7 Tanaman Indoor yang Bisa Berbahaya jika Ditaruh di Dalam Rumah

Diperkirakan lebih dari 450.000 spesies tanaman ada di dunia, dan sebagian di antaranya telah menjadi salah satu cara terbaik untuk menambah warna dan kehidupan di rumahmu. Tapi, sebagian dari tanaman ini bisa mendatangkan risiko yang mungkin tidak kamu sadari.

Dengan pemikiran itu, kami di Sisi Terang memperhatikan 7 tanaman biasa dengan lebih cermat dan menemukan beberapa fakta tak terduga.

1. Bonsai pohon juniper

Kalau suka pohon, mungkin kamu akan tergoda untuk memiliki bonsai. Tapi sebelum melakukannya, ada baiknya berhati-hati dengan jenis bonsai yang akan kamu miliki. Karena bonsai pohon juniper berasal dari spesies yang sama dengan juniper gunung, tanaman ini bisa menyebabkan gejala alergi seperti hidung tersumbat dan mata berair.

2. Sukulen

Beraneka macam sukulen makin populer akhir-akhir ini, dan ada beberapa alasannya—ukurannya kecil, tidak mahal, dan mudah perawatannya. Tapi, ada peluang sukulen menjadi penuh serangga kecil yang disebut kutu putih. Kalau sampai terlewatkan, akhirnya bisa menjadi masalah, sebab mudah menyebar ke tanaman lain dan sangat sulit disingkirkan.

3. Bunga jepun

Juga dikenal sebagai oleander, tanaman yang tampak polos dengan bunga indah ini sebetulnya sangat beracun. Sangat tidak dianjurkan untuk meletakkannya dalam rumah, dan paling baik menjauh kalau kebetulan kamu melewatinya di luar.

4. Daun bahagia

Juga dikenal sebagai dieffenbachia atau Sri Rejeki, tanaman ini mudah ditanam dan dirawat, sehingga menjadi cukup populer di kalangan pemula. Tapi sayang, kalau punya hewan piaraan, tanaman ini tidak cocok untukmu. Menurut Pet Poison Helpline, tanaman ini mengandung kalsium oksalat yang beracun bagi kucing dan anjing.

5. Keladi

Dikenal juga sebagai caladium, tanaman ini tidak cocok bagi rumah-rumah kita. Seperti daun bahagia, keladi dianggap beracun bagi hewan piaraan dan manusia.

6. Beringin

Ficus Benjamina, juga dikenal sebagai pohon ficus atau beringin, adalah tanaman rumah umum lain yang bisa menyebabkan beberapa masalah, terutama kalau kamu menderita asma atau alergi terhadap getah. Daunnya yang berlilin bisa mengumpulkan banyak debu, dan karena memiliki konsentrasi getah yang tinggi, tanaman ini bisa memicu alergi getah.

7. Palem kuning

Juga disebuat sebagai areca palm, dan terkenal bisa memberikan nuansa tropis pada interior—kamu harus waspada bahwa tanaman ini cukup rentan menjadi sarang hama seperti tungau laba-laba dan kutu putih.

Apa di sekitar rumahmu ada salah satu jenis tanaman ini? Apa tanaman pernah mendatangkan bahaya kepadamu?

Kredit foto pratinjau Depositphotos.com, Shutterstock.com
Bagikan Artikel Ini