Jangan Menghemat untuk 11 Hal Ini, Meski Terasa Sayang

Orang-orang suka menghemat uang—ini fakta yang sudah diketahui secara umum. Tapi perilaku ini tidak selalu menguntungkan atau bermanfaat. Terkadang, kita hanya mendapat keuntungan jangka pendek tapi dalam jangka panjang justru membahayakan kesehatan dan kualitas hidup kita. Bukan tanpa alasan kalau ada ungkapan, “Orang pelit membayar dua kali.”

Kami di Sisi Terang memutuskan untuk mencari tahu dalam hal apa saja seharusnya kita tidak bersikap pelit, karena bisa merusak kenyamanan kita.

1. Pakaian dalam berkualitas

Pakaian dalam seharusnya dipilih secermat kita memilih celana jin atau gaun. Kamu harus nyaman memakainya. Tidak boleh sedikit pun menimbulkan ketaknyamanan. Penggunaan bahan imitasi serta renda sintetis dan murahan bisa menyebabkan iritasi, ruam, dan gatal pada kulit. Bahkan, bra yang tidak berkualitas lebih cepat kehilangan bentuk dan fungsinya—yaitu menyangga payudara. Pakaian dalam berkualitas buruk juga bisa menyebabkan sulit bernapas, menekan pembuluh darah, dan menghambat sirkulasi darah, yang semuanya bisa berdampak negatif terhadap kesehatanmu.

Bahkan, pakaian dalam murahan juga bisa memberi pengaruh buruk pada penampilanmu—kalau kamu memakai pakaian ketat, pakaian dalam harus tidak terlihat. Set pakaian dalam seamless bisa memberikan efek ini dengan sempurna.

2. Headphone nirkabel

Sulit sekali bertahan di kota besar modern tanpa earbud—banyak di antara kita suka mendengarkan musik dan podcast di mana saja, entah itu di kereta, di jalan, di pusat kebugaran, dsb. Tapi, kelemahan terbesar earbud adalah kabelnya yang sering kusut bisa melilit apa saja. Syukurlah, kini kamu bisa menghindari kerepotan hanya dengan membeli earphone nirkabel berkualitas. Pembelian ini terutama akan sangat disukai oleh mereka yang suka berolahraga—mulai sekarang, kegiatan akan lebih nyaman.

3. Sepatu mahal

Alas kaki harus nyaman. Kalau tidak, kualitas hidup akan berkurang. Itu bukan hanya karena kelelahan atau kapalan pada kaki, tapi juga fakta bahwa tubuh dipaksa mendistribusikan beban agar kamu bisa menjaga keseimbangan ketika telapak kaki berada dalam posisi yang salah. Akibatnya, seseorang bisa mengalami masalah pada persendian dan tulang belakang. Sepatu dan bot mahal biasanya dibuat dengan bahan berkualitas dan mempertimbangkan fitur-fitur anatomi manusia. Alas tumitnya dibuat agar kita merasa senyaman mungkin.

Di samping itu, banyak orang memperhatikan sepatu ketika bertemu dengan orang baru. Karenanya, dengan mengeluarkan sedikit lebih banyak uang, kamu bisa memberi kesan sebagai orang yang serius dan sukses.

4. Berolahraga di bawah pengawasan pelatih

Banyak orang menganggap pelatih pribadi tidak penting. Tapi dalam banyak kasus, bantuan pelatih sangatlah penting. Pertama, jika kamu baru dalam hal berolahraga atau latihan, akan lebih baik kalau seorang ahli mengajarkan teknik-teknik latihan yang baik kepadamu. Ini bukan hanya terkait keselamatan, tapi juga efisiensi latihan. Kedua, sebagian orang butuh orang lain yang bisa memotivasi mereka untuk mengunjungi pusat kebugaran dan berlatih sepenuhnya. Ketiga, seorang ahli bisa menyiapkan rencana latihan terperinci yang dibuat khusus untukmu berdasarkan pada tujuanmu—ada yang ingin menurunkan berat badan, membesarkan otot, dan menjadi lebih kuat serta meningkatkan daya tahan.

Di saat bersamaan, kamu tidak harus menjalani latihan individu secara rutin. Kamu bisa memulai dengan 4-5 sesi latihan dengan seorang ahli, lalu menyewanya sesuai kebutuhan.

5. Menghilangkan bulu dengan laser

Tentu jika kamu bisa dengan mudah menghilangkan bulu memakai pisau cukur dan tidak keberatan melakukannya tiap 3-4 hari serta tidak merasakan sakitnya melakukan waxing, kamu bisa melupakan perawatan dengan laser. Tapi, yang dianggap sebagai cara paling efektif dan tanpa rasa sakit untuk menghilangkan bulu yang tidak diinginkan cukup sekali dan untuk selamanya adalah dengan teknik laser. Tapi pastikan untuk berkonsultasi dengan spesialis dan pertimbangkan tiap tahap dari prosesnya.

6. Mesin cuci piring

Mesin cuci piring adalah cara bagus bukan hanya untuk menghemat waktu dan kesabaran, tapi juga uang. Terhitung bahwa mesin cuci piring memakai sekitar 10-15 liter air dalam satu kali pencucian, sedangkan mencuci piring secara manual butuh lebih dari 30 liter. Kini, karena meteran air terpasang di hampir setiap rumah, perbedaan ini cukup berarti. Lebih dari itu, mesin cuci piring mencuci lebih bersih dan bahkan mendisinfeksi peralatan makan jika kamu memilih mode mencuci dengan air panas. Ini sangat ideal bagi keluarga dengan banyak anak.

7. Sikat gigi listrik atau irrigator

Untuk mengurangi jumlah kunjungan ke dokter gigi, kamu harus melindungi gigi dan merawatnya dengan cermat. Sikat gigi listrik atau irrigator berkualitas akan membantumu dalam hal ini. Sikat gigi biasa bisa membersihkan rongga mulutmu dengan tuntas dengan sekitar 200 gerakan per menit, tapi sikat gigi listrik bisa melakukan ribuan putaran. Irrigator berguna bagi mereka yang ingin terbebas dari plak di rumah, karena alat ini menghilangkan semua serpihan makanan dengan semprotan air yang kuat dan bisa memijat gusimu.

8. Mesin kopi kapsul

Sebuah alat kapsul untuk membuat minuman wangi ini benar-benar bisa menjadi penyelamat bagi mereka yang menghargai waktu. Dibanding dengan cara-cara menyeduh kopi lainnya, opsi ini adalah yang tercepat. Kamu tidak perlu buang-buang waktu untuk memasukkan kopi ke dalam alat itu, mencucinya, dan seterusnya. Cukup nyalakan mesin, tuang air, dan masukkan kapsulnya—lalu kopimu yang nikmat pun siap! Di samping itu, pembuat kopi kapsul biasanya berukuran kecil, artinya kamu tidak perlu menyediakan tempat khusus di dapur.

9. Kursus-kursus bahasa daring

Mengembangkan diri dan mendapatkan pengetahuan baru merupakan hal baik. Sekarang ini, ada banyak buku untuk belajar mandiri yang memungkinkan orang mempelajari bahasa baru dengan cepat dan mudah. Tapi dalam kaitannya dengan belajar bahasa, belajar mandiri tidak selalu memberi hasil yang lebih bagus dibanding belajar daring dengan guru. Ini karena disiplin jadwal yang ketat jauh lebih baik dibanding belajar kapan pun dan di mana pun kamu merasa nyaman. Belajar bahasa baru butuh sebuah sistem.

Terlebih lagi, guru bisa membuat program khusus yang didasarkan pada tujuanmu, memberi tahu kesalahan pelafalan, dan membantumu berlatih bicara.

10. Kasur ortopedi

Tidur berkualitas menjamin kesehatan dan kesejahteraan yang baik. Karena itu, menjaga kenyamananmu ketika tidur sangat penting. Kasur yang berkualitas buruk dan tidak nyaman bisa menyebabkan banyak masalah. Dalam jangka pendek, itu bisa memperburuk kualitas tidur. Hasilnya, kamu tidak akan cukup tidur dan akan menjadi lebih cepat lelah. Itu membuatmu lebih sulit berkonsentrasi dalam banyak hal. Tapi, segala sesuatunya mungkin justru menjadi lebih parah seiring waktu—kasur yang buruk bisa menimbulkan masalah tulang belakang.

11. Kursi santai untuk bayi yang baru lahir

Kini, ada banyak peralatan yang bisa memudahkan hidup para orang tua muda. Sebagian memang butuh dana cukup besar, tapi sangat sepadan. Misalnya, kursi santai khusus bayi dengan tempat duduk yang bisa disetel bisa membuat orang tua lebih leluasa bergerak. Kamu tidak perlu lagi mengayun bayi dalam gendongan karena kursi khusus ini memiliki fungsi getaran.

Kamu juga bisa membawa bayi tanpa takut tidak bisa menemukan kursi anak di tempat umum. Terakhir, kursi santai berkualitas bisa memastikan bayi aman saat orang tua sedang sibuk melakukan tugas lain.

Apa kamu bisa mengingat pembelian yang awalnya kamu merasa sayang, tapi kemudian menyadari bahwa membeli barang yang lebih berkualitas memang langkah terbaik? Ceritakan kepada kami, ya!

Kredit foto pratinjau depositphotos, depositphotos
Bagikan Artikel Ini