Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

8 Kesalahan Perawatan Kulit yang Membuat Pori-Porimu Tampak Lebih Lebar

Minyak berlebih, sel-sel kulit mati, kotoran, dan bakteri dapat menyumbat pori-pori dan membuatnya tampak lebih lebar. Merawat wajah memang sangat penting, tapi kadang-kadang kamu menjadi terobsesi. Namun, terlalu banyak perawatan ternyata justru tidak bagus untuk kesehatan kulit dan sebagian rutinitas kecantikan harian serta kebiasaan kita justru lebih berbahaya bagi pori-pori dibanding faktor eksternal apa pun.

Sisi Terang suka menemukan kiat-kiat kecantikan baru untuk para pembaca dan kali ini kami merasa termotivasi untuk mengingatkan tentang hal-hal yang mungkin kamu lakukan terhadap kulitmu. Pastikan kamu mencatatnya!

1. Sering memakai kertas minyak wajah.

Kertas minyak wajah bisa menjadi penyelamat situasi di hari-hari yang panas ketika kulit cenderung menjadi terlalu berminyak dan berkeringat. Meski begitu, memakai kertas minyak wajah berulang-ulang akan lebih membahayakan daripada menyehatkan kulit. Sebenarnya, lapisan tipis minyak justru dibutuhkan untuk kulitmu. Dengan terus menghilangkannya, berarti kamu memaksa kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak. Ini menyebabkan pori-pori tersumbat dan menjadi lebih lebar.

2. Memencet komedo dan jerawat secara paksa.

Ya, memencet jerawat bisa jadi sangat memuaskan, tapi ini harus dilakukan dengan aman. Di permukaan kulit terdapat bakteri, dan memencet jerawat berarti memaparkan luka kepada bakteri tersebut. Jika kamu memaksa memencet jerawat yang belum waktunya untuk diekstraksi, kamu memberi peluang bagi bakteri untuk masuk le lapisan kulit yang lebih dalam. Ini justru memperparah situasi, karena iritasi akan menyebar, sehingga menghasilkan pori-pori yang lebih lebar dan bekas luka.

3. Terlalu sering melakukan eksfoliasi.

Eksfoliasi atau pengelupasan kulit mati dari permukaan kulit terluar akan membantu menghilangkan kotoran, sel-sel kulit mati, dan minyak berlebih yang bisa menyumbat pori-porimu. Tindakan sederhana ini menyegarkan dan dapat membuat pori-porimu tampak lebih kecil. Tapi kamu hanya boleh melakukannya 1-2 kali seminggu. Terlalu sering melakukan eksfoliasi bisa mengakibatkan kulit kering dan pori-pori terbuka, dan jika tanpa lapisan minyak alami, kulit akan menyerap debu dari sekitar. Ini akan membuat pori-porimu lebih besar.

4. Membiarkan kulit menjadi kering.

Kulit kering bisa menyebabkan keriput, sehingga membuatmu tampak lebih tua. Kulit kering juga menyebabkan pori-pori menjadi rata dan terlihat lebih besar. Jadi, ini bukan hanya berbahaya bagi pori-porimu, tapi juga membuatmu tampak lebih tua. Syukurlah, hal ini mudah dicegah — pilih toner wajah dan pelembap yang baik sesuai dengan jenis kulitmu, dan oleskan di wajah setiap hari.

5. Memakai produk-produk yang menutup pori-pori.

Ada beberapa produk sangat populer, yang digunakan dalam perawatan kulit, tapi tidak seharusnya dipakai di wajah. Lemak kakao, minyak kelapa, dan krim lanolin mempunyai sifat menyumbat pori-pori. Bahan-bahan ini mungkin bagus untuk menjaga kelembapan kulit, tapi juga bisa menimbulkan noda dan membuat kotoran terjebak di dalam pori-pori. Jerawat seperti ini dapat meregangkan pori-porimu. Lebih baik memilih krim wajah yang cocok dan mengoleskan minyak jenis ini ke tubuhmu.

6. Terlalu sering memperbaiki make-up.

Selama siang hari, secara alamiah, mungkin make-up-mu cepat luntur. Sedikit memperbaikinya tentu boleh saja, tapi jangan melakukannya berlebihan. Kulitmu memproduksi minyak, dan dengan terus-menerus membubuhkan bedak, maka akan terbentuk lapisan minyak, kotoran, dan make-up. Dengan bersolek terus-menerus, dijamin akan muncul masalah iritasi kulit dan jerawat.

7. Makan makanan yang berbahaya.

Produk-produk susu, alkohol, dan makanan yang mengandung gula olahan tinggi, pedas, atau goreng-gorengan berbahaya bagi kulitmu. Bahan-bahan itu bisa memicu peradangan di tubuhmu dan menyebabkan kulit yang rentan berjerawat. Jerawat melemahkan kelenjar minyak dan lubang-lubang folikel rambutmu, sehingga membuat pori-porimu membesar. Jadi, rencana menu makanan yang baik selalu menjadi opsi menakjubkan untuk merawat kondisi kulitmu.

8. Tidak memakai tabir surya.

Paparan sinar matahari membahayakan kulitmu dengan berbagai cara. Sinar itu menebalkan kulit, menghilangkan kolagen, elastin dan air dari kulit, serta menyebabkan menyusutnya jaringan. Ini membuat tepi-tepi pori-porimu meregang dan tampak kendur. Jadi, memiliki krim tabir surya itu wajib!

Apa pori-porimu kecil atau membesar? Apa kamu punya trik-trik tersendiri untuk mengecilkan ukuran pori-pori? Yuk, berbagi di kolom komentar!

Bagikan Artikel Ini