10 Ide Menghemat Ruang yang Bisa Mengubah Rumah Kecilmu

Sering kali, ketika kita ingin mendekorasi ulang rumah, kita menghabiskan lebih banyak waktu untuk memutuskan cara memanfaatkan ruang dengan benar, warna apa yang tepat, dan furnitur apa yang perlu dibeli. Belum lagi jika rumahmu tidak terlalu luas, dan kamu ingin membuatnya lebih indah dan nyaman.

Sekarang, Sisi Terang akan memberi tahu kamu beberapa trik menarik untuk mendekorasi rumah berukuran kecil.

Memilih furnitur yang tampak ringan

Saat memilih furnitur untuk ruangan yang sempit, pastikan furnitur pilihanmu tampak ringan. Bahannya harus transparan, dengan kaki yang kurus.

Warna yang teduh dan ringan

Meskipun kamu suka warna terang, jika tinggal di rumah yang kecil, pilihlah warna yang ringan dan teduh. Yang paling pas adalah biru, hijau muda, pink muda, krem, dan abu-abu muda.

Jangan membeli furnitur kecil

Salah satu kesalahan yang paling sering terjadi saat mendekorasi ruangan yang sempit adalah memilih furnitur berukuran kecil. Cara ini ternyata memiliki dampak yang membuat kamu merasa tinggal di rumah boneka. Tambahkan beberapa perabot besar agar proporsinya tampak seimbang.

Manfaatkan pencahayaan yang tepat

Agar cahaya ruangan memadai, jangan membeli lampu gantung besar. Pilih lampu kecil dan letakkan di sisi tepi ruangan, sehingga meski langit-langitnya tidak tinggi, ruangannya tidak akan terasa pendek.

Furnitur multifungsi

Berikut tips lain tentang furnitur: sebaiknya satu furnitur memiliki berbagai fungsi. Misalnya, tempat tidur yang bisa menjadi laci dan bangku.

Tanpa pembatas

Cobalah untuk tidak membedakan lantai di satu ruangan dengan ruangan yang lain. Jika lantai rumahmu seragam, ruangan akan terlihat lebih luas.

Manfaatkan sudut ruangan

Tidak banyak orang yang memanfaatkan sudut ruangan, yang sebenarnya bisa sangat berguna. Jadi, kalau kamu membuat tempat penyimpanan di sudut ruangan, akan ada banyak barang yang bisa kamu simpan di sana.

Manfaatkan ruang dengan benar

Untuk membuat langit-langit terlihat lebih tinggi, pilih kabinet atau lemari yang tinggi. Agar tidak tampak terlalu besar, warnanya harus yang ringan.

Jangan ada terlalu banyak dekorasi

Banyaknya aksesori tidak berguna akan membuat ruangan yang sempit menjadi lebih sempit. Jangan memajang foto, patung, vas bunga, dan suvenir. Simpan semuanya di kontainer yang bagus.

Jangan pakai terlalu banyak karpet

Jika kamu suka karpet, pilih yang tidak memiliki terlalu banyak warna. Jika tidak, akan tampak aneh di ruangan yang kecil.

Apa menurutmu ide di atas akan bermanfaat? Beri tahu kami di kolom komentar.

Kredit foto pratinjau Del Mar Company
Bagikan Artikel Ini