Sisi Terang
Sisi Terang

11 Detail pada Benda Sehari-hari yang Ternyata Punya Fungsi Tersendiri

Kita tidak terlalu memperhatikan hal-hal yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Apa yang menarik dari sebuah kemeja biasa atau kotak jus? Namun, ternyata beberapa detail yang terdapat pada benda sehari-hari bisa membuat hidup pemiliknya menjadi lebih mudah.

Kami di Sisi Terang melihat semua barang yang kami miliki dan menemukan banyak hal baru.

1. Bentuk segitiga pada kaus sweter

Semua kaus sweter pada awalnya memiliki jahitan berbentuk segitiga di bagian leher. Saat ini, jahitan berbentuk segitiga tersebut tidak memiliki fungsi tertentu, tapi pabrik tetap membuatnya untuk menambah sentuhan klasik. Saat kaus sweter diproduksi untuk pertama kalinya, bentuk segitiga tersebut dibuat lebih tebal untuk menampung keringat pemiliknya sehingga kerahnya tidak cepat melar.

2. Kancing bahu di jaket

Kancing bahu pada jaket merupakan hiasan biasa yang sebenarnya memiliki fungsi praktis. Bentuk kancing yang bulat membuat tas tetap berada di bahu dan tidak meluncur ke bawah.

3. 2 saku di sebelah kanan jas

Pada beberapa jas klasik, kamu akan melihat 2 saku di sebelah kanan. Saat ini, hampir tidak ada orang yang menggunakan saku kecil. Tapi dulu, para pria menggunakan saku kecil ini untuk menyimpan tiket kereta api. Sekarang, saku kecil ini hanya sebagai hiasan/tradisi.

4. Bantalan jarum

Isi dari bantalan jarum tidak hanya menjaga jarum tetap di tempatnya, namun juga mempertahankan ketajamannya. Para ahli mengatakan bahwa beras biasa dapat mempertajam jarum dengan sangat baik.

5. Gantungan baju dari kayu

Saat ini, kita bisa memilih bahan gantungan baju: plastik atau kayu. Namun, di masa lalu, kayu merupakan satu-satunya bahan yang digunakan untuk membuat gantungan baju. Gantungan ini terbuat dari kayu jenis tertentu, yang melindungi pakaian dari ngengat dan serangga lain: bau kayu membuat serangga takut.

6. Lingkaran kecil di bagian belakang kemeja

Kemeja yang memiliki lingkaran kecil di bagian belakangnya sangat populer di antara para pelaut yang tidak memiliki banyak ruang untuk menyimpan pakaian mereka. Lingkaran ini membuat mereka bisa menggantung baju.

Pada tahun 1960-an, produsen baju GANT menambahkan lingkaran ini di kemeja yang mereka produksi agar para mahasiswa dapat menggantungnya di dalam loker. Para mahasiswa ini kemudian menggunakan lingkaran pada kemeja ini untuk menandai status mereka. Jika kemejanya tidak memiliki lingkaran di belakang, maka artinya dia sudah memiliki pacar.

7. Lubang horizontal untuk kancing paling atas pada kemeja

Kami yakin kamu memperhatikan bahwa semua lubang untuk kancing dibuat vertikal dan yang paling atas biasanya dibuat horizontal. Hal ini dilakukan agar kancingnya tidak terbuka ketika kamu memakai dasi tanpa melepas kemeja.

8. Lego

Produsen Lego sangat peduli kepada para penggemar muda mereka. Itulah sebabnya kenapa kepala dari setiap mainan Lego memiliki lubang kecil di dalamnya. Ini memungkinkan udara tetap masuk jika mainan itu tak sengaja tertelan.

9. Tali pada mantel

Saat ini, tali pada mantel kebanyakan hanya digunakan sebagai hiasan, dan kadang terlihat seperti foto di atas. Namun, awalnya tali tersebut digunakan untuk mengeratkan pakaian agar siluet terlihat ramping.

10. Lipatan pada bagian atas kemasan jus

Lipatan pada bagian atas kemasan jus membantu anak-anak: saat lipatan dibuka, akan lebih mudah bagi anak-anak untuk memegang kotak jus sehingga mereka tidak menekannya terlalu keras dan isinya tidak tumpah. Ide ini ditemukan oleh para orang tua yang kemudian tersebar secara daring.

11. Cetakan angka 5 dan 7 di botol saus Heinz

Cetakan ini bukan sekadar dekorasi: dua angka ini menunjukkan posisi tangan yang tepat saat memegang botol agar sausnya dapat keluar dengan mudah. Awalnya, angka-angka ini merupakan bagian dari strategi pemasaran. Produsen saus Heinz percaya bahwa 57 adalah angka keberuntungan mereka.

Apakah kamu mengetahui fitur tersembunyi dari benda-benda yang biasa kita lihat di sekitar kita?

Kredit foto pratinjau Colourtex.ru, Reserved.com
Sisi Terang/Tips & trik/11 Detail pada Benda Sehari-hari yang Ternyata Punya Fungsi Tersendiri
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya