkan untuk kulit kepala, tapi untuk ujung rambut. Cara paling tepat adalah dengan mengoleskannya di bagian ujung rambut. Penting juga untuk membilas rambutmu dengan benar untuk memastikan rambutmu bersih dan tidak ada kondisioner yang tertinggal di rambut.

Karet rambut

Memilih ikat rambut yang tepat adalah investasi yang baik, terutama jika rambutmu panjang, karena kamu pasti menggunakannya setiap hari. Lebih baik memilih karet rambut yang terbuat dari kain daripada yang plastik. Yang terbaik adalah yang terbuat dari sutra. Harganya memang lebih mahal, tapi sepadan mengingat pita elastis sutra sangat lembut pada rambut, mencegah kusut, dan meminimalkan rambut kusut yang selalu terjadi saat kita melepaskan karet rambut setelah seharian memakainya.

Topi renang

Jangan lupa untuk mengenakan topi renang saat berenang di kolam renang atau bermain di taman air (walaupun topi ini tidak membuat penampilanmu jadi keren). Air kolam yang sangat diklorinasi dapat mengiritasi rambut. Selain itu, saat berenang, rambut akan menciptakan ketahanan tambahan terhadap air. Pastikan topimu pas di kepala dan tidak menimbulkan banyak tekanan.

Produk mengandung SPF

Sangat penting untuk menyertakan pelembap tambahan dalam rutinitas perawatan rambutmu selama musim kemarau (misalnya, dengan mengoleskan kondisioner yang didiamkan semalaman). Juga, perhatikan produk rambut yang memiliki komponen SPF dalam komposisinya. Hal ini akan membantu rambutmu tetap terlindungi dari sinar matahari. Kalau kamu akan berada di tempat yang tidak memiliki tempat teduh, lebih baik kamu mengenakan topi.

Menggunakan sisir bergigi jarang

Sisirlah rambut lembap dengan sisir bergigi jarang. Sesaat setelah keramas, rambut lebih rentan terhadap kerusakan dari biasanya. Jadi, sangat penting untuk merawatnya pada saat itu. Sisir bergigi jarang dengan lembut menguraikan rambut basah dan mendistribusikan produk yang dioleskan secara merata.

Handuk

Cara penting lainnya dalam merawat rambut basah adalah menggunakan handuk yang tepat. Pakailah handuk microfiber. Handuk biasa yang terbuat dari kain kasar dapat membuat rambutmu sangat kusut, terutama jika rambutmu panjang. Pastikan untuk mengeringkan rambutmu dengan lembut menggunakan handuk. Jangan menggosoknya, tapi keringkan dengan handuk dari akar ke ujung, sebelum itu hilangkan air yang berlebih dengan tangan. Kamu dapat memeras rambutmu satu atau dua kali.

Pengering rambut

Salah satu aturan yang paling penting ketika menggunakan pengering rambut adalah keringkan rambutmu secara alami terlebih dulu (dan pakai handuk). Semakin kering rambutmu sebelum menggunakan pengering rambut, semakin baik. Ini akan menjaga rambutmu agar tidak terlalu kering. Juga, jangan menyepelekan nozel untuk pengering rambut, terutama yang memiliki tepi datar. Menggunakan pengering dengan ujung seperti itu akan mengurangi risiko kerusakan rambut.

Perlindungan termal

Ini adalah cara lain merawat rambut yang dilewatkan banyak orang karena dianggap tidak penting. Menggunakan hairspray dengan perlindungan termal saat mengeringkan rambut dan menatanya dapat mencegah rambut kering dan bercabang, serta melindungimu dari rambut yang kusam dan rapuh. Hal utama yang perlu diingat adalah memilih produk terbaik. Kalau kamu akan memanaskan pelurus rambutmu sampai 248 °C, produk yang kamu gunakan harus dibuat untuk menahan panas semacam ini dan masih melindungi rambut.

Menyisir

Cara termudah untuk menyisir rambut dimulai dari ujungnya, bukan dari akar, dan secara bertahap naik. Kalau rambutmu tebal atau ikal yang sering kusut, jangan lupa untuk menggunakan semprotan rambut untuk menyisir. Ini dapat membantu mengurai kusut. Saat mengurai rambut, cobalah untuk tidak menarik akar rambut. Tentunya, sisirnya harus sebersih mungkin.

Apa kamu memiliki tips untuk merawat rambut? Kami ingin sekali melihatnya di kolom komentar.

Kredit foto pratinjau Depositphotos.com, Depositphotos.com
Sisi Terang/Tips & trik/10 Aturan agar Rambut Sehat dan Berkilau Tanpa Menghabiskan Banyak Waktu di Salon
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya