Seorang Fotografer Turki Memotret Reaksi 17 Wanita Terhadap Ucapan “Kamu Cantik”

Pada tahun 2016, fotografer asal Turki, Mehmet Genç, yang juga menggunakan nama samaran Rotasız Seyyah (yang memiliki arti “musafir tanpa tujuan”), membagikan berbagai foto wanita pribumi dari setiap negara yang dikunjunginya. Hidup para wanita ini penuh dengan kerja keras dan sang fotografer sering melihat tatapan sedih di mata mereka. Jadi, dia menemukan trik bagus untuk membuat mereka tersenyum: dia mengingatkan setiap wanita ini bahwa mereka cantik. Setelah mendengar ucapan ajaib ini, para wanita ini yang awalnya tampak cemas atau sedih, mulai menunjukkan senyum malu namun tulusnya. Tidak hanya sangat menyentuh, foto-foto ini juga membuktikan bahwa pujian kecil bisa mengubah dunia seseorang.

Sisi Terang ingin menunjukkan kepadamu foto-foto jepretan seniman berbakat ini yang berhasil membuktikan kekuatan sejati sebuah ucapan dan mengabadikannya dengan kamera.

1.

Margarita menjual buah-buahan di sebuah pasar di Otavalo, Ekuador. Karena dia tidak mau senyum, Mehmet Genç berkata, “Kamu cantik,” dan bahkan berhasil membuatnya tertawa.

2.

Di wilayah pegunungan Sierra Nevada, Kolombia, sang fotografer bertemu dengan wanita asli Arhuaco yang pemalu bernama Diomayda. Saat dia mengambil fotonya, Mehmet Genç tiba-tiba berkata, “Kamu cantik.”

3.

Mathilda adalah wanita Guatemala. Ketika Mehmet Genç meminta izin untuk memotretnya, wanita ini memintanya agar tidak membuatnya tertawa. Jadi, dia berkata, “Kamu secantik gadis muda,” dan memotretnya.

4.

Maria Dolores berusia 70 tahun ketika foto ini diambil. Dia tinggal di Otavalo, Ekuador, dan merupakan orang asli Kichwa. Sang fotografer tidak bisa membuatnya tersenyum. Jadi, dengan bantuan seorang penerjemah, dia menyampaikan kata-kata ajaibnya.

5.

Di kota Nazareth, Kolombia, Mehmet Genç bertemu dengan wanita asli Wayuu, Evangelina. Usianya saat itu 100 tahun. Dia malu untuk melihat ke arah kamera, tapi ketika sang fotografer memuji kecantikannya, semua berubah. Reaksi wanita ini memperjelas bahwa ucapan, “Kamu cantik,” berhasil untuk segala usia.

6.

Di Cabo de la Vela, Kolombia, cuacanya sangat panas. Untuk melindungi dirinya dari sinar matahari, wanita yang bernama Juliana ini memakai masker wajah. Setelah beberapa foto, Mehmet Genç mengatakan betapa cantiknya dia, dan wanita ini menunjukkan senyum lebarnya.

7.

Altena berusia 88 tahun ketika foto ini diambil. Dia tinggal di Atalaia do Norte, di wilayah Amazon, Brasil. Pujian dari fotografer memberi perbedaan.

8.

Di desa Santa Maria de Jesus, Guatemala, Mehmet Genç bertemu penjual kacang. Dia memintanya untuk tersenyum ke kamera. Ketika dia tidak mau tersenyum, Mehmet berkata, “Kamu secantik gadis muda,” dan memotretnya.

9.

Ketika sang fotografer meminta izin untuk memotretnya, Maria Ignesia, dari Guamote, Ekuador, memakai topi barunya. Foto kedua adalah hasil dari ucapan: “kamu cantik”.

10.

Dia adalah penjual kaki lima dari Otavalo, Ekuador. Sang fotografer meminta izin untuk memotretnya. Kemudian, dia mengucapkan kata-kata ajaib itu untuk membuatnya tersenyum.

11.

Di kota Atalaia do Norte, Brazil, tinggallah Cosmita Gomes. Pengaruh ucapan ajaib dari sang fotografer sangat luar biasa.

12.

Zarekkim adalah wanita asli wilayah pegunungan Sierra Nevada di Colombia. Ketika dia melihat kamera, raut wajahnya sangat serius, tetapi kata-kata ajaib fotografer sangat ampuh. Kali ini, Mehmet Genç membuatnya tersipu dan berkata, “Ma du mikabani”, yang berarti, “Kamu cantik” dalam bahasa Arhuaco.

13.

Vasi Joaki adalah penduduk asli Marubo dari wilayah Amazon, Brasil. Mehmet Genç juga memujinya dengan bahasanya.

14.

Di desa Don Diego, Kolombia, Mehmet Genç berhasil memunculkan rasa penasaran seorang gadis muda. Saat Mehmet mendekatinya, gadis ini kembali masuk ke rumahnya. Dia meminta izin untuk memotretnya, tetapi gadis tersebut tidak merespons. Kemudian, Mehmet berkata, “Ayolah, kamu sangat cantik.” Gadis ini hanya membuka sedikit pintu rumahnya dan tersenyum ke arah kamera.

15.

Fidelina berasal dari El Salvador. Seperti biasa, sang fotografer mengambil foto biasa, lalu memuji kecantikan wanita ini.

16.

Mimba dan bayinya, Maya, adalah orang asli Indian Marubo dari Amazon, Brasil. Sulit memotret wajahnya karena dia sangat pemalu. Tetapi sang fotografer mengatakan betapa cantik dirinya dan tak lama, senyum wanita muda ini pun muncul.

17.

Di San Cristóbal, Mexico, Mehmet Genç bertemu wanita penjual pakaian. Mehmet membeli beberapa barang dari wanita ini, tapi dia tidak mau dipotret karena malu. Mehmet menata kepangannya, yang dihias dengan pita berwarna-warni, dan mengatakan bahwa dia tampak lebih cantik seperti itu. Kemudian, Mehmet berhasil menangkap senyum malu wanita ini.

Ucapan positif apa yang bisa mengubah drastis suasana hatimu? Kata-kata apa yang kamu gunakan untuk membuat orang lain tersenyum dan mencerahkan hari mereka?

Bagikan Artikel Ini