Sisi Terang
Sisi Terang

11 Kesalahan yang Merusak Ponsel

Hal-hal kecil yang kita lakukan setiap hari bisa memengaruhi ponsel pintar kita dalam berbagai cara dengan dampak yang nyata, seperti misalnya, insiden Samsung Galaxy Note 7. Agar ponselmu tidak meledak, berikut ini adalah beberapa aturan dasar yang mungkin ingin kamu ingat.

Kami di Sisi Terang cinta perangkat pintar kecil kami seperti semua orang. Kami sangat ingin perangkat ini awet dan berguna dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, inilah beberapa hal yang perlu kamu hindari.

Mencoba DIY aneh dari sumber tidak tepercaya

Setidaknya sekali, kita semua pernah percaya kita bisa melakukan sesuatu setelah menonton video tentang hal tersebut di YouTube. Namun, sumber tidak tepercaya memberi kita terus-menerus “kiat” yang tidak terbukti membantu, tapi malah bisa merusak tampilan ponsel atau sebaliknya.

Meninggalkannya di dekat jendela atau di meja sampai kepanasan

Ya, bahkan cahaya matahari yang menembus jendela bisa membuat ponsel terlalu panas. Tampilan perangkatmu memang tak akan berubah, udara yang terlalu panas sangat memengaruhi baterai dan produktivitas baterai, bahkan bisa merusak cip sistem.

Mencolokkannya sembarangan

Kamu pernah mencolokkan ponselmu tanpa melihat sebelum tidur, memasukkan USB ke colokan secara sembarangan dan dengan paksaan? Itu membuat pengisi dayamu tidak awet. Kontak listrik jauh lebih rentan daripada yang kita kira.

Tidak meng-update perangkat lunak dan firmware saat diminta oleh ponsel

Perangkat keras berfungsi sebagai “tubuh” ponselmu, dan perangkat lunak berfungsi sebagai otak dan jiwa ponsel. Mengunduh perangkat lunak dari sumber tidak tepercaya bisa membuat ponsel rusak, mati, atau menyebabkan semua informasi pribadimu dipindahkan kepada orang tak dikenal.

Tidak membersihkan bagian dalam ponsel

Jangan hindari membersihkan bagian dalam ponsel, banyak debu dan potongan kecil sampah serta kotoran dari saku dan kantongmu bisa masuk ke ponsel dan mengganggu performa perangkatmu (seperti membuatnya lemot, misalnya). Jika kamu gaptek, minta bantuan profesional.

Memegang ponsel di jalan

Tahun lalu, 40% iPhone dicuri saat pemiliknya mengeluarkannya dan menelepon memakai speakerphone di jalan. Kamu harus berhati-hati dan menggunakan headset saat menelepon di jalanan yang ramai.

Memasukkannya ke tas tanpa pelindung

Casing ponsel bukan hanya mode, tapi benda ini sungguh membantu melindungi ponselmu dari kotoran dan partikel yang bertumpuk di bagian dasar tasmu. Semua kotoran ini, dicampur dengan bagian dalam ponselmu, akan membuat ponsel terlalu panas dan bisa menyebabkan kerusakan.

Mengganti baterai asli dengan baterai murah dan palsu

Baterai adalah “jantung” ponsel. Benda ini adalah motornya. Periksa dengan hati-hati jenis baterai apa yang akan dimasukkan jika kamu memperbaiki ponsel. Jika bukan komponen asli, ponselmu akan lebih cepat rusak.

Pengisi daya dan headphone palsu

Menurut laporan, karena perbedaan dalam daya listrik dan pembuatan pengisi daya yang murah, sebuah perangkat terkadang bisa terbakar. Tapi sedikit orang tahu bahwa saat kamu menggunakan headphone palsu, kamu bisa saja merusak slot ponsel selamanya. Ini karena perbedaan dalam ukuran jack dan colokannya.

Membersihkan lubang ponsel sendiri

Tak ada yang mau bagian dalam ponsel mereka dipenuhi debu, karena akan memperlambat performa dan membuat ponsel terlalu panas. Tapi tolong gunakan bantuan profesional atau cara konvensional untuk membersihkan ponsel (pembersih vakum, dsb.) karena memasukkan sembarang benda ke dalam ponsel akan merusak slot dan komponen rentan lainnya pada ponsel.

Menyimpannya di saku belakang

Ingat bagaimana peluncuran iPhone 6 dirusak oleh ponsel yang bengkok di saku belakang para pemiliknya? Ini bisa terjadi pada ponsel pintar yang tipis. Tapi selain itu, menyimpan ponsel di saku belakang meningkatkan kemungkinan ponselmu dicuri dan rusak saat kamu pergi ke toilet atau duduk.

Mana kesalahan yang paling mungkin kamu lakukan? Jangan lupa tulis di kolom komentar kesalahan lain yang mungkin terlewat di artikel ini dan lihat juga artikel lain dari kami.

Sisi Terang/Tips & trik/11 Kesalahan yang Merusak Ponsel
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya