Sisi Terang
Sisi Terang

5 Tanda Ada Kutu Busuk di Rumahmu

Meskipun tidak menyebarkan penyakit menular, kutu busuk bisa sangat mengganggu dan bahkan menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Dari reaksi fisik, seperti ruam atau alergi, sampai dampak psikologis, seperti kecemasan, stres, dan insomnia—alasan-alasan ini lebih dari cukup untuk menghindari kehadiran kutu busuk di rumahmu.

Sisi Terang ingin membantumu mengidentifikasi serangan kutu busuk sebelum menyebar supaya lebih mudah ditangani. Inilah beberapa tanda yang harus kamu cari!

1. Bintik-bintik merah yang gatal

Jika kulitmu iritasi atau jika kamu melihat bintik-bintik kecil berwarna merah yang gatal di wajah, lengan, kaki, dada, atau punggung, itu salah satu tanda serangan kutu busuk. Serangan yang berupa gigitan ini nantinya bisa meradang, dan menggaruknya bisa membuatmu berdarah dan infeksi.

Untuk memastikan ini adalah ulah kutu busuk dan bukan jenis serangga lain, lihat pola gigitannya. Gigitan kutu busuk sering terlihat mengelompok, lurus, dan zig-zag. Namun, sebagian orang mungkin tidak memiliki reaksi fisik apa pun terhadap kutu busuk. Jadi, mereka tidak akan memiliki bintik merah atau merasa gatal-gatal.

2. Noda darah atau warna karat

Periksa noda merah di kasur atau pakaianmu. Jika kamu memencet kutu saat atau setelah ia makan, ia akan meninggalkan noda darah. Kamu juga mungkin akan menemukan noda berwarna karat, yang kemungkinan besar adalah kotoran kutu busuk.

Kamu bisa menemukan noda-noda ini di seprai, juga di tempat yang sulit dijangkau, seperti lipatan matras, kasur, dan dipan. Selain itu, periksa juga dinding dan bagian bawah wallpaper, karena kutu busuk bisa meninggalkan kotoran juga di sana.

3. Bau apak

Kutu busuk memiliki kelenjar bau yang mengeluarkan feromon. Jika ada banyak kutu busuk, bau ini bisa cukup tajam dan tidak sedap. Jadi, jika kamarmu berbau seperti pakaian apak atau makanan basi, kamu jelas punya alasan untuk khawatir.

4. Cangkang kutu busuk

Kutu busuk merontokkan kulitnya saat dewasa. Jadi, cari serpihan warna terang berbentuk kutu. Periksa bantal, lipatan matras, kursi, dan sofa, serta celah di antara alas duduk. Selain itu, periksa juga laci dan pakaianmu.

5. Titik putih di perabotmu

Kalau kamu melihat titik putih di perabot, bisa jadi itu adalah telur atau cangkang telur kutu busuk. Bentuknya seperti beras, dan warnanya transparan atau putih yang terkadang berkilap.

Ternyata, kamu bisa melihat kutu busuk dengan mata telanjang. Namun, akan lebih baik jika kamu memeriksa kamar dengan senter dan kaca pembesar karena telurnya sering kali berada di sambungan dan lipatan matras serta perabot.

Kamu pernah punya masalah dengan kutu busuk? Bagaimana caramu mengetahui kehadirannya? Bagikan ceritamu di kolom komentar!

Sisi Terang/Rumah/5 Tanda Ada Kutu Busuk di Rumahmu
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya