Berencana Merenovasi Rumah? Ingat 9 Tips Kreatif Ini

Ada tanggung jawab besar di balik proses merenovasi rumah karena skala pekerjaannya yang luas. Itu sebabnya tidaklah mengejutkan bahwa meskipun kita telah berusaha memperhatikan detail kecil, kita masih melewatkan beberapa hal dan akhirnya pekerjaan kita tidak sesuai harapan. Misalnya, kita sering kali memilih ide renovasi ala desainer karena telah terbukti dilakukan oleh orang lain, dan kita baru sadar bahwa kita seharusnya memilih opsi yang lebih fungsional dan praktis.

Sisi Terang memutuskan mengulas detail kecil yang tampaknya tidak penting ini, sambil memperhatikan apa yang bisa membantumu menghemat waktu dan tenaga tapi tetap menonjolkan estetika saat merenovasi rumah.

9. Papan lis yang kontras

Para desainer sekarang menganggap papan lis yang warnanya sama dengan dinding atau lantai sudah ketinggalan zaman. Sebenarnya, akan terlihat lebih bagus dan menarik saat papan ini berfungsi sebagai garis pemisah yang estetik dan tidak sama dengan ruang di sekitarnya.

Oleh karena itu, papan lis bisa dikatakan trendi jika cukup tinggi dan bisa menyatukan dinding dan lantai. Kamu bisa memilih papan lis yang sesuai dengan warna kosen pintu. Tanpa kita sadari, detail seperti ini bisa menghias dan memperkaya interior paling minimalis sekalipun.

8. P-trap untuk kamar mandi

P-trap mungkin dianggap sebagai salah satu bagian terpenting dari sistem perpipaan kamar mandi. Ada jaring dan wadah di dalam alat ini yang berfungsi untuk menyaring rambut, sampah, dan benda padat lain yang sering kali membuat pipa tersumbat. Saat dipasang dengan benar dan tepat waktu, P-trap akan menyelamatkanmu dari banyak masalah dan juga memudahkanmu untuk membersihkan saluran pembuangan.

7. Panel pengisap asap yang warnanya serasi dengan perabot dapur

Pengisap asap biasanya cukup mencolok dengan tampilan besinya di antara lemari dapur; dan jika ada di dapur yang kecil, alat ini bisa tampak sangat memakan tempat.

Ada beberapa cara yang bisa membantumu menyesuaikannya dengan set perabotmu. Misalnya, kamu bisa mengintegrasikannya ke dalam lubang khusus atau pilih yang bisa ditarik. Namun, akan lebih mudah dan praktis memilih pengisap asap dengan panel depan yang bisa dilepas dan warna yang sesuai dengan perabot dapur lainnya.

6. Pengganjal pintu magnet

Pengganjal pintu sangat berguna untuk melindungi dinding, perabot, dan pintu agar tidak berbenturan. Namun, model pengganjal besar yang menonjol di lantai tidak sedap dipandang, dan orang-orang bisa mudah tersandung karenanya.

Coba gunakan pengganjal pintu magnet, yaitu struktur rata yang tersembunyi dengan magnet di dalamnya. Saat pintu terbuka sampai batas tertentu, magnetnya akan naik, menarik pintu, dan mengunci posisinya.

5. Wallpaper antirusak

Jika kamu punya anak atau hewan peliharaan, pilihlah wallpaper antirusak. Mungkin kamu sudah tahu dari namanya, wallpaper ini memiliki daya tahan yang bagus dan bisa menahan efek dari udara lembap, cakaran kucing, dan ujung pulpen.

Namun, jenis wallpaper seperti ini ada beragam, dan kamu harus memilihnya berdasarkan kebutuhanmu. Misalnya, wallpaper laminasi yang mudah dicuci dan dirawat atau wallpaper fiberglass yang sangat tahan terhadap kerusakan akibat gesekan atau cakaran.

4. Pelindung sudut untuk bukaan pintu dan jendela

Pelindung plastik memiliki fungsi mulia, yaitu melindungi sudut dinding dan wallpaper dari kerusakan. Namun, pelindung ini tidak cocok untuk semua kondisi. Walau tidak begitu menarik perhatian jika dipasang pada wallpaper yang berwarna terang, pelindung plastik putih tidak terlihat indah saat dipasang di wallpaper berwarna gelap dan yang penuh hiasan.

Ada beberapa alternatif lain untuk itu. Jika kamu berencana mengecat dinding, sebaiknya pasang pelindung logam yang nantinya akan tertutup plester. Jika kamu memutuskan menghias ruanganmu dengan wallpaper, kamu bisa pilih pelindung dengan warna lain yang terbuat dari berbagai material. Kamu juga bisa menggunakan pelindung kayu sebagai salah satu opsinya.

3. Dasar cermin di dapur

Sudah jadi aturan tidak tertulis bahwa panel bagian bawah dapur harus diwarnai dan terbuat dari bahan yang sama dengan perabotnya. Tapi jika kamu ingin membuatnya berkilap atau seperti cermin, kamu bisa membuat efek dapur yang melayang di lantai sehingga dapurmu terlihat lebih luas. Namun, kamu harus ingat bahwa desain seperti ini akan memerlukan perawatan khusus di masa yang akan datang.

2. Gantungan dengan kait yang bisa ditarik

Lorong jalan masuk yang besar perlahan menjadi kurang populer karena ukurannya, tren ini lalu digantikan dengan lemari yang lebih kecil dan rapi. Namun sering kali, pintu lemari semacam ini tidak punya cukup kait untuk jaket dan baju luaran sehari-hari.

Dalam kasus ini, kamu bisa memasang panel modis dari kayu (tentunya) dengan kait yang bisa ditarik, sebagai ganti kait biasa yang menonjol di dinding. Ukurannya bisa kecil atau besar, tergantung kebutuhan interiornya.

1. Ruang penyimpanan di bawah bathtub

Sudah dapat dipastikan bahwa kamar mandi yang kecil tidak punya ruang penyimpanan yang luas. Tapi kabar baiknya, kamu bisa membuat setidaknya satu lemari tambahan yang cukup luas. Kamu hanya perlu memasang penutup dengan rak yang bisa ditarik atau pintu geser di bathtub.

Kamu akan bisa mengisi ruang kosong di bawah bathtub dengan alat bersih-bersih tanpa takut terlihat tidak rapi. Ruang yang tadinya kamu gunakan untuk peralatan ini bisa digunakan untuk menyimpan kosmetik, handuk, dan peralatan mandi lainnya.

Apa kamu punya tips lain yang mau kamu bagikan dengan pembaca Sisi Terang yang baru mulai merenovasi rumah?

Kredit foto pratinjau Ushakova / Leroy Merlin
Bagikan Artikel Ini