Sisi Terang
Sisi Terang

8 Mitos Umum vs Tips Survival yang Benar-Benar Berhasil

Mungkin kita pernah mendengar seseorang yang bilang bahwa kamu bisa mengobati luka bakar dengan mentega atau bahwa menyedot bisa sengatan hewan itu mungkin dilakukan. Semenarik apa pun, kepercayaan populer ini tetap saja tidak berlandaskan sains dan bisa memperparah kondisi, bahkan mungkin akan berakhir membahayakan.

Itu sebabnya, kami di Sisi Terang telah menyusun daftar mitos yang paling umum dipercaya dan tindakan terbaik yang harus dilakukan dalam kasus darurat.

1. Cara aman untuk meloloskan diri dari anjing yang mengancam

Kita tidak tahu pasti kenapa anjing menyerang. Tapi yang harus kamu tahu adalah bahwa mencoba mengancam anjing dengan berteriak atau menendangnya bukanlah ide yang bagus karena tindakan ini cuma akan membuatnya makin marah. Begitu juga, jangan mencoba melarikan diri, karena kemungkinan hewan itu akan mengejarmu.

  • Yang harus dilakukan: Kalau kamu memakai jaket atau mantel, lepaskan pelan-pelan dan taruh di atas hewan itu. Kamu akan bisa lolos dengan mengalihkan perhatiannya. Jika anjing lebih dari satu, cobalah berdiri bersandar pada dinding dengan melindungi area vitalmu: wajah, dada, dan tenggorokan. Dengan begini, anjing-anjing itu tidak akan bisa mengepungmu.

2. Cara membantu menyembuhkan luka

Banyak orang bilang bahwa salep efektif menyembuhkan luka, tapi ini belum tentu benar. Faktanya, kamu lebih mungkin menderita ruam alih-alih menyembuhkan luka baret dengan memakai salep. Kamu bisa merawat luka di rumah, tapi pastikan tidak menunggu terlalu lama untuk berkonsultasi dengan dokter. Kalau luka terlalu dalam dan besar, kamu harus pergi ke IGD.

  • Yang harus kamu lakukan: Terkadang solusi paling sederhanalah yang benar. Bersihkan luka dengan air dingin dan sabun gliserol tanpa pewangi. Setelah kering, balutkan perban pada luka.

3. Cara menghadapi mati listrik


Kejadian ini biasanya tak terduga, dan kalau tidak siap atau tidak cukup pengetahuan, bisa jadi kita sendiri yang mengubah situasi ini menjadi bencana. Jangan sok pahlawan dan mencoba mengatasi masalah sendiri. Menyentuh kabel listrik yang jatuh ke tanah bisa menyebabkan tersetrum. Menyalakan lilin juga cara yang sudah kuno. Kemungkinan kamu justru menyebabkan kebakaran yang tak disengaja, selain itu, sinar lilin tidak cukup terang.

  • Yang harus dilakukan: Selalu bersiap-siap untuk menghadapi situasi darurat semacam ini dengan membuat rencana darurat. Sediakan alat-alat berguna seperti lampu senter dan air mineral, dan pastikan keluargamu tahu di mana kamu menyimpannya. Kamu juga bisa membeli sebuah generator agar alat-alat yang paling penting bisa terus bekerja sampai listrik menyala.

4. Cara mengatasi luka bakar

Cedera kulit tipe ini bisa menimbulkan konsekuensi serius jika tidak segera dilakukan tindakan. Namun demikian, beberapa obat rumahan yang paling terkenal tidak efektif. Mengoleskan mentega, cuka, sari bawang, atau sepotong steik pada luka sebetulnya justru bisa meningkatkan risiko infeksi. Lebih baik simpan saja bahan-bahan itu buat makan nanti.

  • Yang harus dilakukan: Pertama-tama, kamu harus merendam luka dalam air dingin. Jika tidak butuh pertolongan medis, kamu bisa memakai petroleum jelly 2 atau 3 kali sehari. Berikutnya, tutup area itu dengan perban. Ingat, jangan pernah memecahkan lepuh yang mungkin muncul dan lindungi kulit yang terbakar dari sinar matahari.

5. Cara melepaskan diri dari seseorang yang membuntutimu

Jika kamu tahu bahwa seseorang mungkin sedang membuntutimu, sangat besar kemungkinannya kamu akan mempercepat langkah dan langsung pulang ke rumah. Tapi dengan melakukan ini, kamu bisa saja menempatkan diri pada potensi bahaya yang lebih besar. Penguntit bisa saja mencoba menerobos rumahmu. Jika tidak pun, dia jelas akan tahu alamatmu dan bisa kembali ketika kamu lengah.

  • Apa yang harus dilakukan: Pertama, pastikan bahwa orang itu memang benar-benar membuntutimu. Coba seberangi jalan atau ambil beberapa belokan untuk melihat apa dia masih di belakangmu. Jika masih, usahakan tetap tenang dan berjalanlah ke area ramai seperti kafe. Kamu mungkin juga bisa mencoba berteriak “kebakaran” untuk mendapat perhatian dari orang-orang di sekitarmu. Mungkin ini akan membuatnya takut.

6. Cara agar tetap selamat di jalan di musim dingin

Bagi pembalap yang paling berpengalaman sekalipun, kondisi jalan di musim dingin parah bisa menjadi tantangan. Banyak orang percaya bahwa mengempiskan ban sangat cocok di jalan yang tertutup es, tapi ini cuma mitos. Ban yang kempis bisa benar-benar menyulitkanmu waktu menyetir dan kamu takkan mampu merintis jalan melalui salju sebagaimana kalau angin di ban penuh.

  • Yang harus dilakukan: Ingatlah untuk selalu melakukan pemeriksaan lengkap terhadap mobilmu guna memastikan kondisinya aman untuk dikendarai di salju atau saat hujan. Pasang rantai salju atau pakai studded wheel pada keempat roda dan siapkan peralatan di bagasi mobilmu. Termasuk sekantong pasir, garam, atau—percaya atau tidak—pasir kucing, tali derek, sekop kecil, lampu suar untuk lampu darurat, dan kotak P3K.

7. Cara bertahan dalam gelombang panas

Ketika kenaikan suhu mengkhawatirkan, penting untuk kita bisa “mengakali” alam. Tidak peduli usia atau kondisi kesehatannya, siapa pun bisa mengalami sengatan panas. Rasa haus bukan indikator seberapa terhidrasinya kamu, karena ketika kamu merasa haus, tubuhmu sudah kehilangan cairan. Tidak seharusnya kamu mengganti air putih dengan minuman energi karena sebagian besar minuman energi mengandung kafeina yang akan membuatmu makin haus.

  • Yang harus dilakukan: Meskipun kamu tidak lapar, usahakan makan makanan kecil kaya nutrisi sepanjang hari. Makanan pedas membuatmu berkeringat dan karena itu membuat suhu inti tubuhmu turun. Juga, pastikan kamu minum banyak air putih dan waspadai gejala-gejala dehidrasi, seperti detak jantung cepat, mual, tak sadarkan diri, merasa pusing, atau capek.

8. Cara bertindak jika kamu disengat kalajengking

Kalajengking dianggap ancaman diam-diam, sebab biasanya hewan ini bersembunyi di tempat-tempat tak terduga, bahkan di dalam sepatumu. Meskipun sebagian besar sengatannya tidak parah, kamu harus memastikan diri untuk berkonsultasi dengan dokter. Jangan ikuti cara Rambo dan menyedot bisanya karena ini takkan membantu sama sekali. Es juga tidak ada gunanya dalam hal ini dan justru bisa menjadi bumerang, karena meningkatkan intensitas rasa sakitnya.

Yang harus dilakukan: Membersihkan area yang disengat dengan air dan sabun bisa mencegah kemungkinan infeksi. Untuk meredakan rasa sakit dan bengkaknya, kamu bisa mencoba kompres dingin yang lembap tiap 2 jam sekali dan memosisikan area yang disengat di atas ketinggian jantung.

Kamu pernah dengar mitos-mitos ini? Apa kamu punya tips-tips berguna untuk membantu komunitas pembaca Sisi Terang agar tetap selamat? Bagikan di kolom komentar, ya.

Sisi Terang/Tips & trik/8 Mitos Umum vs Tips Survival yang Benar-Benar Berhasil
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya