Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Para Ahli Mengatakan, 9 Benda Ini Sebaiknya Tidak Kamu Simpan di Kamar Tidurmu

Sebagian orang masuk kamar tidur hanya saat akan tidur, tapi sebagian lain melakukan kebanyakan aktivitas mereka dalam kamar ini. Mereka makan sambil duduk di tempat tidur atau latihan treadmill tepat di samping tempat tidur. Namun, meski mungkin mereka merasa nyaman di sini, menyimpan semua benda ini dalam kamar tidur bisa menimbulkan berbagai bahaya yang tidak pernah dibayangkan.

Sisi Terang ingin menjelaskan tentang 9 benda yang tidak seharusnya disimpan di kamar tidur.

1. Sepatumu

Alasan utama orang melepas sepatu mereka sebelum masuk rumah adalah kebersihan. Sepatu kita membawa banyak bakteri dan kotoran, dan semua itu bisa menempel di karpetmu yang indah serta menodainya. Tapi banyak orang tidak punya rak sepatu di luar rumah, sehingga mereka melepas sepatu setelah melalui pintu masuk, kadang malah di kamar tidur. Yang paling baik adalah lepaskan sepatumu di luar pintu dan bawa ke tempat penyimpanan.

Hindari memakai sepatu di dekat tempat tidurmu, dengan alasan apa pun. Ini adalah tempat yang harus bebas kuman dan tanpa bau sama sekali. Jika kamu tidak terbiasa melepas sepatu saat di dalam rumah, paling tidak ikuti aturan itu di kamar tidur.

2. Jam weker atau ponselmu

Kecemasan alarm adalah rasa takut di mana orang tidak percaya bahwa alarm mereka bekerja dengan baik. Mereka juga takut kalau alarm itu akan membangunkan sebelum mereka cukup tidur. Kecemasan ini berasal dari fakta bahwa orang melihat jam weker mereka saat terjaga tengah malam, sambil berpikir tentang tinggal sedikitnya waktu yang tersisa untuk tidur. Ini bisa diperbaiki hanya dengan memindahkan jam ke ruang lain yang masih cukup dekat untuk didengar deringnya.

Kamu juga bisa menyingkirkan jam sama sekali untuk memastikan bahwa kamu memperoleh tidur malam penuh tiap malam. Inilah cara agar kamu bisa membuat siklus tidur di mana otakmu bangun dengan sendirinya. Tapi kamu juga harus menjauhkan ponsel dari jangkauan karena alasan yang sama. Kamu pasti tidak ingin mengecek waktu, semua pesan, dan alarm yang muncul di layar.

3. Foto keluargamu

Kita semua suka menyimpan foto keluarga di rumah, tapi menurut Feng Shui, kamar tidur sama sekali bukan tempat yang tepat. Karena memandangi foto keluargamu saat larut malam bisa menyebabkan kecemasan besar dan stres yang tidak diinginkan. Kamu mulai memikirkan tanggung jawabmu terhadap mereka, dan kamu khawatir apakah mereka sedang mengalami sesuatu.

Foto anggota keluarga yang sudah meninggal bisa menciptakan lingkungan sedih dan negatif yang akan membuatmu terjaga sepanjang malam. Untuk lebih jelasnya, kamar tidur harus menjadi tempat khusus bagimu dan pasanganmu, bukan bagi orang lain.

4. Peralatan olahragamu

Peralatan olahraga memakan tempat, dan kalau rumahmu tidak besar, akan sulit menyimpannya. Tapi, tidak seharusnya kamu menyimpannya di kamar tidur. Bukan hanya mengotori saat tidak dibutuhkan lagi, tapi peralatan ini juga bukan benda paling bersih yang bisa disimpan di dekat tempat tidurmu.

Di samping itu, peralatan ini bisa menimbulkan rasa bersalah jika akhir-akhir ini kamu melewatkan latihan rutin. Rasa bersalah itu bisa membuatmu terjaga di malam hari, sehingga merampas waktu tidurmu yang berharga.

5. Meja kerjamu

Memisahkan waktu bekerja dari waktu santai adalah penting kalau kamu bekerja dari rumah. Sebab otakmu mudah teralihkan oleh tanggung jawab saat kamu ingin berbaring. Solusi mudahnya adalah memindahkan meja kerja ke luar kamar tidurmu. Tapi kadang hal itu tidak mungkin dilakukan kalau kamu tinggal di rumah kecil atau semua ruang lain dipakai untuk keperluan lain.

