Sisi Terang
Sisi Terang

9 Trik Singkat yang Akan Membantumu Memilih Ukuran Pakaian yang Tepat

Terkadang kamu membeli satu jenis pakaian, kemudian mendapati pakaiannya terlalu ketat di tubuhmu, atau terlihat seperti dibeli untuk orang lain. Saat berbelanja, kita bisa terlalu terbawa suasana, sehingga kita tidak memperhatikan beberapa detail kecil. Dan mengetahui trik berikut ini dapat membantumu memahami, bahkan ketika di kamar pas, apakah pakaian ini cocok untukmu atau tidak.

Di Sisi Terang, kami memutuskan untuk mencari-cari trik kecil apa yang bisa membantumu memilih pakaian di toko, yang ukurannya pas buatmu.

Bra

Ukuran adalah hal terpenting saat memilih bra, tapi tidak semua orang tahu cara menentukannya. Kamu bisa melakukannya dalam beberapa menit, bahkan sebelum pergi ke toko. Berdiri tegak, dan ukur lingkar dada di bawah payudara (tempat sabuk bra berada), kemudian lingkar dada pada titik yang paling cembung. Pita pengukur harus menempel erat di tubuhmu, tapi jangan terlalu ketat.


Sekarang kurangi lingkar di bagian paling cembung dengan lingkar di bawah payudara. Angka yang dihasilkan akan menunjukkan ukuran cup: 10-11 cm akan menunjukkan ukuran 0, 11-12 cm—ukuran 1, 13-15cm—ukuran 2, 15-17 cm—ukuran 3, 17-19 cm—ukuran 4, dan seterusnya. Huruf alfabet berhubungan dengan setiap ukuran: ukuran 0 berarti AA, ukuran 1 berarti A, ukuran 2—B, ukuran 3—C, ukuran 4—D. Bulatkan angka lingkar di bawah payudara dalam ukuran yang tersedia (dalam inci). Kalau lingkar di bawah payudara adalah 73,66 cm (29 inci) dan lingkar bagian paling cembung adalah 86 cm, ukuran bra yang tepat adalah 30A.

Kaus

Kaus adalah jenis pakaian yang umum sehingga kita hanya melihat ukuran pada label sebelum membelinya. Namun, ini tidak berarti ukurannya akan pas dengan tubuh kita. Kaus dengan ukuran yang sesuai harus memiliki lengan yang mencapai tengah bahu. Jika lebih pendek, bajunya terlalu kecil, dan jika lebih panjang, terlalu besar.

Perhatikan panjang kaus, idealnya, tepi bawahnya harus beberapa inci di bawah pinggangmu. Jahitan bahu harus pas dengan tubuh dan tidak melewati tepi bahu.

Jaket

Cara termudah untuk mengetahui apakah ukuran jaket pas untukmu adalah dengan memeluk diri sendiri, dan kamu bisa melakukan itu di kamar pas. Pastikan jaket tidak membatasi gerakanmu dan kamu dapat dengan mudah meraih sikumu. Kalau ukurannya pas, kamu akan merasakan sedikit tarikan, kalau tidak, jaketnya terlalu besar.

Gaun

Saat membeli gaun klasik yang pas di tubuh, perhatikan jahitan bahunya. Jahitan ini harus terbentang rata dan kain tidak boleh berkerut. Gaun terlalu kecil jika ada kerutan di bagian depan hemnya, yang berarti kainnya melar dan kamu tidak akan merasa nyaman saat bergerak.

Ikat pinggang gaun Empire-waist harus terletak di bawah payudaramu. Jika naik sedikit, artinya gaun itu terlalu kecil. Dalam gaun klasik yang pas di tubuh, garis pinggangnya harus sesuai dengan lingkar pinggang alamimu.

