Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Aturan 3 Detik ala Wanita Korea yang Bisa Bikin Kulitmu Jadi ’Glowing’

Produk kecantikan asal Korea berhasil memenuhi rak di berbagai toko kosmetik di seluruh dunia, dan kemasannya yang menggemaskan sungguh menggoda. Namun, bukan hanya produk kesehatan kulitnya yang membuat kulit wanita Korea bersinar, justru urutan perawatan yang mereka jalani. Rutinitas perawatan kulit ini terdiri dari 10 langkah, dan salah satunya adalah aturan pelembap 3 detik, artinya kamu harus langsung mengoleskan pelembap tepat 3 detik setelah selesai mencuci wajah,

Kami di Sisi Terang terkejut saat tahu kalau mengeringkan wajah dengan handuk bisa merusak usahamu mendapatkan kulit terbaik. Dan kami melakukan sedikit riset untuk mencari tahu apa yang terjadi pada kulit jika kamu langsung menjalani perawatan kulitmu setelah membersihkan wajah.

1. Membantu kulit menyerap produk lebih baik.

Jika kamu mengoleskan produk perawatan kulit tepat setelah mencuci wajah, kulitmu akan mendapatkan manfaat semua produk ini semaksimal mungkin. Karena lapisan kulit terluar merupakan pelindung dan berfungsi sebagai perisai antara sel hidup di wajahmu dan lingkungan sekitar, lapisan ini menahan bahan-bahan perawatan kulit yang mencoba melewatinya. Namun, saat masih basah, kulitmu lebih mudah menyerap bahan-bahan aktif dari serum atau pelembapmu.

2. Mencerahkan kulitmu.

Mungkin terdengar kontradiktif, tapi kulitmu itu bisa terasa lebih kering meskipun kamu telah mencucinya. Ini terjadi karena air menguap dengan cepat dari kulit, membawa semua minyak esensial dari kulit. Hasilnya, kulitmu malah jadi kering dan terlihat kusam. Semakin cepat kamu mengoleskan pelembap, semakin cepat pula kesempatanmu mengunci semua hidrasi yang diperlukan dan membuat kulitmu terlihat bersinar dan cerah.

3. Membuat kulitmu terlihat lebih muda.

Kulit yang terhidrasi dengan baik terlihat kenyal dan awet muda. Ini bukan cuma sekadar ilusi optik semata. Jika kulitmu kering, semua garis halus dan keriputnya malah terlihat jelas. Meskipun krim dan serum seharusnya bisa membuat kulitmu jadi lebih mulus dan mengoleskannya ke kulit kering terdengar logis, namun pada kenyataannya, ini malah mencegah kulit mendapatkan semua manfaat krim dan serum tersebut. Karena dipenuhi tumpukan sel kulit mati, kulit yang kering dapat mencegah pelembap menembusnya.

4. Membuat kulitmu lebih sehat.

Kalau kamu mengoleskan pelembap tepat setelah mencuci wajah, ini akan membantumu menjaga keseimbangan kulit. Kalau kulitmu terlalu kering, kelenjar di bawah permukaan kulit mulai memproduksi lebih banyak sebum untuk menetralisir kulit kering, yang akan menyebabkan jerawat.

5. Melindungi kulitmu dari kerusakan akibat sinar matahari.

Wanita Korea tahu cara melindungi kulit mereka dari sinar UV yang berbahaya, dan mengoleskan pelembap tepat setelah mencuci wajah merupakan langkah penting. Matahari juga bisa membuat kulit kering, membuatnya keriput dan bersisik. Selain itu, karena kebanyakan krim wajah mengandung SPF, kulitmu akan mendapatkan manfaat ganda dari proses hidrasi.

6. Menenangkan kulit sensitif.

Kulit sensitif mudah iritasi dan memerlukan perawatan ekstra khusus. Mengoleskan krim ke wajah sebelum kulitmu menjadi lebih kering akan membantu mencegahnya benar-benar kering dan terasa gatal. Para ahli kesehatan menyarankan agar mencuci wajah tidak lebih dari dua kali sehari untuk menghindari iritasi kulit.

7. Mempercepat rutinitas perawatan kulitmu.

Mengikuti 10 langkah rutinitas perawatan kulit ala wanita Korea memang bikin repot, dan banyak dari kita yang tidak memiliki waktu untuk ini. Namun, aturan 3 detik akan benar-benar membantu rutinitas kecantikanmu selesai lebih cepat. Entah itu saat kamu sedang terburu-buru untuk keluar rumah di pagi hari atau sudah tak tahan ingin segera tidur di malam hari, melewati langkah mengelap wajah dengan handuk akan menghemat lebih banyak waktu dan memberimu kulit yang terlihat (dan terasa) lebih sehat.

Apa kamu pernah mengoleskan pelembap saat kulit masih basah? Seperti apa rutinitas perawatan kulit harianmu?

Bagikan Artikel Ini