Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

7 Kiat Perawatan Kulit yang Sudah Terbukti Berhasil

Musim panas adalah saatnya kamu mengenakan pakaian yang lebih terbuka dan longgar. Jadi, kamu ingin kulitmu tampak cantik. Tapi hawa panas, matahari, dan udara kering mungkin mengakibatkan masalah kulit. Merek perawatan kulit terkenal juga terkadang tidak berguna dan mahal.

Sisi Terang mengumpulkan sejumlah kiat sederhana yang cepat dan mudah, juga dapat membuat kulitmu sangat cantik di musim apa pun.

1. Scrub soda kue

Ternyata, soda kue tidak hanya berguna di dapur, tapi juga di depan kaca. Buat pasta dari campuran soda kue dan air dengan perbandingan 3:1. Basuh wajah dengan air dan sabun, lalu gosokkan perlahan campuran pasta ke wajahmu.

Bilas dengan air setelah kamu menggosok seluruh wajah. Ini juga bisa digunakan sebagai pembersih wajah untuk kulit sensitif.

2. Manis dan asin mempercantik kulit

Campurkan garam, gula, madu, dan minyak kelapa menjadi pasta. Scrub ini bisa digunakan untuk wajah dan badan. Gunakan sekali atau dua kali seminggu untuk mengangkat kulit mati. Ini akan mencegah pori-pori tersumbat dan jerawat.

Jika kulitmu berminyak parah, kamu bisa memakai bahan padatnya (garam dan gula) lebih banyak..

3.Gunakan bahan eksotis: Minyak Marula

Minyak marula berasal dari pohon marula, yaitu pohon asli Afrika Selatan. Minyak ini kaya akan asam lemak, jadi, direkomendasikan untuk menenangkan kulit kering dan dehidrasi.

Minyak akan terserap dengan cepat dan kulitmu akan tampak sehat tanpa berminyak atau mengkilap.

4. Vitamin A

Ahli dermatologi menyarankan untuk memilih krim malam yang mengandung vitamin A, atau biasa disebut retinol. Tapi kamu bisa menambahkan krim dengan vitamin sendiri. Tambahkan dua tetes minyak rosehip atau minyak wortel ke krim malammu. Ini akan membantu mencegah stretch mark, jerawat, dan keriput.

Selain itu, dua minyak ini membantu melawan bekas luka, khususnya bekas jerawat. Tapi hati-hati menggunakannya saat kamu sedang hamil dan jangan gunakan produk dengan vitamin A saat siang. Ini bisa berdampak pada kemampuan kulit berlindung dari paparan matahari.

5. Minyak tea tree bukan untuk teh

Banyak penelitian mengklaim bahwa minyak tea tree cocok untuk melawan bakteri kulit. Juga membantu meredakan iritasi, mengurangi jerawat, dan menenangkan inflamasi. Pilih gel anti jerawat yang mengandung minyak ini untuk merawat kulit, dan kamu akan segera menyadari kemerahan berkurang dan kulit akan tampak lebih sehat.

6. Berendam

Cobalah mengganti campuran sabun untuk berendammu dengan campuran ini. Ini akan membuat kulitmu ekstra lembut. Campurkan 1/4 cangkir oatmeal, 1/4 cangkir susu bubuk, 1/4 cangkir gula cokelat, dan 1/4 cangkir herba pilihanmu, seperti chamomile. Lalu, giling campurannya dengan food processor.

Tambahkan 10-15 tetes minyak esensial pilihanmu, 2 sendok makan madu, dan 2 sendok teh minyak bayi. Ambil kantong berbahan kain dan masukkan campuran tadi ke dalamnya. Biarkan terendam dalam air hangat selama beberapa menit. Lalu, sesuaikan temperaturnya dengan menambahkan air biasa agar tidak terlalu panas. Selamat menikmati.

7. Coba kurangi gula

Para peneliti menunjukkan bahwa gula berlebih dapat memicu keriput, garis halus, dan kulit kusam. Coba kurangi gula olahan (cth: permen, roti putih). Gantilah dengan buah dan beri-berian. Ini akan memuaskan keinginanmu akan gula dan memberikan antioksidan yang sehat untuk kulitmu.

Hal yang wajib untuk kulitmu

Ahli dermatologi memberikan sejumlah trik harian sederhana yang akan membantu kulitmu tampak sehat dan indah.

  • Cuci muka setiap hari. Bilas sekali atau dua kali sehari. Gunakan produk pembersih yang cocok dengan usia dan jenis kulitmu dan jangan pernah tidur dengan memakai riasan wajah.
  • Lembapkan kulit. Hal ini akan membuat kulitmu bersinar. Ingat bahwa kulit berminyak juga tetap memerlukan pelembap ringan. Gunakan produk ini langsung setelah mandi.
  • Gunakan tabir surya setiap hari. Bahkan saat cuaca mendung, kulitmu tetap terpapar sinar ultra violet.
  • Gunakan krim mata di malam hari. Pilihlah yang mengandung vitamin A, C, E, dan K. Ini membantumu terhindar dari keriput dan mata panda.
  • Cobalah untuk tidur di sisi tempat tidur yang berlawanan. Ini membuatmu mengubah posisi tidur saat malam dan ahli kosmetik berkata bahwa teknik ini akan membantu mengurangi jumlah keriput yang ada di kulitmu.

Apa kamu juga menggunakan trik perawatan kulit lain? Bagikan di kolom komentar, ya!

Kredit foto pratinjau iamconfusion / imgur
Bagikan Artikel Ini