Kalau itu masalahnya, kamu harus menghindari duduk di tempat tidur saat bekerja. Ini bukan hanya buruk bagi postur tubuhmu, tapi kamu bisa terganggu dan tergoda untuk berhenti bekerja lebih awal. Kamu juga bisa memutar mejamu sehingga tidak menghadap tempat tidur, atau bahkan memakai tirai sebagai semacam sekat.

6. Buku-bukumu yang belum dibaca

Ada begitu banyak orang di luar sana yang menganggap buku sebagai anggota keluarga. Sebagian bahkan kecanduan menimbun buku di rumah mereka, sedang membaca semuanya tidak mungkin. Jika ini terjadi, koleksi itu membuat berantakan, dan menyita semua tempat di rumahmu, termasuk di kamar tidur.

Solusi masalah ini adalah menata buku-bukumu yang belum dibaca dengan rapi dalam rak buku. Kamu bisa meletakkan buku yang sedang dibaca di samping tempat tidurmu. Dengan begini, kamu tidak akan merasa stres karena semua buku yang belum kamu baca, sekaligus akan punya tempat lebih lapang untuk bergerak—belum lagi semua kekacauan itu menghasilkan banyak debu yang harus selalu dibersihkan.

7. Penghangat ruangan

Membiarkan pemanas tetap menyala sepanjang malam bisa membuat kulit kering dan iritasi, yang bisa menimbulkan gatal. Orang yang bermasalah dengan jantung dan asma harus sangat berhati-hati dengan pemanas karena bisa meningkatkan level karbondioksida di udara. Ini terutama berlaku pada pemanas gas, karena bisa menyebabkan asphyxia. Demi amannya, matikan pemanas saat kamu tidur atau meninggalkan kamar.

Saat kamu berada dalam kamar dengan pemanas menyala, pastikan tidak ada benda yang mudah terbakar di dekatnya. Hindari meletakkannya di atas lantai berkarpet—alih-alih, pilih permukaan yang keras. Kalau kamu mulai merasa pusing atau sakit kepala, ini mungkin pertanda bahwa karbon monoksida telah meningkat ke level yang berbahaya.

8. Camilanmu

Kalau camilan disimpan di kamar, kemungkinan kamu akan lebih sering makan di sana daripada di dapur. Kebiasaan ini sangat tidak sehat karena semua remah yang tertinggal di kamar mengundang banyak kuman dan bakteri. Di samping itu, mungkin kamu akan kebanyakan makan kalau makan di tempat tidur sambil menonton acara tertentu di laptop atau TV. Otakmu teralihkan karena lingkungan yang sangat relaks, sehingga tidak mengirimkan sinyal saat perutmu sudah kenyang.

Makan di tempat tidur juga bisa mengganggu tidurmu. Otakmu diajari bahwa tempat tidur adalah tempat makan dan menonton TV. Jadi, ketika waktunya tidur, otak masih dalam mode bekerja penuh dan tidak mengerti bahwa ia harus berhenti bekerja.

9. Paspor dan dokumen pentingmu yang lain

Memiliki brankas rumah mungkin terkesan ekstrem bagi sebagian orang, tapi mungkin ini tindakan cerdas. Jika pencuri masuk rumah, kemungkinannya dia akan mencari uang dan perhiasan dalam kamarmu, tapi bisa juga mengambil dokumen pentingmu dan menjualnya online. Dokumen seperti paspor, SPT, kartu jaminan sosial, akta kelahiran, dan bahkan surat wasiatmu layak mendapat perlindungan lebih.

Pastikan brankas yang kamu beli kedap air dan tahan api serta memakai mekanisme kode keamanan, bukan kunci. Kamu bisa meletakkan brankas ini di mana pun yang menurutmu lebih baik dan mudah dijangkau. Kamu pasti tidak ingin selalu berlari ke ruang bawah tanah atau loteng setiap kali harus mengambil paspormu.

Berapa banyak dari benda-benda yang sudah disebutkan yang biasanya kamu simpan di kamar? Apa kamu merasa ada masalah dengan tidurmu saat kamu meletakkan jam weker di dekat ranjangmu?

Bagikan Artikel Ini