Sisi Terang
Sisi Terang

Kamar Mandi Tampak Berantakan, 13 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Hal pertama yang kita semua lakukan di pagi hari adalah pergi ke kamar mandi. Namun, tidak semua kamar mandi memberi pengalaman yang sama. Sebagian kamar mandi membuat kita merasa nyaman sehingga kita pun betah berlama-lama di sana, sementara yang lainnya bikin kita ingin langsung beranjak pergi. Dan semua hal ini bisa ditentukan oleh dekorasi dan kebersihan kamar mandi itu sendiri.

Di Sisi Terang, kami mengumpulkan daftar hal apa saja yang bisa membuat kamar mandi terlihat berantakan dan merusak suasana di seluruh rumah.

Rak sudut kamar mandi berbahan krom

Karena harganya yang murah, rak kamar mandi ini dapat ditemukan di banyak kamar mandi. Namun, rak jenis ini terlalu cepat tertutup karat karena lapisan kromnya aus seiring waktu dan logamnya pun mulai berkarat. Sebaiknya, pilihlah rak kamar mandi yang terbuat dari bahan kaca, stainless steel, atau kuningan. Jenis rak ini bakal terlihat mahal dan bergaya.

Produk kosmetik dan pembersih rumah tangga yang ditaruh di atas mesin cuci

Coba pindahkan semua barang yang tidak perlu dari atas mesin cuci dan kamu akan terkejut melihat betapa bersihnya kamar mandimu nantinya. Pembersih rumah tangga dan produk kosmetik yang terlihat membuat kamar mandi tampak berantakan. Dan jangan lupa untuk membersihkan “kekacauan” ini segera, ya.

Spons cuci piring yang dijadikan tempat sabun

Spons jelas bukanlah wadah sabun yang bagus. Soalnya, sabun akan basah dan menjadi lembek di atasnya, sementara spons pun menjadi penuh air sabun sehingga terlihat seperti benda berlendir. Tidak masalah menggunakan spons saat kamu butuh solusi cepat, tetapi untuk penggunaan jangka panjang, sebaiknya belilah aksesori bergaya yang berkualitas.

Banyaknya rak terbuka dan permukaan lainnya

Ada begitu banyak barang di kamar mandi dalam ruang yang begitu sempit sehingga tidak heran kalau kita menaruh sebanyak mungkin barang-barang tersebut pada permukaan kosong. Namun, kenyataannya adalah sebagian botol dan benda-benda kecil lainnya membuat ruangan tidak enak dipandang dan menciptakan perasaan berantakan di kamar mandi. Jika memungkinkan, cobalah untuk melengkapi kamar mandimu dengan tempat penyimpanan yang nyaman dan singkirkan barang-barang yang tidak perlu secara rutin.

Jubah mandi yang tergantung di pintu

Kamar mandi merupakan tempat dengan kelembapan tinggi. Jadi, jika kamu menggantung jubah mandi di pintu, jubahnya kemungkinan besar akan menjadi lembap, yang merupakan kondisi ideal bagi bakteri. Pakaian tersebut juga akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Jubah mandi (serta handuk bersih) harus disimpan di bagian lain rumah.

Tisu toilet yang disimpan dalam kemasannya

Menyimpan tisu toilet dalam kemasan dan membiarkannya terpampang di depan mata tidak akan membuat kamar mandimu terlihat rapi dan bagus. Jika ruang penyimpanan di kamar mandi tidak mencukupi, maka ada baiknya mengeluarkan tisu tersebut dari kemasannya lalu menyimpannya dalam wadah, keranjang, atau rak khusus. Cara ini lebih enak dipandang dan bergaya.

Potongan kain yang tergantung di radiator atau di atas ember

Tentu saja, kain pembersih dan lap harus dikeringkan, tetapi menyimpannya dengan cara ini secara terus-terusan bukanlah ide yang bagus. Setelah kering, pindahkan dari radiator dan simpan dalam lemari atau wadah terpisah.

Ketel besar yang berada di dinding

Ketel besar yang menempel di dinding tidak akan membuat kamar mandimu terlihat lebih nyaman. Tidak diragukan lagi, perangkat ini memang berguna, tetapi keberadaannya perlu sedikit disamarkan. Benda ini terlalu memakan tempat dan juga membuatmu seolah-olah berada di ruang teknis, bukan kamar mandi. Kamu bisa menyembunyikan ketelmu dengan bantuan tirai, ceruk, lemari dinding, atau struktur lainnya.

Radiator yang menguning atau berubah warna

Radiator biasa yang dicat putih membutuhkan perawatan rutin. Lap untuk menghilangkan debu dan perbarui pelapisnya dari waktu ke waktu karena cat putih akan menguning seiring waktu akibat suhu tinggi.

Sabun cair dalam kemasan aslinya

Berlimpahnya botol warna-warni di wastafel merupakan sumber kebisingan visual. Sebaiknya tuangkan cairan sabun ke dalam wadah khusus yang sesuai dengan desain kamar mandi. Kamu juga bisa beralih ke dispenser sabun otomatis. Harganya ekonomis dan terlihat sangat bergaya.

Spons mandi yang tergantung di keran

Sebaiknya simpan spons dan waslap di tempat khusus di sebelah shower atau bak mandi. Sebagai contoh, gantung pada pengait atau masukkan ke dalam wadah plastik dan simpan di rak.

Karpet microfiber bulu tebal

Karpet bulu tebal terlihat murah, serta mengumpulkan kotoran dan rambut. Karpet microfiber tidak tahan dengan suhu tinggi sehingga kamu tidak bisa mengeringkannya di radiator atau meletakkannya di lantai berpenghangat. Seiring waktu, bahan ini akan usang, berhenti menyerap kelembapan, dan tidak enak dipandang.

Cangkir sikat gigi

Kamu mungkin pernah melihat bintik-bintik hitam pada gagang sikat gigimu lebih dari sekali. Bintik-bintik ini sebenarnya jamur yang terbentuk di bagian bawah cangkir karena kelembapan dan lendir yang terakumulasi di dalamnya.

Inilah sebabnya kenapa kita harus sering mencuci cangkir tersebut sekaligus membersihkannya dengan disinfektan. Selain itu, cangkir juga meninggalkan bekas di wastafel yang juga perlu dibersihkan. Tidak disarankan untuk menyimpan semua sikat gigi anggota keluarga dalam cangkir yang sama untuk menghindari kontaminasi silang.

Menurutmu, mana hal yang bikin kamar mandi terlihat berantakan? Beri tahu kami di kolom komentar di bawah, ya.

Sisi Terang/Rumah/Kamar Mandi Tampak Berantakan, 13 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya