8 Tips untuk Mengetahui Barang Palsu

Sekarang ini, jumlah barang palsu yang tersebar bertambah setiap harinya. Dari ponsel pintar palsu dengan layar lebih tipis sampai tas palsu yang juga dibuat dengan kulit asli, sulit menemukan barang palsu ini — barang-barang ini tampak tak ada bedanya. Padahal ada. Kamu hanya perlu lebih teliti dan kamu akan menemukan perbedaan kecilnya.

Kami di Sisi Terang ingin membantumu terhindar dari penipuan, dan kami menemukan beberapa tips sederhana utuk membantumu mengenali barang palsu.

1. Periksa untuk melihat seperti apa logo gadget.

Gadget palsu bukan hanya berkualitas buruk, tapi juga bisa berbahaya karena tidak melalui pemeriksaan atau sertifikasi yang benar. Tapi kalau-kalau kamu berada dalam situasi tidak tahu apakah gadget-mu asli atau palsu, berikut beberapa tips untukmu.

  1. Logonya akan salah cetak atau tampak memiliki bercak. Kamu bisa memeriksa logo asli di ponselmu dan bandingkan dengan gadget yang meragukan. Jangan terburu-buru, terutama jika barang itu mahal.
  2. Rasanya terlalu ringan.
  3. Warnanya kekuningan, bukan putih.
  4. Plastiknya tampak dibuat asal-asalan.

2. Periksa logam dan suara pada jam tangan mahal.

Pasar loak bisa menjadi tempat bagus untuk menemukan jam tangan mahal langka. Tapi kamu perlu tahu cara mengetahui penipuan.

  1. Jam tangan termahal memiliki mekanisme halus, artinya seharusnya tidak ada suara detak. Dekatkan jam tanganmu ke telinga dan jika kamu mendengar suara, sebaiknya tinggalkan.
  2. Ukiran pada jam tangan mahal biasanya lebih tajam.
  3. Jam tangan palsu biasanya dibuat dengan bahan lebih murah dan ringan daripada jam tangan asli.

3. Periksa jahitan pada pakaian dan sepatu.

Kualitas barang asli dan mahal juga berbeda. Jahitannya akan jauh lebih bersih dan kencang pada barang asli, tidak seperti tiruannya. Pakaian dan sepatu asli sering kali memiliki lebih banyak jahitan per sentimeter perseginya. Garis pada barang palsu tidak akan selurus barang asli karena bahan yang digunakan pada barang palsu lebih sedikit agar harganya lebih murah.

4. Periksa label pada pakaian.

Selalu periksa labelnya. Label bisa memiliki banyak petunjuk tentang apakah merek itu palsu atau tidak.

  1. Barang palsu biasanya menggunakan peralatan pabrik berkualitas rendah sehingga jahitan labelnya mungkin akan buruk.
  2. Perhatikan detail. Warna label ukuran akan berbeda dan kualitasnya akan buruk dibandingkan dengan barang asli. Selain itu, hurufnya mungkin memiliki spasi berbeda.

  3. Sering kali, ada nomor seri pada label ukuran untuk merek lebih mahal.

5. Periksa bungkus kosmetik dan parfum.

Kosmetik palsu sangat berbahaya! Itu karena kita menggunakan produk ini pada tubuh sehingga kita ingin tahu bahwa semuanya teruji dan tersertifikasi aman. Ini beberapa tips yang bisa membantumu menghindari barang palsu:

  1. Plastik beningnya seharusnya dibungkuskan dengan rapat di sekeliling kotak.
  2. Barang palsu sering kali memiliki plastik atau wadah logam berkualitas rendah.
  3. Nama warna seharusnya dicetak pada stiker, bukan kotak.
  4. Produk asli seharusnya muat sempurna di dalam kotak.

6. Periksa kancingnya.

Jika kamu ingin membeli jaket, mantel, atau jas hujan, lihatlah kancing di bagian dalam dan luarnya. Merek asli akan memiliki plastik berkualitas bagus dengan ukiran nama perusahaan. Barang palsu akan menggunakan plastik murah serta ringan, dan terkadang tak akan ada labelnya. Kancing juga seharusnya dijahit dengan kencang dan tidak dipasang hanya dengan beberapa jahitan.

7. Periksa kualitas layar saat membeli ponsel pintar.

Barang palsu bisa terlihat sangat profesional. Terkadang, kita kesulitan menemukan perbedaan antara iPhone asli dan palsu. Namun, tetap saja kita bisa mengetahuinya jika mengikuti hal berikut:

  1. Saat kamu menyalakan ponsel untuk kali pertama, layarnya mungkin tak akan secerah saat kamu mencoba iPhone 7, misalnya.
  2. Angka dalam kalender mungkin memiliki fon berbeda.
  3. Layar seharusnya tidak kasar. Hal seperti ini terjadi saat panel resolusi rendah digunakan.

  4. Gambarnya tak boleh buram.

8. Unduh aplikasi khusus untuk menemukan barang palsu.

Jika kamu memutuskan membawa pencarian barang palsumu ke tingkat berikutnya, kamu bisa mengunduh aplikasi khusus yang mengenali baju, sepatu, dan aksesori palsu. Dengan begitu, saat kamu membeli barang dari toko lain, itu akan membantumu menghindari penipuan dan menghemat uang.

Aplikasi ini mendeteksi detail kecil seperti dalam gambar di atas. Misalnya, “puncak” lidah sepatu palsu agak panjang dibandingkan yang asli.

Kamu tahu trik untuk membantumu mengenali barang asli dan barang palsu? Setuju nggak kalau kami bilang barang palsu terlihat lebih meyakinkan sekarang ini?

Kredit foto pratinjau shutterstock.com
Bagikan Artikel Ini