Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

10 Cara Membasmi Ketombe Tanpa Bahan Kimia

Ada anggapan umum bahwa ketombe disebabkan oleh kulit kering. Tetapi ini adalah mitos, karena ketombe terjadi pada kulit yang terlalu berminyak dan jamur yang hidup di kulitmu mulai berkembang dengan memakan minyak pada kulit. Jika kamu menghadapi masalah menjengkelkan ini, tidak perlu membeli bahan-bahan mahal untuk menyembuhkannya, karena ada resep yang akan membantumu membasmi ketombe tanpa harus menguras isi kantong.

Di Sisi Terang, kami mengerti bagaimana menyebalkannya mengalami “kerah baju yang penuh serpihan”, jadi kami sempatkan untuk mencari tahu obat apa saja yang bisa melawan ketombe, tetapi tidak mengandung hormon serta bahan-bahan lain yang berbahaya. Kami ingin kamu mempelajarinya lebih jauh bersama kami.

1. Kulit jeruk dengan air lemon.

Kulit jeruk mengandung kalsium, magnesium, vitamin C, dan serat-serat makanan yang semuanya bisa berdampak positif terhadap tubuhmu. Untuk mengobati ketombe, resepnya adalah sebagai berikut:

1. Ambil kulit jeruk dan masukkan ke dalam mangkok. Lalu peras lemon ke dalamnya.

2. Haluskan bahan-bahan sampai menjadi pasta.

3. Oleskan pasta pada kulit kepala dan biarkan selama 30 menit.

4. Bilas dengan sampo.

2. Aspirin dicampur dengan sampo.

Aspirin mengandung asam salisilat yang juga digunakan dalam sampo antiketombe. Bahan ini dipercaya sebagai salah satu bahan paling ampuh dalam membasmi ketombe, berkat kemampuannya mengelupas serpihan ketombe yang berlebihan dan mencegah timbulnya kelebihan minyak.

Untuk menggunakan aspirin guna mengatasi ketombe, hancurkan beberapa butir tablet aspirin menjadi bubuk halus dan campurkan dengan sedikit sampo yang biasa kamu pakai. Gunakan campuran itu pada rambut dan biarkan selama beberapa menit, lalu bilas.

3. Biji kelabat dalam bentuk pasta.

Biji kelabat memiliki khasiat antiradang, antimikroba, dan antioksidan. Untuk mengatasi ketombe dengan bantuan biji kelabat, kamu bisa mengikuti resep sederhana ini:

1. Masukkan biji kelabat ke dalam semangkuk kecil air dan rendam semalaman.

2. Pagi harinya, tumbuk biji itu sampai seperti pasta dan tambahkan sedikit air lemon. Aduk rata.

3. Oleskan pasta pada kulit kepala dan rambut, lalu biarkan kering selama 30 menit.

4. Cuci dengan sampo.

4. Pisang dengan cuka.

Kamu butuh satu buah pisang utuh dan 2 cangkir cuka apel. Kupas pisang, tambahkan cuka apel, dan campurkan dengan rata sampai kamu mendapatkan bentuk pasta. Lalu pijatkan pasta ini pada rambut dan pastikan seluruh rambut tertutup olehnya. Setelah 20 menit, bilas masker ini dengan air hangat dan sampomu yang biasa.

5. Daun basil dan bubuk buah malaka.

1. Siapkan beberapa helai daun basil, 2 sendok teh bubuk buah malaka, dan 2 sendok teh air.

2. Campur semua bahan ini untuk mendapatkan bentuk pasta.

3. Oleskan pasta pada kulit kepala dan biarkan kering selama 30 menit.

4. Bilas rambut dengan air.

Mengoleskan ramuan ini setiap hari juga akan membantu meningkatkan kekuatan rambut dan mengatasi rambut rontok.

6. Minyak kelapa dengan lemon.

1. Panaskan 2 sendok makan minyak kelapa dan campurkan air lemon dengan takaran sama.

2. Oleskan campuran pada kulit kepala dan pijat lembut rambutmu dengan campuran itu.

3. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan sedikit sampo.

7. Sari daun mimba.

1. Hancurkan sedikit daum mimba sampai berbentuk pasta kental.

2. Oleskan pada kulit kepala dan rambut dan biarkan kering selama minimal 10 menit.

3. Bilas dengan air.

8. Minyak biji moster dengan minyak jojoba.

Minyak biji moster dikenal sebagai bahan antimikroba dan antijamur. Minyak jojoba kaya akan mineral dan memberi efek melembapkan. Satu sendok makan minyak biji moster dicampur dengan satu sendok makan minyak jojoba bisa menjadi masker yang bagus untuk mengatasi ketombe. Oleskan campuran pada kulit kepala dan pijat dengan lembut, lalu bilas dengan sampomu. Karena minyak biji moster dianggap sebagai penyebab iritasi bagi sebagian orang, sangat dianjurkan untuk melakukan uji kepekaan pada kulit terlebih dahulu sebelum mengoleskannya di kepala.

9. Yoghurt dicampur dengan air lemon.

Yoghurt bekerja efektif pada semua jenis rambut dan membantu melawan ketombe jika dipakai sebagai masker rambut. Buatlah campuran yoghurt dengan sedikit perasan lemon dan oleskan pada rambut sebagai masker selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

10. Bawang putih dengan madu.

Bawang putih terkenal karena sifat antijamur dan anticendawannya. Beberapa siung bawang putih dicampur dengan 1 sendok makan madu yang dicampur hingga berbentuk pasta bisa berfungsi sebagai ramuan antiketombe yang bagus. Cukup oleskan pasta ini pada akar rambut dan biarkan selama 15 menit. Lalu bilas dengan sampo.

Sebelum mengoleskan ramuan apa pun, jangan lupa lakukan uji kepekaan pada kulit lebih dulu.

Sebelum mengoleskan bahan apa pun pada kulit kepala maupun kulit badan, lakukan dulu uji kepekaan kulit untuk memastikan kamu tidak alergi terhadap salah satu komponennya. Oleskan sedikit campuran yang akan kamu gunakan pada kulit kepala di area kecil kulit pada pergelangan tanganmu, basuh semuanya setelah 10-15 menit, lalu tunggu selama 24 jam.

Jika kulit pada pergelangan tanganmu tidak mengalami perubahan, gatal, luka bakar, atau kemerahan, artinya kamu tidak alergi terhadap bahan tersebut. Jika kamu melihat ada perubahan kondisi kulit setelah 24 jam, jangan oleskan campuran pada rambut atau kulit kepala.

Apa produk favoritmu untuk mengobati ketombe yang telah teruji oleh waktu? Bagikan ramuan apa saja yang terbukti manjur bagimu.

Bagikan Artikel Ini