Blus

Saat memilih blus, fokuskan pada bagian tubuh yang paling lebar, misalnya bahu, dada, atau pinggang. Kain di antara kancing tidak boleh melebar karena tarikan. Seperti pada kaus, jahitan bahu tidak boleh terletak di bawah bahumu dan harus pas dengan tubuh. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jahitan samping: yakni harus tegak lurus dengan lantai. Jika tidak, pakaian dapat terpelintir saat dipakai.

Kemeja

Saat memilih kemeja, kamu harus memperhatikan beberapa hal sekaligus. Kerah harus menyentuh leher, tapi tidak menekannya. Saat kamu memutar kepala, kalau kerahnya ikut berputar, artinya kerah terlalu ketat. Idealnya, harus ada celah 2 jari saat kerah dikancingkan.

Lengan baju tidak boleh terlalu ketat sehingga kamu dapat melihat bentuk tanganmu, tapi tidak boleh terlalu longgar sampai bergelombang. Saat menggerakkan tangan, pergelangan kemejamu tidak boleh naik lebih dari 2,5 cm dari pergelangan tangan.

Rok

Untuk menentukan apakah ukuran rok pas untukmu, cobalah sentuh penahan ikat pinggang rok dengan jarimu dan tarik setidaknya 2,5 cm ke belakang. Kalau kamu dapat melakukannya, berarti ukurannya pas (ukuran yang diperlukan untuk bergerak dan duduk dengan nyaman). Jika celah ikat pinggang kurang atau tidak ada sama sekali, maka roknya terlalu ketat dan ada baiknya memilih ukuran yang lebih besar.

Lihatlah belahan roknya jika ada. Ujungnya tidak boleh melebar, saat kamu berdiri. Ujung rok harus benar-benar sejajar dengan lantai. Kecuali, tentu saja, rok tersebut berpotongan asimetris.

Celana bahan

Celana bahan klasik dengan ukuran yang pas sebaiknya hanya menempel erat di paha bagian atas, sedangkan bagian bawahnya harus tetap longgar. Untuk mengetahui apakah ukurannya pas, coba letakkan 2 jari di bawah ikat pinggang. Cara pengujian lainnya adalah dengan duduk di kursi di ruang pas dan letakkan ibu jarimu di bawah ikat pinggang.

Kalau kamu berhasil, kamu dapat membeli celana ini dengan aman karena kamu dapat dengan mudah memasukkan kemeja ke dalamnya tanpa membuat tekanan yang tidak menyenangkan di perut. Lihatlah lebih dekat saku depannya. Saat kamu berdiri, bagian saku celana tersebut seharusnya tidak berkerut. Tidak masalah kalau kamu melihat lipatan setelah duduk.

Pakaian olahraga

Saat memilih pakaian olahraga, kamu harus memulainya dengan menentukan olahraga yang kamu lakukan. Misalnya, celana bersepeda punya pelapis khusus yang membuat celana tersebut nyaman digunakan saat bersepeda dalam jangka waktu yang lama. Celana ini tidak akan nyaman dipakai untuk jogging atau fitness. Sebaliknya, bersepeda beberapa kilometer dalam celana jogging atau celana pendek juga tidak akan nyaman. Kurangnya pelapis bisa menyebabkan kapalan.

Perhatikan bahannya: katun breathable (sejuk) akan menyerap kelembapan, tapi tidak akan cepat kering dan akan membuat pakaian lebih berat. Bahan sintetis bisa menimbulkan listrik statis yang tidak diinginkan, misalnya saat berlari di treadmill. Opsi terbaik untuk berolahraga adalah bahan dari nilon atau bambu. Bahan ini memungkinkan udara mengalir dan mengusir kelembapan dari tubuh. Pertimbangkan potongan sweatpants-mu: celana ketat baik untuk berlari atau latihan berkelompok, sedangkan celana longgar cocok untuk olahraga santai.

Apa kamu punya kiat khusus saat memilih pakaian? Bagikan di komentar di bawah.

Sisi Terang/Tips & trik/9 Trik Singkat yang Akan Membantumu Memilih Ukuran Pakaian yang Tepat
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya