8 Kiat Keselamatan yang Bisa Digunakan Saat Situasi Genting

Dalam waktu beberapa detik, berenang santai bisa berubah menjadi masalah di dalam air. Menilai situasi berbahaya lantas bereaksi terhadapnya adalah penting. Banyak situasi sulit yang bisa kita alami, dan tahu cara menyelamatkan diri saat menghadapi bahaya adalah kunci mutlaknya.

Meskipun kami berharap warganet tidak mengalami situasi darurat yang mengancam, Sisi Terang percaya bahwa situasi luar biasa cenderung terjadi di saat yang paling tidak kita harapkan.

1. Cara selamat saat terjebak arus pecah

Sayangnya, tahu cara berenang tidak berarti kamu aman dalam lingkungan seperti laut. Jika kamu merasa sepertinya arus pecah terlalu kuat dan kamu tidak mampu berenang, balikkan badan hingga posisi telentang dan mengapunglah. Dengan begini, kamu bisa mengistirahatkan badan sambil menenangkan diri.

2. Cara menghentikan perdarahan

Ini adalah trik ampuh yang digunakan para atlet, terutama dalam turnamen UFC (Ultimate Fighting Championship). Jika kamu kebetulan mengalami luka sayat, bersihkan, tekan luka itu, dan dengan tangan bersih, oleskan selapis petroleum jelly untuk menghentikan perdarahan. Jika memungkinkan, tutup luka dengan kain kasa dan plester.

3. Cara bertahan dalam tornado di laut

Umumnya, kita disarankan untuk mencari ruang bawah tanah saat terjadi tornado, tapi itu mustahil dilakukan saat kamu berada di air. Jika kamu berada di laut terbuka dan melihat tornado mendekat, bergeraklah ke arah tegak lurus dengan tornado guna melepaskan diri darinya.

4. Cara selamat di sungai yang penuh piranha

Jika kamu berada di sungai Amazon yang penuh ikan piranha, jangan buat keributan (agar tidak menarik lebih banyak piranha). Karena ikan ini hidup di air dangkal, lindungi tangan dan kakimu dan berenanglah menuju perairan yang lebih dalam dan dingin.

5. Cara menjahit luka sendiri (tanpa jarum)

Apa kamu mengalami luka sayat cukup dalam di kulit dan tidak mungkin langsung mendapat bantuan medis? Cobalah mengimprovisasi jahitan seadanya dengan memotong tepi plester dan tempelkan pada luka untuk menutupnya hingga kamu sampai di ruang IGD.

6. Cara menyelamatkan diri dari gajah yang mengamuk

Jika menghadapi gajah yang sedang mengamuk, kamu harus cepat bereaksi guna menyelamatkan nyawamu. Inilah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk bertahan:

  • Pertahankan posisimu dan berteriaklah ke arah gajah itu.
  • Berlarilah dengan pola zig-zag.
  • Bersembunyi di balik benda besar.

7. Cara selamat dalam kecelakaan sepeda motor

Kecelakaan sepeda dan sepeda motor berbahaya karena tidak ada yang melindungi tubuh kita dari lingkungan. Jika kamu sedang naik sepeda motor dan tabrakan tidak dapat dielakkan, lakukan hal-hal berikut ini:

  • Jangan lepaskan setang sampai kamu jatuh.
  • Tekuk kepala dan tarik siku dan lutut mendekati tubuhmu.
  • Relaks saat membentur dan kalau memungkinkan, bergulinglah.

Dengan begini kamu telah melindungi diri dari jenis luka paling parah.

8. Cara selamat dari serangan singa gunung

Serangan singa gunung bisa terjadi saat berkemah atau mendaki. Jika kamu bertemu dengan binatang ini, jangan lari. Berdiri diam dan tegak, buka mantel, dan angkat tanganmu agar kamu tampak besar dan menakut-nakuti hewan itu.

Adakah peristiwa di mana kamu hanya punya waktu satu detik untuk mengambil keputusan? Tips apa yang wajib kita ketahui untuk bertahan dalam situasi berbahaya?

Bagikan Artikel Ini