11 Tips yang Bisa Membantumu Mencuci Baju Seperti Profesional

Menurut penelitian, kita terus-menerus membebani pakaian kita saat mencuci, terutama yang berbahan sutra. Oleh karena itu, kita wajib menyiapkan beberapa trik tepercaya untuk mencuci baju. Bukan hanya untuk melindungi pakaianmu, tapi juga untuk mempermudah prosesnya!

Itulah kenapa Sisi Terang khusus menyiapkan untukmu tips-tips paling cerdas dalam mencuci pakaian.

1. Cuci pakaian berbahan halus di wadah pencampur salad.

Alat dapur praktis ini juga cocok untuk cucianmu, terutama untuk pakaian berbahan halus yang perlu dicuci dengan tangan. Cukup masukkan pakaian dalam dan baju berbahan halus lainnya ke saringan, lalu rendam menggunakan air keran sebelum ditambahkan detergen dan diputar. Tunggu selama 10 menit sebelum dibilas menggunakan air keran untuk menghilangkan sisa sabunnya.

2. Kaitkan bra dan tutup semua ritsleting.

Kamu dianjurkan untuk melindungi bra saat mencuci dengan mengaitkannya. Dengan begini, kaitnya tidak akan tertekuk dan karetnya tidak akan melar ataupun tersangkut di pakaian lain.

Agar tidak sobek atau putus, pastikan semua ritsleting celana jinsmu tertutup rapat sehingga geriginya tidak tersangkut ke pakaianmu yang lain.

3. Buka kancing kemeja.

Sebaiknya, biarkan kancing pakaian yang satu ini tetap terbuka, karena jika tidak, kamu bisa merusaknya. Jika tetap dikancing, lubang kancing kemejamu bisa saja rusak dan kancingnya menjadi longgar.

4. Cuci bra menggunakan sarung bantal.

Jika kamu tidak punya tas jaring khusus untuk mencuci bra dan pakaian berbahan halus lainnya, cobalah gunakan sarung bantal. Dengan begini, bra dan pakaian berbahan halusmu akan terlindungi dari pakaian lain yang berpotensi merusaknya selama proses pencucian. Hal ini juga akan membantu menjaga bentuk pakaian dalammu.

Cukup buat simpul atau ikat menggunakan karet rambut di bagian atas sarung bantal sebelum menaruhnya di mesin cuci agar isinya tidak berceceran.

5. Hilangkan bau apak dari pakaian dengan minyak tea tree.

Pakaian kita terkadang bau karena lapuk dan jamur yang tumbuh subur dalam kondisi lembap. Coba tambahkan 10 tetes minyak tea tree ke detergenmu saat mencuci untuk menghilangkan bau ini. Cara ini efektif karena minyak tea tree merupakan antibakteri, yang artinya dapat membunuh semua jamur.

6. Panaskan pakaian di pengering menggunakan es batu.

Kalau kamu tidak suka menyetrika, maka ini adalah alternatif yang mudah. Cukup tambahkan beberapa es batu ke pakaian kusutmu di pengering dan aliri sedikit udara panas selama 5 menit. Ini akan memanaskan pakaianmu dengan efektif dan tanpa repot.

7. Keringkan pakaian lebih cepat memakai handuk kering.

Kiat ini akan menghemat waktu dan energimu dalam hal mengeringkan pakaian. Sebelum menyalakan pengering, masukkan handuk kering dengan cucian basahmu. Lalu nyalakan selama 15 menit. Handuk ini akan menyerap cairan dari pakaianmu, yang artinya mempercepat waktu pengeringan.

Tentu saja, pada akhirnya, handukmu juga basah dan harus dijemur, tapi keuntungan yang diberikan jauh lebih besar daripada kekurangannya.

8. Mengembalikan bentuk pakaian yang menyusut di pengering.

Kita semua pernah tak sengaja membuat salah satu pakaian favorit kita menyusut, tapi jangan khawatir — kamu bisa memperbaikinya! Cukup rendam pakaian itu di air hangat, tambahkan kondisioner rambut yang biasa kamu pakai, lalu tunggu hingga kering. Regangkan pakaianmu beberapa kali agar kembali ke bentuk dan ukuran aslinya.

9. Gunakan bola wol pengering untuk proses pengeringan yang ramah lingkungan.

Produk ini adalah pilihan yang ramah lingkungan dan bebas bahan kimia untuk proses pengeringan. Saat dimasukkan ke pengering bersama pakaian basah, produk ini akan membuat waktu pengeringanmu menjadi dua kali lebih cepat, sekaligus merawat pakaianmu. Bola-bola ini akan menghaluskan pakaian dan handukmu serta menghilangkan listrik statis.

10. Tambahkan garam agar warna pakaian tidak memudar.

Satu sendok makan garam yang ditambahkan saat mencuci akan membantu menjaga warna pakaian dan benda apa pun yang bisa dicuci menggunakan mesin cuci. Ini berkat kandungan klorida dalam garam yang membantu mengunci pewarna pada kain.

Cara ini cukup murah dan mudah untuk membuat pakaianmu tetap terlihat segar dan tampak seperti baru.

11. Cuci topi bisbolmu.

Berikut ini adalah cara yang mudah dan efektif untuk membersihkan topimu, dan sama sekali tidak merepotkan! Cukup isi wadah Tupperware dengan air hangat dan sedikit detergen, sampai topimu hampir terendam. Lalu tutup dan goncangkan wadahnya selama beberapa menit. Bilas dengan air bersih dan tunggu hingga kering.

Kalau ingin mencuci lebih bersih, rendam topimu dalam air hangat dan detergen semalaman sebelum melakukan langkah-langkah di atas.

Apa kamu juga punya kiat-kiat mencuci pakaian? Apa kamu percaya tips-tips di atas bisa berhasil, atau malah kamu punya kiat yang lebih efektif yang bisa dibagikan?

Kredit foto pratinjau shutterstock.com, shutterstock.com
Bagikan Artikel Ini