Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

15 Tanaman Hias Ini Bisa Memperbaiki Suasana Hati dan Kesehatanmu

Membantu mengatasi masalah pernapasan, kecemasan, dan memberimu lebih banyak energi—ini baru sebagian dari manfaat memiliki tanaman hias di rumah. Sungguh, hanya dengan meletakkan satu tanaman dalam ruangan bisa memberikan jauh lebih banyak manfaat daripada yang kamu inginkan. Aroma beberapa tanaman dapat memperbaiki ingatanmu, beberapa tanaman lain bisa mengurangi bakteri dan bahan kimia dalam udara di sekitarnya dan tanaman lain bisa memperbaiki aktivitas otak dan kesehatan secara menyeluruh.

Kami di Sisi Terang adalah pencinta flora. Hal ini membuat kami ingin sekali membahas 15 tanaman yang sebaiknya kamu miliki ini. Tapi hati-hati, rumahmu bisa berubah menjadi rumah kaca setelah membaca artikel ini.

1. Melati untuk menghilangkan ketegangan.

Melati memiliki aroma harum yang kuat, eksotis, dan hangat. Ia bisa memberikan sensasi musim bunga dan memenuhi diri kita dengan rasa bahagia. Bunga melati melepaskan aroma harumnya, terutama di sore dan malam hari, dan memenuhi udara dengan nuansa kedamaian. Keharuman melati bersifat menenangkan dan membantu pikiran seseorang untuk relaks. Kamu bisa meletakkan tanaman ini di kamar untuk mengatasi stres dan bermeditasi.

Tips: Kamu bisa memadukannya dengan lavender, aras, atau jeruk bergamot untuk mendapatkan efek menenangkan yang lebih baik.

2. Tanaman giok atau jade plant untuk meningkatkan kelembapan.

Jika udara di dalam ruangan terlalu kering, kamu dapat mengatasi masalah ini dengan meletakkan jade plant. Udara kering bisa berkontribusi terhadap masalah pernapasan, yang bisa menyebabkan asma, bronkitis, atau pilek. Masalah lain yang disebabkan oleh udara kering adalah dehidrasi. Jade plant mampu meningkatkan kualitas udara dalam ruanganmu.

3. Dracaena untuk membersihkan udara di sekitarmu.

Menurut penyelidikan yang diadakan oleh NASA, tanaman hias ini adalah salah satu pilihan terbaik untuk membersihkan udara dari polutan, seperti benzena atau trikloroetilen, yang dilepaskan oleh bensin, cat, karet, detergen, serat sintetis, cat lacquer, lem, dan pernis. Dracaena membersihkan udara dengan menyerap bahan-bahan kimia ini ke dalam daunnya, sehingga meningkatkan kualitas udara dalam ruanganmu.

Tanaman lain yang bisa membersihkan udara:

  • Aglaonema
  • Peace lily
  • Palem kuning
  • English ivy

4. Lemon balm untuk memperbaiki fungsi kognitif.

Di samping digunakan untuk mengatasi ketegangan dan stres, tidak banyak orang tahu bahwa teh lemon balm bisa memberikan manfaat lain. Ia bisa meningkatkan aktivitas otak dan menaikkan tingkat kewaspadaan serta kinerjamu. Untuk hasil terbaik, padukan teh ini dengan diet seimbang dan gaya hidup sehat.

5. Eukaliptus untuk membuatmu penuh energi.

Minyak eukaliptus mempunyai banyak manfaat. Misalnya, menghirup uap minyak esensial eukaliptus bisa membantu sistem pernapasan, meredakan batuk, dan mengeluarkan lendir dari dada. Dalam keadaan hidup, eukaliptus berbau segar mint dan pinus dengan sedikit aroma madu. Aroma pohon, juga aroma minyak eukaliptus bisa merangsang otak dan memperbaiki energi.

6. English ivy untuk meringankan alergimu.

Tanaman ini bisa membantu memerangi bakteri yang terbawa udara ke dalam ruangan. Menurut sebuah penelitian yang diadakan oleh asosiasi ahli imunologi, spesialis asma, dan alergi profesional Amerika, ditemukan bahwa English ivy bisa mengurangi cendawan di sekitar tanaman itu dan membuat udara lebih bersih. Meski daun ini tidak akan membantu mengatasi alergi secara total, ia bisa membantu mengurangi kontaminasi dalam udara di area sempit tempat kamu bekerja atau bersantai.

