Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

10 Tips Cerdas yang Bisa Menyelamatkan Harimu

Terkadang, hal sederhana seperti ribuan pesan spam, koper hilang, atau mabuk perjalanan bisa mengubah keseharian kita menjadi sebuah bencana. Rutinitas yang biasa kita jalani mungkin mengganggu dan menyulitkan. Untungnya, ada tips praktis yang bisa membuat hidup kita jauh lebih mudah.

Kami di Sisi Terang telah mengumpulkan tips yang bisa kamu terapkan pada rutinitas sehari-harimu agar kamu tidak stres dan jengkel.

1. Gunakan penyumbat telinga untuk mengendalikan mabuk perjalanan.

Mabuk perjalanan adalah reaksi yang terjadi saat otak kita menerima pesan yang bertentangan dengan reseptor indra kita, seperti mata, telinga bagian dalam, dan otot. Misalnya, saat mengendarai mobil, mata dan telinga bagian dalam kita mengirimkan pesan kepada otak bahwa kita sedang bergerak, tapi otot kita relaks; jadi, otak kita bingung dan memberikan reaksi gejala mabuk perjalanan.

Ada beberapa tips dan trik yang mungkin pernah kamu dengar untuk menghindari hal ini, seperti mengunyah permen karet atau menguap. Namun, ada juga trik yang tidak begitu populer, tapi berguna. Memakai penyumbat telinga di salah satu lubang telingamu dapat membantu menipu otak dan membuatnya mengabaikan sinyal dari telinga. Beberapa orang mengatakan bahwa akan lebih efektif jika kamu memasang penyumbat telinga ke telinga yang berlawanan dengan tangan dominan. Jadi, kalau kamu dominan tangan kanan, pasang penyumbat di telinga kiri. Begitu juga sebaliknya.

2. Saat bepergian bersama seseorang, simpan beberapa potong pakaian di kopernya.

Hampir 25 juta tas hilang atau salah tujuan setiap tahun. Mungkin ini bukan masalah besar jika nantinya dikembalikan, tapi bepergian dan kehilangan koper bisa saja merusak liburanmu.

Agar terhindar dari masalah apa pun, simpan beberapa pakaianmu di tas teman bepergianmu, dan simpan juga milik mereka ke dalam tasmu. Jika salah satu tas hilang, kamu masih punya pakaian cadangan.

3. Jika ingin mengamati bintang, rencanakan perjalanan selama fase bulan baru.

Saat memandangi langit malam, kamu akan melihat bahwa Bulan kita bersinar sangat terang dan terkadang sulit untuk melihat bagian-bagian langit di sekitarnya. Ini terjadi karena Bulan memantulkan sinar matahari.

Saat fase bulan baru, Bulan bisa dilihat dengan jelas, dan bintang-bintang bisa dikenali dengan mudah. Jadi, kamu bisa mengamati langit dan mencari Ursa Mayor dan Bintang Utara.

4. Gunakan selotip agar tidak lecet.

Jika suka memakai sepatu hak tinggi, kamu pasti tahu betapa menjengkelkannya sepatu barumu yang cantik bisa menyebabkan lecet.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kamu bisa menghindarinya jika menempelkan selotip di sepatumu di bagian sekitar tumit. Ini akan mengurangi gesekan dan mencegah lecet.

5. Jika ingin menghilangkan bau bawang dari tanganmu, gosok tangan di keran dapur.

Jika suka memasak, mungkin kamu tahu betapa sulitnya menghilangkan bau bawang putih, bawang bombai, atau ikan dari tanganmu—beberapa tetes sabun tidak cukup untuk mengatasi hal yang tampaknya mudah ini.

Solusi tak terduga benar-benar ada tepat di depanmu. Untuk menghilangkan aroma tidak sedap, kamu bisa menggosokkan tangan ke besi tahan karat. Bahan sulfur yang terkandung dalam bawang putih terikat dengan logam dalam besi tahan karat; reaksi antara sulfur dan logam langsung menghilangkan aroma tersebut. Untungnya, keran dapurmu terbuat dari besi tahan karat. Cukup cuci tanganmu dengan air dingin, lalu gosokkan pada keran secara berkala.

6. Gunakan mug keramik untuk menajamkan pisaumu.

Orang-orang yang hobi memasak pasti pernah merasa kesulitan saat sadar bahwa pisau mereka tumpul tepat saat menyiapkan makan besar. Tentu saja, tidak semua orang memiliki pengasah pisau di rumah untuk segera mengatasi masalah ini.

Dalam hal ini, mug kopi favoritmu bisa membantu. Hampir semua mug keramik memiliki lingkaran kasar di dasar gelas. Cukup balikkan mug, pegang bilah pisau dengan sudut 45 derajat, lalu gesekkan di sekitar lingkaran. Ulangi proses ini 5-10 kali di kedua mata pisau.

7. Cara mengatasi pesan spam yang terus berdatangan.

Sebuah statistik mengatakan bahwa 45% dari semua surel yang dikirimkan adalah spam. Kamu mungkin mengerti betapa mengganggunya mendapatkan lusinan iklan tidak penting, dan mencari tahu dari mana pengirim mendapatkan alamat surel kita juga tidak memungkinkan.

Untuk mengetahui halaman web mana yang membocorkan informasimu, ketik judul situs web sebagai nama tengahmu saat mendaftar. Setelah mendapatkan spam, kamu akan tahu situs mana yang bisa kamu cegah atau ke mana kamu bisa mengirimkan surel komplain.

8. Rendam jagung berondong ke dalam air agar semua biji mengembang.

Menonton film menarik dengan sekotak besar berondong jagung merupakan rencana yang tepat untuk akhir pekan. Jika lebih suka membuat berondong jagung sendiri, mungkin kamu sadar bahwa ada beberapa biji jagung yang tidak mengembang.

Kalau direndam air terlebih dahulu, biji jagung bisa mengembang lebih banyak. Meski lebih optimal jika merendamnya semalaman, kamu bisa melakukan ini setidaknya 10-15 menit. Kelembapan ekstra di dalamnya akan membantu mengembangkan semua biji jagungnya.

9. Gunakan balok es untuk menyetrika pakaianmu.

Jika setrikamu rusak atau kamu harus menyetrika rokmu sesaat setelah dicuci, kamu bisa memasukkan beberapa balok es ke dalam mesin pengering dan nyalakan pengering pada tingkat panas yang maksimum. Es tersebut akan menjadi uap dan menghilangkan semua kerutan pada pakaian.

Catatan: Jangan memasukkan terlalu banyak pakaian ke mesin pengering—atau cara ini tidak akan berhasil. Trik ini dapat digunakan untuk menyetrika pakaian satu per satu.

10. Tempelkan sendok panas di atas gigitan nyamuk untuk mengurangi gatal.

Ketika menggigit, nyamuk mentransfer air liurnya ke dalam kulitmu dan itulah yang menimbulkan rasa gatal.

Panas bisa menghancurkan protein yang terkandung dalam air liur nyamuk. Dengan merendam sendok ke dalam air panas selama satu menit, lalu menempelkannya ke atas gigitan, rasa gatal akan hilang.

Trik apa yang pernah kamu terapkan ke dalam rutinitasmu untuk memudahkan harimu? Ceritakan kepada kami di kolom komentar.

Bagikan Artikel Ini