Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Alasan Kita Harus Minum Susu Sebelum Tidur

Susu adalah sumber gizi yang baik. Susu juga menyehatkan tulang dan memiliki lebih banyak manfaat jika kamu meminumnya sebelum tidur. Misalnya membantumu tidur lebih cepat, tidur nyenyak tanpa terbangun pada tengah malam, dan bahkan mengurangi berat badan!

Sisi Terang berpikir minum segelas susu lezat sebelum tidur adalah cara mudah untuk membuat hidup sedikit lebih sehat. Jadi, kami jelas akan mencobanya!

Susu mengandung senyawa yang bisa memperbaiki kualitas tidur.

Beberapa penelitian terhadap manusia dan hewan telah menunjukkan bahwa minum susu bisa membuat tidur lebih nyenyak. Susu mengandung triptofan dan melatonin yang bisa membantumu tidur lebih mudah dan cepat. Triptofan berperan dalam produksi serotonin yang memperbaiki suasana hati, membantumu tenang, dan juga sebagai pendahulu untuk melatonin.

Melatonin bantu mengatur ritme sirkadian dan menyiapkanmu untuk tidur. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen melatonin dan triptofan bisa mengurangi gelisah dan depresi yang bisa bertambah buruk pada waktu tidur.

Susu adalah sumber protein yang baik.

Jika kamu makan malam terlalu awal sebelum tidur, kamu bisa kesulitan tidur lelap sepanjang malam. Jika kamu tidak mau terbangun pada tengah malam karena lapar, coba minum susu sebelum tidur.

Ada aspek psikologis dari minum susu sebelum tidur.

Sampai tingkatan tertentu, minum susu sebelum tidur bisa membuatmu mudah tertidur karena menjadi ritual malam yang membantumu relaks dan menyiapkanmu tidur. Teori lainnya adalah susu hangat bisa mengingatkanmu akan minum susu sebelum tidur saat kecil, yang bisa membangkitkan kenangan indah dan memiliki efek menenangkan.

Susu bisa bantu mengurangi berat badan.

Jika kamu menjadikan minum susu ritual untuk membantumu tidur dan berhasil, itu bisa bantu menurunkan berat badan. Kualitas tidur yang buruk bisa membuat berat badan naik. Jadi, memperbaikinya bisa membantumu kembali pada bobot normalmu. Karena mengandung banyak protein bergizi, susu adalah pengganti baik untuk camilan larut malam, yang juga bisa menyebabkan bertambahnya berat badan.

Susu bisa meningkatkan massa otot tanpa lemak.

Susu mengandung protein bernama kasein dan whey. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi protein kasein dan whey pada malam hari bisa meningkatkan sintesis protein otot semalam.

Peringatan: Berhati-hatilah. Kamu mungkin saja mengalami intoleransi laktosa tapi tak menyadarinya. Beberapa gejalanya termasuk kembung dan kram perut.

Apakah kamu minum susu sebelum tidur? Kamu lebih suka susu dingin atau hangat? Apa itu membantumu tidur?

Kredit foto pratinjau shutterstock.com, Depositphotos.com
Bagikan Artikel Ini