7. Daun mint untuk sistem pencernaanmu.

Tanaman kecil beraroma segar ini bisa digunakan untuk mengurangi perut kembung, gas perut, dan masalah lain yang bisa timbul setelah makan. Teh peppermint bisa mengatasi sakit kepala. Kamu bisa membuat teh panas sendiri dengan daun mint dan nikmati setelah makan.

8. Mawar untuk meningkatkan suasana hatimu.

Bunga ini pantas diberi tempat di rumahmu, dan bukan hanya karena penampilannya yang romantis. Aromanya yang sangat harum mempunyai efek antidepresi dan bisa dipakai untuk meningkatkan suasana hati seseorang. Menariknya, semakin gelap warna bunga mawar, semakin harum pula baunya. Juga, menurut sebuah penelitian, jika kamu tidur dalam kamar beraroma mawar, hal ini akan memperbaiki daya ingatmu.

9. Peterseli untuk kesehatan menyeluruh yang lebih baik.

Herba berwarna terang ini penuh dengan nutrisi penting. Salah satunya adalah vitamin K, yang penting untuk tulang yang kuat. Peterseli juga kaya akan antioksidan seperti vitamin C, flavonoid, dan unsur-unsur lain, yang memainkan peranan penting dalam mendukung kesehatan kita. Di samping itu, herba ini juga mengandung karotenoid seperti lutein dan zeaksantin yang membantu kesehatan mata. Kamu bisa menanam peterseli di dapur untuk ditambahkan ke dalam racikan seladamu.

10. Lavender untuk memberikan ketenangan dari dalam.

Harum bunga lavender bisa mengurangi kecemasan dan membantumu menenangkan diri. Di samping itu, lavender juga dapat menurunkan tekanan darah dan detak jantung, demikian menurut sebuah penelitian. Kamu bisa menggunakan minyaknya yang menyebarkan bau harum atau meletakkan bunga levender dalam kamarmu. Warna ungunya juga berdampak terhadap pikiran serta tubuhmu. Bunga ini dikenal akan sifatnya yang membangkitkan semangat dan menginspirasi, juga efeknya yang menenangkan pikiran kita.

11. Daun sage untuk menyeimbangkan kolesterol.

Daun dari herba ini dapat digunakan sebagai obat. Ditemukan bahwa minum teh daun sage bisa menurunkan kadar kolesterol “jahat”. Selain itu, ia juga akan meningkatkan kadar kolesterol “baik”. Jenis daun sage yang paling mudah ditemukan adalah sage biasa dan sage Spanyol.

12. Lidah buaya untuk membantu kulitmu.

Daun tanaman ini banyak memberikan manfaat bagimu. Gelnya bisa menyembuhkan luka bakar berkat efek menenangkan dan melembapkan yang dimilikinya dan bisa juga mengurangi masalah perut, seperti sindrom iritasi usus besar atau nyeri perut bagian bawah. Lidah buaya juga dipakai sebagai bahan perawatan kecantikan dan bisa ditambahkan ke dalam smoothie dan berbagai minuman lain!

13. Geranium untuk menenangkan indramu.

Bunga ini memancarkan bau yang sangat kompleks dengan aroma jeruk dan buah-buahan, juga sedikit mawar dan lemon. Terdapat bukti bahwa aroma ini bisa menenangkan dan menurunkan tingkat kecemasan. Efek antidepresinya diperkirakan juga mendukung relaksasi.

14. Adas sowa untuk mendukung fungsi otak dan sistem saraf.

Herba berguna lain yang harus ditanam adalah adas sowa, karena mengandung banyak unsur penting. Tanaman ini kaya akan vitamin A yang penting bagi perkembangan, sistem imun, dan penglihatanmu. Mineral penting lain yang terkandung dalam adas sowa adalah magnesium, yang meningkatkan fungsi otak, sistem saraf, dan metabolisme gula serta lemak.

15. Selasih dengan sifat antiradangnya.

Di samping rasanya enak, herba ini juga punya banyak manfaat kesehatan. Pertama, selasih dapat melawan radang dalam rongga hidung. Herba ini juga mengandung unsur bermanfaat seperti kalsium, vitamin K, dan antioksidan penting.

Tanaman apa yang kamu miliki di rumah? Tanaman lain apa yang ingin kamu dapatkan? Mari bahas di kolom komentar di bawah!

Bagikan Artikel Ini