Inilah Cara Paling Sehat untuk Mengonsumsi 10+ Makanan Favoritmu

Ada korelasi antara warna sayuran dengan manfaat kesehatan yang diberikan. Sayuran merah terkenal karena khasiat antioksidannya, sementara sayuran hijau terkenal bisa membantu kesehatan mata—dan sayuran kuning sering dianggap sebagai sumber protein yang bagus. Tapi bagaimana seharusnya kita mengonsumsi semua bahan makanan ini guna memaksimalkan nilai gizinya?

Sisi Terang mendorongmu untuk mempelajari apa makanan yang paling banyak mengandung mineral dan vitamin sehingga kamu bisa mengambil keputusan tepat tentang apa yang harus dimakan dan disingkirkan.

1. Pisang

Pisang adalah sumber nutrisi, termasuk vitamin B dan C, juga magnesium serta kalium. Dan benda mirip benang di antara daging buah pisang dengan kulitnyalah yang layak mendapat ucapan terima kasih kita. Benang itu disebut “phloem bundles” atau floem, yang menyebarkan air serta nutrisi ke seluruh buah. Kemungkinan, floem juga mengandung lebih banyak jenis serat dan bagus sebagai tambahan bagi dietmu. Jadi, jangan dibuang, ya!

2. Tomat

Merebus tomat terkesan seperti menistakan, tapi tomat yang sudah dimasak melepaskan lebih banyak antioksidan yang bisa melawan kanker, yaitu likopen. Ini terjadi karena panas menguraikan dinding sel liat dalam buah itu, sehingga tubuh kita lebih mudah menyerap nutrisinya. Memanggang tomat perlahan-lahan atau membuat saus juga bisa membantu.

3. Daun swiss chard, bit, dan lobak

Kamu benar sekali jika jenis-jenis sayuran ini dikonsumsi daunnya, tapi tangkainya juga bisa dimakan. Tangkainya yang sudah dimasak memberikan sejumlah glutamin, asam khusus yang membantu memulihkan tubuh. Rasanya juga nikmat kalau dimasukkan sebentar ke dalam air mendidih atau ditumis dengan minyak zaitun. Jadi, manfatkan sebaik-baiknya sayuranmu dengan mengonsumsi semua bagiannya dan dapatkan vitamin yang lebih banyak.

4. Kentang

Mengonsumsi kentang dengan kulitnya memberikan lebih banyak serat, vitamin, dan mineral dibanding tanpa kulit. Di antaranya adalah vitamin C, beberapa vitamin B, zat besi, kalsium, dan kalium. Bahan ini memberimu energi, mengurangi stres, dan bermanfaat bagi tulang serta pencernaanmu. Cara terbaik agar kulit kentang bisa dimakan adalah dengan memanggangnya.

5. Apel dan jeruk

Makan kedua buah ini dengan kulitnya! Kulit apel mengandung antioksidan, kuersetin, yang membawa keajaiban bagi jantung dan otakmu. Kulit jeruk mengandung senyawa yang disebut flavona, yang menurunkan kolesterol dan melindungi jantung.

6. Telur

Meskipun telur menjadi lebih mudah dicerna jika dimasak, panas tinggi bisa merusak sebagian nutrisinya. Memanaskan dalam microwave, menggoreng, dan merebus telur bisa mengurangi kandungan antioksidan dan mengoksidasi kolesterol dalam telur. Ini berarti telur ceplok rebus atau telur rebus lembut adalah yang paling sehat untuk dikonsumsi—ini cara memanfaatkan protein sebaik-baiknya dan menjaga keutuhannya. Cara-cara ini juga tidak meningkatkan jumlah kalori.

7. Bawang merah dan bawang putih

Menghaluskan dan mengiris bawang merah dan putih akan melepaskan allinase, enzim yang membantu pembuatan nutrisi bernama alisin. Ketika dikonsumsi, alisin membantu pembentukan senyawa lain yang melindungi kita dari penyakit. Bawang merah dan putih mengandung belerang, yang sangat cocok dengan makanan yang kaya akan zat besi dan zinc, seperti kalkun, daging sapi, dan hati.

8. Biji-bijian dan kacang-kacangan

Berbagai senyawa yang secara alami terkandung dalam biji-bijian dan kacang-kacangan bisa membuatnya sulit dicerna. Dengan merendamnya, kamu mengurangi jumlah senyawa ini, menjadikan mineral yang dikandungnya lebih tersedia dan lebih mudah dicerna. Cara ini juga membantu untuk lebih baik menyerap berbagai mineral seperti zat besi, kalsium, dan zinc, yang dilepaskan oleh air hangat. Kalau kamu membeli kacang merah, rendam dan didihkan. Kalau tidak, bisa menyebabkan muntah dan diare hebat.

9. Sayuran hijau

Semua yang hijau harus dimakan mentah. Kubis Brussel, brokoli, alpukat, bayam, dan semua sayuran hijau lain mengandung nutrisi yang larut dalam air yang sensitif terhadap panas. Temperatur tinggi merusak vitamin C, folat, dan vitamin B1, serta B5, jadi kamu lebih banyak memperoleh vitamin ini jika sayuran hijau dimakan mentah. Misalnya, bayam mentah mengandung vitamin C 3 kali lebih banyak dibanding yang dimasak.

  • Jika kamu tidak tahan makan brokoli mentah, cobalah dimasak dengan api kecil tanpa terlalu banyak air.

Apa cara favoritmu untuk memasak dan mengonsumsi jenis-jenis makanan ini?

Kredit foto pratinjau pexels.com
Bagikan Artikel Ini